5P Marketing Yang Wajib Anda Tahu untuk Tingkatkan Sales

Sejuta teknik pemasaran dilakukan pengusaha untuk mempublikasikan produknya, mulai dari presentasi marketing hingga memanfaatkan fitur fitur teknologi. Tetapi sudahkah anda tahu apa saja yang menjadi kunci sukses strategi marketing? Taktik pemasaran yang anda lakukan sebaiknya mengkombinasikan 5P marketing, untuk mencuri hati target pasar dan meningkatkan sales. Apa saja poin 5P dalam marketing? Yuk simak ulasannya berikut ini!

Jurus Sakti Marketing dengan 5P Yang Pengusaha Wajib Tahu

1. People (sumber daya manusia)

Sebagus apapun strategi marketing yang direncanakan, jika anda tidak memiliki orang orang yang tangguh dalam tim marketing maka kecil kemungkinan untuk mencapai target. Selain diri anda sendiri, tim bisnis anda harus mempunyai customer service yang yang ramah, telaten, dan bisa diandalkan. Orang orang yang positif dalam bisnis anda, sudah pasti mampu membentuk citra brand yang baik juga sehingga klien akan menyebarluaskan service dan produk anda.

5P Marketing Yang Wajib Anda Tahu untuk Tingkatkan Sales ini

2. Product (produk atau jasa)

Jika bisnis anda memiliki sejumlah kompetitor, maka anda dituntut menciptakan pembeda yang unik untuk meyakinkan pangsa pasar yang dituju. Keunikan ini meliputi keunggulan produk atau jasa yang anda tawarkan, fitur dan fasilitasnya, harga, serta manfaat dan nilai plus yang didapat klien dengan memilih produk anda. Lakukan penelitian atau survey untuk menangkap apa yang menjadi kebutuhan dan selera pasar saat ini, agar produk yang anda jual lebih mudah diterima.

3. Place (tempat)

Place merujuk pada tempat produk atau jasa anda dibuat, di distribusikan, atau dilihat oleh pasar. Pemilihan lokasi bisnis yang tepat, akan sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis terutama jika usaha anda baru dimulai dan belum banyak dikenal publik. Selain itu, anda juga harus mempertimbangkan kemudahan akses klien menuju lokasi bisnis anda. Buatlah penanda khusus yang cukup terlihat dari jarak jauh, agar pasar lebih mudah mengenali tempat anda.

4. Price (harga)

Menentukan harga jasa dan produk yang tepat, juga menjadi salah satu taktik marketing. Beberapa hal yang penting dipertimbangkan dalam penentuan harga diantaranya, biaya produksi, kegunaan produk atau manfaat jasa yang dijual, besaran profit yang ingin anda kumpulkan, dan lain lain. Anda juga bisa memikat target pasar dengan memberikan diskon, atau menyediakan sejumlah opsi paket hemat dan sejenisnya.

5. Promotion (promosi)

Poin 5P marketing yang terakhir adalah promosi, atau cara mengenalkan dan menjual produk atau jasa ke pasar pasar yang menjadi target market anda. Lakukan riset untuk menentukan strategi marketing yang tepat sasaran, agar tercapai penjualan sesuai yang diharapkan. Selain cara pemasaran konvensional dengan sistem sebar brosur atau presentasi, pelajari juga kreatifitas digital marketing untuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan biaya lebih hemat.

5P Marketing Yang Wajib Anda Tahu untuk Tingkatkan Sales

Promosi produk atau jasa secara online, tentu membutuhkan trik dan strategi yang berbeda dari pemasaran secara offline. Meski lebih menghemat biaya pemasaran, tim marketing anda harus terdiri dari orang orang kreatif yang mampu menciptakan iklan sesuai trend masa kini. Media sosial, platform video, website, dan situs situs jual beli merupakan marketing tools yang banyak digunakan.

Mengembangkan sebuah bisnis berarti juga memperluas wawasan dan koneksi rekanan anda. Dengan memberi pelatihan seputar marketing dan product knowledge pada tim yang anda rekrut, tidaklah sulit membangun citra positif bisnis dan meraup keuntungan yang diinginkan. Satu lagi yang penting diingat adalah mempertahankan kualitas dan service pada klien, serta melakukan evaluasi bisnis untuk memperbaiki kekurangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *