6 Pilihan Menu Dan Resep Masakan Rumahan Yang Mudah Dan Praktis

Tak bisa dipungkiri, masakan rumah jauh lebih berkualitas jika dibandingkan dengan makanan yang dijajakan di luar sana. Pasalnya, anda mengetahui sendiri cara memasak dan bahan apa saja yang digunakan. Sebagai bentuk tambahan inspirasi anda, berikut akan diulas beberapa resep masakan rumahan yang paling mudah dan juga praktis.

Mengintip Berbagai Menu Makanan Rumahan Yang Paling Praktis

1. Bakmi

Menu masakan rumah pertama yang bisa anda terapkan ialah bakmi. Sebagian dari anda tentu sudah mengetahui kudapan asli Indonesia yang hanya menggunakan sedikit bahan ini. Bakmi sendiri merupakan makanan khas Jawa berupa mi yang dibumbui dengan rempah khusus. Biasanya, bakmi juga ditambahkan sedikit bahan seperti sosis atau bakso.

resep masakan rumahan Bakmi

Bakmi sendiri terdiri dari dua jenis yang bisa anda pilih, yakni bakmi rebus dan bakmi goreng. Cara memasaknya pun cukup mudah. Mula mula, anda perlu siapkan mi, sosis, bakso, sayur, dan telur. Kemudian, rebus mie dan tambahkan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, lada, gula dan garam. Anda juga bisa memilih untuk membuat bakmi goreng atau kuah.

2. Nasi Goreng

Nasi Goreng merupakan penganan yang disukai hampir seluruh lapisan masyarakat. Bahkan, hingga saat ini Nasi Goreng menjadi menu makanan rumahan yang paling populer. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini berbahan dasar nasi yang dibumbui dengan rempah rempah. Rasanya yang lezat menjadikan Nasi Goreng sebagai primadona menu santap keluarga.

resep masakan rumahan nasi goreng

3. Semur Jengkol

Jengkol merupakan bahan pangan yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Sebagai negara penghasil Jengkol, masyarakat mengolah hasil alam tersebut menjadi berbagai kudapan lezat. Salah satunya ialah Semur Jengkol. Meski pengolahannya cukup mudah, sayangnya banyak orang yang tidak menyukai makanan ini dikarenakan memiliki aroma menyengat.

resep masakan rumahan semur jengkol daging sapi

4. Nasi Pecel

Nasi Pecel juga merupakan makanan rumahan yang pembuatannya sangat mudah dan praktis. Bahkan untuk membuatnya pun tak membutuhkan banyak bahan. Untuk membuat masakan ini hanya perlu menyiapkan beberapa jenis sayur yang disiram dengan saus kacang nikmat. Sebagai pelengkapnya, anda bisa menambahkan aneka gorengan seperti tempe, tahu, atau telur ceplok.

resep masakan rumahan pecel

5. Opor Ayam

Masakan rumahan yang juga patut anda coba selanjutnya ialah Opor Ayam. Sebenarnya, makanan tersebut identik dengan Hari Raya Idul Fitri. Namun anda tetap bisa membuatnya sebagai menu makanan harian di rumah. Cara pembuatannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu merebus ayam yang kemudian ditambahkan dengan kuah santan.

resep masakan rumahan opor ayam

Jangan lupa untuk menambahkan bumbu lainnya seperti kencur, serai, bawang merah, dan bawang putih. Agar kaldunya meresap hingga ke dalam daging, cobalah untuk merebus dengan api sedang dan dalam waktu yang cukup lama. Hasilnya, daging ayam akan terasa lebih lembut dan bumbunya pun meresap sempurna.

6. Olahan Ikan Pindang

Sebagai informasi, Pindang merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang berbahan dasar Ikan Patin. Ikan Patin ini kemudian dimasak dengan berbagai bumbu seperti cabe rawit, cabe merah, bawang merah, dan aneka rempah lainnya. Rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuat selera makan keluarga semakin tergugah. Sangat menarik bukan?

resep masakan rumahan pindang ikan tenggiri

Demikian beberapa menu masakan rumahan yang bisa anda jadikan sebagai menu makan sehari hari. Jika dibandingkan dengan makanan yang dijual di jalanan, memasak dengan tangan sendiri akan jauh lebih sehat. Pasalnya, anda bisa mengetahui sendiri nilai kebersihan dan nilai gizinya. Melalui ulasan tersebut, anda bisa berkreasi untuk memilih ide masakan harian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *