5 Tips Agar Biaya Ongkos Kirim Jauh Lebih Hemat

Melakukan belanja online sudah pasti dilakukan oleh banyak orang. Hal ini karena kemudahan belanja yang ditawarkan. Namun biasanya harga ongkos kirim yang diberikan jauh lebih mahal dibandingkan harga beli barang. Sehingga anda harus cerdas untuk melakukan pembelian secara online. Nah yuk simak tips agar biaya ongkos kirim menjadi lebih hemat.

Cara Hemat Belanja Online

1. Membeli Barang yang Belum Dirakit

Saat hendak membeli online, ada baikny anda mempertimbangkan ongkos kirim yang harus dibayarkan. Anda bisa membeli secara terpisah barang yang belum dirakit, contohnyaketika anda menginginkan membeli furniture, anda bisa membeli furniture yang belum terakit. Hal ini karena besar furniture akan menambah beban biaya padahal memiliki barang yang ringan. Sehingga anda perlu untuk melakukan pemisahan furniture agar biaya lebih murah.

2. Melakukan Perbandingan Harga

Penting bagi anda untuk melakukan perbandingan harga sebelum anda memutuskan untuk membeli sebuah barang. Apalagi jika anda menginginkan membeli barang secara online yang biasanya memiliki harga yang jauh lebih mahal. Anda bisa menggunakan perbandingan harga barang yang dibeli dan tentunya harga beragam jasa pengirimian yang tersedia.

Melakukan perbandingan harga ini perlu agar anda tahu berapa harga termurah untuk satu kali pengiriman. Biasanya harga ini juga tergantung jauh dekatnya kota pengiriman dengan kota anda. Ada beragam layanan yang ditawarkan di cakupan wilayah yang berbeda beda. Sehingga pastikan jika menggunakan jasa pengiriman yang lebih murah.

5 Tips Agar Biaya Ongkos Kirim Jauh Lebih Hemat

3. Memperhatikan Ukuran Barang

Untuk menentukan tarif barang yang hendak dibebankan anda baiknya anda menghitung berat barang. Sebuah barang yang akan dikirim akan dipertimbangkan terlebih dahulu berat yang tertera perkilonya. Biasanya harga ini berasal dari jumlah berat pesanan dikalikan dengan tarif ongkir perkilo gramnya. Cara kedua adalah menggunakan volume perhitungan volumen barang. Barang yang dibeli akan diukur berdasarkan panjang kali lebar kali tinggi.

Tarif yang dikenakan bisanya akan menggunakan tarif ongkos terbesar. Meskipun barang mempunyai ukuran yang kecil tetapi berat, maka ongkos kirimnya akan dihitung berdasarkan satuan kilonya. Sebaliknya jika barang yang dibeli memiliki ukuran besar tetapi ringan, volumenya akan dijadikan patokan harga ongkir. Dengan perhitungan harga ini sebaiknya anda memperhatikan ukuran barang sebelum pengiriman.

4. Membeli Barang di 1 Toko Online

Jika anda mengiginkan harga yang murah saat ongkos kirim, ada baiknya anda membeli di satu tempat toko online. Hal ini untuk mengurangi beban ongkos kirim yang bisanya memiliki harga yang mahal. Misalnya anda membeli kemeja di toko A, Dasi di toko B, dan juga topi di Toko C. Hal ini tentulah akan memakan harga yang banyak karena mengeluarkan 3 kali biaya ongkos kirim.

5. Bekerjasama dengan Jasa Ekspedisi sebagai Mitra

Bagi anda penggiat pembisnis online, ada baiknya anda melakukan kerjasama dengan penyedia jasa ekspedisi. Anda bisa mendaftarkan diri sebagai mitra jasa ekspedisi untuk mendapatkan beberapa keuntungan. Dengan mendaftrakn diri sebagai mita, anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan yang dimiliki, dibandingkan dengan pengguna biasa. Beberapa jasa ini akan menawarkan bantuan menjemput langsung kiriman anda.

Dengan menggunakan tips diatas, anda akan memiliki harga ongkos kirim yang relatif murah dibandingkan harga biasanya. Anda bisa mengajak beberapa teman anda untuk belabja bersama agara biaya ongkisr murah. Belanja online pun akan lebih seru dan menyenangkan, karena anda tidak perlu mengantri membeli barang dan cukup menunggu barang tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *