6 Komponen Perencanaan Usaha yang Harus Kamu Ketahui

Supaya perusahaan berjalan sesuai dengan harapan kamu, seorang wirausaha pastinya wajib memiliki perencanaan bisnis atau yang lebih dikenal dengan istilah business plan . Rencana bisnis merupakan suatu dokumen yang bisa meyakinkan bahwa sebuah bisnis mampu untuk menjual barang atau jasa dan menghasilkan laba atau keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi para investor. Terdapat 6 komponen perencanaan usaha yang harus kamu ketahui. Berikut penjelasan lengkapnya.

Komponen-Komponen Penting Dalam Merancang Sebuah Bisnis

1. Membuat Deskripsi Bisnis

Tujuan dari sebuah deskripsi bisnis adalah untuk menjelaskan secara singkat bidang usaha apa yang akan dijalankan, beserta potensi produk dan kemungkinan untuk bertahan menghadapi resistensi di masa yang akan datang. Dengan adanya deskripsi bisnis ini, semua orang yang nantinya terlibat dalam bisnis bisa mengetahui potensi dan arah pengembangannya.

2. Melakukan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah salah satu komponen perencanaan bisnis yang penting juga loh people. Strategi pemasaran yang dijalankan harus merupakan hasil analisa pasar yang telah dilakukan dengan cermat. Analisa pasar sendiri adalah kekuatan yang harus digunakan untuk menciptakan target pembeli.

Untuk nantinya mengolah atau membuat strategi, pasti kamu membutuhkan suatu analisa yang tepat supaya dapat memanfaatkan kesempatan yang ada. salah satu Jenis analisa yang kamu gunakan misalnya adalah analisa SWOT. Dengan analisis SWOT ini, kamu bisa mengetahui keunggulan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi suatu produk. Sehingga kamu bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat dengan menghemat waktu, biaya, dan juga tenaga.

6 Komponen Perencanaan Usaha yang Harus Kamu Ketahui

3. Membuat Analisa Pesaing

Analisa pesaing itu digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing dalam satu pasar yang sama people. Setelah menemukan kekuatan dan kelemahan dari produk pesaing kanu, kemudian perusahaan bisa mencari strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang berbeda dengan pesaing kamu people.

4. Desain Pengembangan

Rencana desain dan pengembangan juga diperlukan dalam tahap perencanaan suatu produk, dalam tahap ini lebih menunjukkan grafik pengembangan dalam konteks produksi dan penjualan. Selain berguna untuk mengetahui rencana usaha, desain dan pengembangan juga akan mempengaruhi perencanaan anggaran usaha kamu juga. Itulah mengapa desain dan pengembangan menjadi komponen perencanaan yang sangat penting.

5. Rencana Operasional dan Manajemen

Rencana operasional dan manajemen dibuat untuk menjelaskan bagaimana usaha kamu akan berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional lebih berfokus pada apa saja yang dibutuhkan perusahaan dalam melakukan operasional, misalnya tugas dan tanggung jawab tim manajemen, prosedur penugasan antar divisi, serta kebutuhan anggaran dan pengeluaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

6. Menghitung Pembiayaan

Dari mana sumber dana kamu berasal? bagaimana mengatur anggaran supaya efisien dan usaha yang kamu jalani bisa berjalan dengan lancar. Terdapat Beberapa dokumen keuangan yang kamu butuhkan untuk menghitung pembiayaan, antara lain ialah analisis pengembalian modal, laporan keuangan perencanaan, dan lain lain

Selain itu, Kamu bisa bekerjasama dengan jasa penyedia layanan akuntansi untuk membuat sebuah analisis keuangan usaha.seperti Jurnal software akuntansi online yang bisa bantu usaha kamu untuk memiliki analisis keuangan yang baik dan pastinya sesuai dengan perencanaan bisnis kamu people. Komponen perencanaan usaha satu ini juga termasuk hal yang penting loh people dalam sebuah rencana bisnis.

Setelah kamu membaca komponen-komponen penting yang harus dilaksanakan dalam memulai bisins khussunya saat melakukan perencanaan. Kamu bisa mempraktekannya dan mencoba mejelaskannya kepada investor untuk mendapatkan modal dan mulai menjalankan bisnis kamu, mulai beraksi dan jangan lupa untuk tetap berpacu pada poin-poin dan pedoman usaha lainnnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *