4 Serba Serbi Indonesia Marketing Association Yang Pengusaha Pemula Wajib Tahu

Berkecimpung di dunia marketing menuntut anda untuk membuka diri, terhadap selera dan kebutuhan pasar yang berubah ubah setiap harinya. Untuk mengetahui tren tren pemasaran terbaru dan update kegiatan terkait bisnis serta marketing, dibentuklah Asosiasi Pemasaran Indonesia atau Indonesia Marketing Association (IMA). Bagi para pengusaha pemula, yuk mengenal lebih dalam tentang IMA disini!

Sejarah Singkat Asosiasi Marketing Indonesia

IMA menjadi panduan para pelaku bisnis di Indonesia sejak awal didirikan pada 20 Mei 1996 silam. Hingga saat ini IMA mempunyai banyak cabang di seluruh penjuru Nusantara, dan aktif menggelar event event intelektual untuk mendukung kinerja marketing di industri bisnis Indonesia. Sejumlah kegiatan tersebut juga menjadi sumber referensi para pelaku usaha, untuk menambah wawasan dan memperbaiki strategi pemasaran mereka di tingkatan regional maupun internasional.

4 Serba Serbi Indonesia Marketing Association Yang Pengusaha Pemula Wajib Tahu

Perlu diketahui bahwa IMA juga merupakan salah satu anggota pendiri Asia Marketing Federation (AMF), yang sekaligus menjadi bagian dari World Marketing Associaion (WMA). Sejak tahun 1996 hingga kini, IMA telah mengalami tujuh kali pergantian pemimpin pusat. Semua pemimpin IMA adalah para pengusaha profesional, yang sangat berkompeten dan memiliki segudang pengalaman bisnis yang mengagumkan.

Apa Tujuan IMA Didirikan?

Sebagai bagian dari Asosiasi Marketing Dunia, tentu saja IMA ingin menciptakan pengusaha pengusaha lokal, yang tangguh dan mampu bersaing dengan para kompetitor dunia. Cara yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan ini, adalah dengan meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme pelaku bisnis di bidang pemasaran. IMA didirikan agar bisa menjadi wadah pebisnis nasional, untuk menerapkan dan mengembangkan konsep marketing dalam pembangunan ekonomi negeri.

Dengan dibentuknya Indonesia Marketing Association ini, para pebisnis lokal diharapkan mampu mengembangkan diri dan timnya sehingga memiliki daya saing dan nilai plus di kalangan profesional Asia Pasifik. IMA memfasilitasi anggotanya dengan panduan panduan pemasaran, untuk meningkatkan penjualan secara maksimal dan membawa nama Indonesia ke kancah bisnis internasional.

Presiden IMA Masa Jabatan 2019 – 2021

Asosiasi Marketing Indonesia menggelar Musyawarah Nasional setiap dua tahun sekali, untuk memilih presiden IMA yang baru. Direktur PT Astra International Tbk dan Director In Charge Astra Financial, Suparno Djasmin terpilih menduduki posisi presidan Asosiasi Marketing Indonesia untuk masa periode 2019 – 2021. Suparno resmi menggantikan posisi De Yong Adrian, yang merupakan Direktur Marketing Asuransi Jiwasraya.

Suparno Djasmin berharap agar organisasi pemasaran yang dipimpinnya, bisa berperan aktif dan maksimal sebagai media yang baik untuk membangun bisnis dan pemasaran yang profesional. Presiden IMA ini juga berjanji akan meningkatkan peran IMA, dalam membina program program semua bidang industri di era ekonomi digital ini. Salah satu caranya adalah dengan menambah porsi sertifikasi profesional di bidang marketing.

4 Serba Serbi Indonesia Marketing Association Yang Pengusaha Pemula Wajib Tahu ini

Tren Pemasaran Asia Tengara

Melalui IMA, para pengusaha lokal dapat mengetahui tren tren marketing di pasar dalam negeri dan Asia Tenggara. Diantaranya adalah Client Relationship Management (CRM), metode pemasaran OMNI, sistem pembayaran digital, serta adopsi prinsip industri marketing 4.0. Di masa mendatang, Indonesia diharapkan sanggup bersaing dengan sejumlah negara negara maju lainnya, untuk mempersiapkan sistem digital konsep business to business.

Persaingan bisnis e-commerce dan segala tantangan marketing lainnya, mendorong setiap pelaku usaha untuk berinovasi dan menciptakan produk produk yang kreatif sesuai kebutuhan pasar millenial. IMA menjadi wadah yang tepat bagi para pengusaha baik pemula maupun profesional, untuk mengembangkan strategi marketing dan bisnis seluas luasnya hingga diterima dan dihargai di kancah internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *