5 Manfaat Serat Pada Makanan Yang Penting Bagi Tubuh

Masyarakat pasti tidak asing dengan serat yang memang berfungsi untuk melancarkan pencernaan. Serat sendiri bisa didapatkan dari makanan alami yang sangat diperlukan untuk tubuh. Secara sederhana, serat merupakan karbohidrat kompleks yang tidak mampu dicerna oleh tubuh. Dan serat sendiri juga dibagi menjadi dua jenis, yakni serat larut dan tidak larut. Namun sebenarnya apa manfaat serat bagi tubuh? Untuk menjawab rasa penasaran anda simak ulasan berikut.

Manfaat Dari Serat Yang Sangat Dibutuhkan Oleh Tubuh

1. Melancarkan Pencernaan

Serat mampu untuk membantu meningkatkan ukuran dan juga berat pada feses. Hal ini akan memudahkan anda untuk buang air besar. Ukuran feses yang lebih besar, akan mengurangi kemungkinan adanya sembelit dan konstipasi. Ukurannya yang besar memang akan lebih memudahkan feses melewati organ cerna lainnya. Anda tidak bisa menyepelekan sembelit begitu saja, karena sembelit yang tidak diobati bisa berkembang menjadi hermoroid atau wasir.

manfaat serat makanan kaya serat

Adanya gangguan ini justru akan menjadikan anda merasakan sakitnya buang air besar maupun ketika duduk. Wasir yang begitu parah bahkan harus dilakukan operasi untuk menanganinya. Tak hanya bisa melancarkan pencernaan, feses yang cair juga bisa dipadatkan oleh serat. Karena serat di dalam feses bisa untuk menyerap air serta menjadikan feses menjadi lebih padat.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Serat tak hanya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, serat tak larut air terutama sangat bermanfaat untuk penderita diabetes. Sebab serat akan membantu untuk memperlambat pengosongan lambung sehingga penyerapan gula pada tubuh juga melambat. Manfaat Serat untuk penderita diabetes untuk mengontrol gula darah agar tidak cepat naik. Mengkonsumsi banyak serat untuk anda yang tidak memiliki diabetes akan membuat anda bisa mencegah diabetes.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Serat larut air juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Tak hanya itu, serat ini juga mampu untuk mengikat kolesterol yang berada di sistem pencernaan. Sehingga kolesterol yang tidak diserap tubuh akan dibuang melalui feses. Beberapa penelitian yang dilansir dari berbagai sumber menyebutkan, jika makanan dengan tinggi serat mampu menjaga kesehatan jantung, menurunkan peradangan hingga menurunkan tekanan darah.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat satu ini cocok untuk anda yang ingin menurunkan berat badan. Sebab serat akan membuat nafsu makan anda berkurang serta bisa memberikan sensasi kenyang. Tak hanya itu serat juga akan menyerap air yang berada di dalam usus dan memperlambat penyerapan nutrisi. Namun manfaat satu ini bisa anda rasakan, jika anda tepat dalam memilih serat yang tepat. Ada beberapa jenis serat larut dan tidak larut yang memang efektif menurunkan berat badan.

Manfaat Serat yang Tak Pernah Anda Duga

5. Membantu Hidup Lebih Lama

Manfaat satu ini memang terkesan berlebihan, tetapi memang terdapat kajian yang telah membuktikannya. Dimana orang yang banyak mengkonsumsi serat tinggi, memiliki risiko kematian yang lebih rendah. Terutama kematian yang disebabkan penyakit jantung maupun kanker yang masih menempati posisi atas. Tentunya semua itu harus didukung dengan pola hidup yang sehat. Sehingga anda bisa tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia anda.

Idealnya seseorang memang disarankan untuk mengkonsumsi lima buah serta sayuran setiap harinya. Dengan makanan tersebut, anda bisa memenuhi kebutuhan serat setiap harinya. Anda juga harus mengetahui beberapa sayuran maupun buah buahan yang kaya akan serat. Sehingga anda bisa menghadirkan olahan makanan yang bergizi dengan serat tinggi setiap harinya. Yang jelas kebutuhan akan serat harian harus dipenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *