6 Alasan Anda Harus Menggunakan Asuransi Syariah Sebagai Investasi Masa Depan

Ada dua macam perusahaan asuransi yang sedang marak di masyarakat yaitu asuransi konvensional dan asuransi berbasis syariah. Asuransi konvensional akan menggunakan kontrak jual beli atau biasa disebut sebagai tadabuli yang akan memberatkan perusahaan dan nasabah. Berbeda dengan asuransi yang berbasis syariah, asuransi yang diterapkan kontrak tolong menolong. Yuk simak alasan anda harus menggunakan asuransi syariah.

Keunggulan Menggunakan Asuransi Berbasis Syariah

1. Memiliki Konsep Tolong Menolong

Asuransi berbasis syariah menggunakan prinsip tolong menolong dan menggunakan konsep donasi. Saat anda membeli asuransi yang berbasis syariah, anda akan mendonasikan sebagian dana untuk membantu lain yang terkena musibah. Dengan dana yang diatur seperti ini, tidak akan ada dana yang hilang salama kita melakukan investasi. Untuk periode tertentu semua keuntungan yang diperoleh akan dibagi secara merata untuk kedua belah pihak.

2. Lebih Transparan

Pengelolaan dana dalam asuransi berbasis syariah menggunakan konsep yang berbeda dengan asuransi konvensional. Asuransi berbasis syaraiah akan menggunakan konsep pembagian yang jelas di awal. Contohnya ialah persentase 70% untuk perusahaan dan 30% untuk nasabah. Hal inilah yang membedakan dengan asuransi konvensional yang 100% dimiliki oleh perusahaan. Meskipun begitu, kedua asuransi ini memiliki tujuan yang sama untuk menjamin masyarakat.

6 Alasan Anda Harus Menggunakan Asuransi Syariah Sebagai Investasi Masa Depan ini

3. Memiliki Sistem Titipan (Wadiah)

Untuk asuransi konvensional anda tentu akan mengenal istilah uang hangus jika tidak membayar premi sesuai dengan syarat yang disepakati. Berbeda dengan nasabah asuransi berbasis syariah yang bisa mendapatkan uangnya kembali meskipun sudah jatuh tempo. Hal ini karena asuransi berbasis syariah menggunakan konsep wadiah atau titipan. Sehingga dana akan dikembalikan dari rekening peserta yang telah dipisahkan dari rekening baru.

Pembebanan biaya operasional sendiri ditanggung oleh perusahaan asuransi syariah hanya dibatasi pada kisaran 30% dari premi. Hal ini tentu akan memudahkan untuk pembentukan nilai tunai cepat terbentuk di tahun pertama dengan memiliki nilai 70% dari premi. Sementara, untuk asuransi konvensional, biaya ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan.

4. Tidak Menggunakan Riba

Karena berbentuk syariah, ada beberapa larangan yang harus ditaati oleh sebuah perusahaan. Larangan ini seperti riba, gahara (ketidak jelasan dana) dan maisir (judi). Asuransi berbasis syariah maka dana anda akan dikelola sesuai dengan dikelola dengan proses yang sesuai dengan persetujuan dari awal agar terhindar dari larangan dalam islam. Untuk itu para nasabah merupakan 100% pemiliki modal dan dikelola oleh perusahaan asuransi denga emnentukan kontrak bagi hasil.

5. Menggunakan Konsep Risk Sharing

Asuransi berbasis syariah menggunakan konsep risk transfer yag tidak akan menimbulkan kerugian bagi perushaan. Berbeda konsep untuk yang konvensional yang menggunakan risk transfer maanfaat bagi nasabah asuransi sendiri adalah ada kumpulan dana tabarru-nya yang bisa diambil manfaatnya. Hal ini yang kemudian menjadikan asuransi berbasis syariah dirasa sangat adil bagi nasabah dan bagi perusahaan asuransi.

6. Diawasi oleh Pengawas Syariah

Dewan pengawas syariah merupakan salah satu pengawas bagi asuransi berbasi syariah. Setiap produk ang dikeluarkan oleh suatu perusahaan harus memiliki persetujuan terlebih dahulu dari badan pengawas tersebut. Hal ini untuk memberikan jaminan keyakinan bagi anda dan nasabah lainnya dalam memilih asuransi. Sehinggga, penting bagi masyarakat untuk tahu berbagai produk yang dikeluarkan oleh perusahaan syariah karena sudah diawasi oleh ahlinya.

Tren menggunakan bank atau asurasi yang berbasis syariah memang sedang marak ditawarkan di masyarakat. Tak heran jika masyarakat lebih memilih asuransi berbasis syariah dari pada asuransi konvensional. Namun, alangkah lebih baiknya anda menabung atau melakukan investasi sebagai kebutuhan dan jaminan masa depan. Selain bisa memiliki uang tabungan sepenuhnya, anda juga bisa mengatur uang pengeluaran anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *