5 Tahapan Tumbuh Bayi Usia 0-12 Bulan yang Wajib Diketahui Orang Tua

Menyaksikan tumbuh kembang si kecil memberikan arti tersendiri bagi setiap orang tua, dan seakan setiap masa pertumbuhannya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Selain itu, mengenali setiap tahapan pertumbuhan dan perkembangannya juga mempermudah anda memberikan rangsangan yang tepat dan memantau apabila nantinya gangguan dalam setiap prosesnya. Dari usia 0-12, terdapat lima tahapan tumbuh bayi sebagaimana berikut ini.

5 Tahap Perkembangan Bayi Hingga Usia 12 Bulan

1. Usia 0-1 Bulan

Mungkin anda yang baru menjadi seorang ibu cukup panik karena bayi anda mengalami kehilangan berat badan hingga sepuluh persen di hari kedua setelah melahirkan. Sebenarnya kondisi ini merupakan hal yang wajar dan ia akan mengalami penambahan berat badan kembali ketika berusia dua minggu. Rata rata berat badan si kecil akan bertambah 30 gram setiap harinya. Sedangkan di tahapan ini akan bisa melihat matanya tampak belum bisa fokus.

Tumbuh Bayi tumbuh kembang

2. Usia 1-3 Bulan

Tentu seiring bertambah usianya, berat si kecil juga akan bertambah setiap bulannya hingga mencapai satu kilo. Hal ini juga diikuti pertambahan panjang badan sekitar 2,5 cm dan lingkar kepala 1,25 cm setiap bulan. Pada tahapan ini, anda akan mendapati bayi bisa mengangkat kepala dan dadanya pada saat sedang tengkurap. Si kecil juga sudah bisa memainkan jari mungilnya dengan membuka menutupkan cari maupun menggenggam benda yang ada di tangannya.

Indra penglihatannya sudah bisa berfungsi dengan baik dan ia mulai menanggapi benda yang bergerak di sekitarnya. Hal ini bisa dilihat ketika anda memberikan maupun bergerak di sekitar tempat tidurnya. Bahkan bayi anda juga sudah bisa mengenali suara yang biasa didengarnya maupun suara asing. Di tahapan ini, ia juga mulai mencoba meraih barang barang yang menggantung walaupun sebenarnya ia belum mampu mengambilnya.

3. Usia 4-6 Bulan

Saat memasuki usia empat bulan, bayi anda bisa mengalami penambahan berat badan hingga dua kali lipat. Untuk pertumbuhan panjang badan serta lingkar kepala tidak akan jauh berbeda dengan usia sebelumnya. Di usia ini si kecil sudah bisa tersenyum dengan orang asing yang mengajaknya bermain maupun berbicara kepadanya. Selain itu, si kecil juga sudah bisa berguling dari posisi terlentang ke telungkup atau sebaliknya. Bayi anda juga sudah bisa duduk walaupun perlu disangga.

4. Usia 7-9 Bulan

Bayi yang sudah berusia 7 bulan ke atas biasanya mengalami pertambahan berat badan hingga 450 gram setiap bulannya. Bayi laki laki memiliki berat badan lebih banyak dibandingkan bayi perempuan. Sedangkan panjang badannya akan bertambah rata rata 1,25 per bulan dan lingkar kepalanya bertambah hingga 0,6 cm. Pada usia ini, anda bisa melihat tahapan tumbuh bayi yang mulai dapat merangkak serta menggiring badannya memakai tangan dan kaki.

Tumbuh Bayi Bolehkah Bayi Belum Tumbuh Gigi diberi MPASI

5. Bayi 10-12 Bulan

Si kecil yang sudah berusia sepulu bulan ke atas akan bertambah berat badannya hingga tiga kali lipat, dan untuk lingkar kepala dan panjang badannya bertambah hingga 0,6 bulan. Si kecil sudah banyak mengalami perkembangan motorik seperti memegang benda kecil dengan ibu jari dan telunjuknya, berdiri hingga berjalan sendiri maupun menunjukkan benda yang ingin disukai. Bayi anda juga dapat memberikan respon dengan menolak atau mengiyakan.

Itulah beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan bayi dari mulai lahir hingga berusia satu tahun. Namun tahapan yang dilalui oleh bayi satu dan yang lainnya bisa saja tidak sama. Ada beberapa bayi yang mengalami pertumbuhan lebih cepat, dan ada juga yang sedikit lebih lambat. Untuk mengetahui setiap tahapan si kecil secara mendetail, anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *