5 Loyalty Program Indonesia yang Efektif Untuk Menambah Keuntungan Perusahaan

Loyalty program adalah salah satu program perusahaan desain untuk menjaga pelangggan tetap berinteraksi dengan perusahaan. Hal ini bertujuan untuk menekan pengeluaran perusahaan untuk mencari pelanggan. Sebuah perusahaan harus mendesain dengan baik sebuah program loyalty, agar mendapatkan keuntungan. Tanpa perhitungan yang matang tentunya akan menimbulkan kerugian. Untuk itu yuk simak loyalty program Indonesia berikut.

Ide Program Loyalty yang Efektif

1. Program Cashback

Program cashback memiliki sistem yang serupa dengan poin. Namun sebagian orang lebih menyukai dengan uang asli daripada poin. Sehingga cashback bisa dijadikan salah satu program yang menarik bagi pembeli setia. Dalam program loyalty ini pelanggan akan mendapatkan cashback apabila sudah memenuhi total minimal transaksi. Cashback sendiri tidak bisa diuangkan, namun dapat ditransaksikan kembali dengan perusahaan tersebut.

Dengan demikian, semakin lama transaksi yang dilakukan akan semakin banyak pula cashback yang didapatkan. Pelanggan yang mendapatkan cahback, akan termotivasi untuk membeli produk yang ditawarkan. Transaksi yang berulang inilah yang mendatangkan keuntungan bagi sebuah perusahaan. Sehingga anda bisa menggunakan cara ini untuk mendapatkan pelanggan.

5 Loyalty Program Indonesia yang Efektif Untuk Menambah Keuntungan Perusahaan ini

2. Program Membership Loyalty

Program kesetian akan memberikan tawaran untuk menjadi anggota dari sebuah klub yang perusahaan bentuk. Setiap anggota dari klub tersebut akan menerima tawaran tawaran yang menarik dari perusahaan, baik berupa diskon atau lain sebagainya. Program ini sangatlah bermanfaat, karena program ini akan membatu anda untuk memiliki pelanggan tetap pada perusahaan.

3. Loyalty Point

Salah satu loyalty program Indonesia yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan loyalty point. Program ini akan memberikan poin kepada pengguna untuk setiap transaksi tertentu yang pelanggan lakukan. Poin ini bisa berlaku secara kelipatan. Sehingga semakin banyak transaksi yang pelanggan lakukan, semakin besar pula poin yang akan didapatkan.

Seorang pembeli yang telah memiliki poin, akan memiliki keuntungan untuk menukarkan poin dengan berbagai produk atau layanan dari perusahaan. Apalagi jika perusahaan adan dapat bekerjasama dengan pihak lain, poin ini akan berlaku secara silang. Sehingga terjadi kolaborasi antar perusahaan yang akan menguntungkan kedua belah pihak.

4. Program Bakti Sosial

Sebuah program loyalty tidak melulu selalu berkaitan dengan uang. Meskipun program loyalty ini tidak memberikan keuntungan secara ekonomis bagi para pelangganya, namun akan membangkitkan perasaan baik mereka. Untuk setiap transaksi tertentu perusahaan akan menyumbangkan sejumlah dana untuk bakti sosial.

Program ini sangatlah efektif untuk meningkatkan loyalitas paa pelanggan. Selain itu juga program ini juga bisa dijadikan ajang untuk melakukan branding perusahan. Tak heran, jika semakin banyak perusahaan yang menggunakan loyalty program ini untuk jangka panjang. Salah satu contonhnya adalah perusahaan Aqua, yang akan menyisihkan nominal tertentu untuk satu galon yang berhasil terjual.

5. Program event terbatas

Salah satu ide loyalty program yang powerful dan efektif dan dapat dilakukan baik general atau personal adalah event terbatas. Secara general, sebuah perusahaan bisa memberikan benefit kepada pelanggan seperti diskon, free service, dan lain sebagainya. Benefit tersebut hanya diberikan kepada pelanggan yang sudah bertransaksi selama jangka waktu tertentu.

Nah itulah beberapa ide mengenai program loyalty yang bisa anda terapkan di perusahaan anda. Dengan menggunakan program loyalty, akan ada banyak sekali pelanggan yang setia untuk membeli produk yang anda jual. Selalu lakukan follow up terhadap pelanggan lama maupun baru untuk memajukan citra perusahaan. Sehingga perusahaan anda akan memiliki pelanggan yang setia untuk melakukan pembelian setiap produk yang anda jual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *