6 Jenis- Jenis dari Program Asuransi Kesehatan di negara Indonesia

Seiring dengan banyak peminat asuransi, maka semakin banyak juga orang yang peduli terhadap perlindungan dari risiko-risiko buruk yang terjadi di masa depan. Pada saat ini ada banyak sekali beberapa kejadian yang bisa tiba-tiba hadir misalnya saja lecelakaan, banjir dan lainnya, Ada berbagai macam jenis asuransi kesehatan di indonesia.

Sama dengan asuransi jenis lainnya, Anda harus membayar premi terlebih dahulu apda setiap bulan atau tahun. Dengan membayar premi maka Anda bisa melakukan klain asuransi kesehatan ini sewaktu Anda sedang sakit.

Tidak perduli Anda siapa, berapa usia Anda dan apa pekerjaan Anda, setiap orang sebaiknya mempunyai asuransi kesehatan. Sayangnya, tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa asuransi kesehatan itu mahal. Padahal kenyataannya tidak seperti itu karena Anda bisa memilih premi yang bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Selain itu, Ada beberapa jenis asuransi kesehatan yang bisa Anda ikuti, yaitu :

1.Asuransi kesehatan untuk rawat inap

Asuransi rawat inap ini akan membiayai semua biaya selama Anda menjalankan masa inap pada saat sakit. Apabila Anda mempunyai asuransi ini, semua biaya yang harus dikeluarkan untuk pengobatan semuanya sudah ditanggung oleh pihak asuransi.

Jenis- Jenis asuransi kesehatan di indonesia

2.Asuransi kesehatan untuk rawat jalan

Asuransi rawat jalan akan membantu Anda dalam menanggung semua biaya perawatan pada saat Anda menjalani rawat jalan. Ada beberapa biaya yang biasanya di cover oleh pihak asuransi sepeti cek lab dang diagnosis.

3.Asuransi kesehatan personal

Jenis asuransi personal ini dilihat dari siapa orang yang ditanggung pada program asuransi tersebut. Perlindunga serta manfaat dari asuransi kesehatan ini hanya akan diberikan pada satu orang saja yang memiliki asuransi ini. Teranggung tidak bisa menggunakan asuransi ini untuk orang lain.

4.Asuransi kesehatan untuk kelompok

Berbeda denga tipe asuransi personal. Asuransi kelompok ini akan memberikan perlindunga kesahatan kepada semua anggota kelompok. Jadi, setiap anggota perusahaan dan keluarga akan mendapatkan perlindungan secara penuh.

5.Asuransi kesehatan swasta

Asuransi swasta merupakan jenis asuransi kesehatan yang dikelola oleh perusahaan atau badan swasta. Asuransi ini biasanya premi akan dibayarkan secara penuh dan juga bervariasi sesuai dengan fasilitas dan manfaat yang akan diterima oleh tertanggung.

Jenis- Jenis asuransi kesehatan di indonesia Pengertian Asuransi Kesehatan dan Alasan Utama Mengapa Semua Orang Perlu Memilikinya

6.Asuransi pemerintah

Jenis asurnasi kesehatan pemerintah ini dikenal dengan istilah BPJS. BPJS merupakan asuransi kesehatan yang diberikan langsung dari pemerintah untuk masyarakat indonesia. Di dalam pelaksanaanya, asuransi kesehatan di Indonesia ini menganut prinsip gotong royong sehingga dapat membantu semua lapisan masyarakat.

Premi yang dibayarkan biasanya juga disubsidi langsung oleh pemerintah. Karena menganut asas gotong royong membuat jenis asuransi ini bisa menjangkau secara merata dibandingkan denhan program asuransi swasta.

Ketika memahami akan pentingnya asuransi kesehatan ini, dapat disimpulkan jika semua jenis asuransi sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Ada banyak sekali berbagai macam jenis program asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih saat ini.

Sebagian besar jasa asuransi akan menawarkan jumlah premi yang berbeda-beda. Premi yang harus dibayarkan mulai dari puluhan ribu hingga jutaan. Anda bisa melih produk asuransi mana saja yang cocok buat Anda dan sesuai dengan pendapatan Anda selama bekerja. Dengan begitu, Anda akan hidup lebih santai dan nyaman karena apapun masalah kesehatan sudah ditanggung oleh penyedia jasa asuransi kesehatan yang terbaik. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan tabungan untuk masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *