6 Tips Membuat Kemasan Produk yang Unik dan Menarik untuk Bisnis

Ketika memulai suatu bisnis, pastinya ada banyak hal yang harus disiapkan. Apalagi jika bisnis yang ingin dijalankan adalah barang produksi, tentu Anda harus membuat kemasan untuk produk tersebut. Saat membuat kemasan produk, hal yang perlu diperhatikan adalah faktor keamanan dan kenyamanan. Namun dari segi pemasaran, faktor tersebut tidaklah cukup. Kemasan ini harus unik dan menarik. Untuk itu, berikut tips menciptakan kemasan yang unik dan menarik.

Tips Membuat Kemasan yang Unik dan Menarik agar Produk Mudah Dikenali

1. Memilih Warna Cerah dan Berbeda

Kemasan yang menarik dan unik, salah satu faktornya didukung dengan pemakaian warna warna cerah dan berbeda. Untuk itu, cobalah melakukan riset kepada kompetitor produk serupa. Kemudian analisis warna warna yang biasa digunakan pada produk dari kompetitor tersebut, dan mulailah menentukan warna yang berbeda untuk produk Anda. Warna yang cerah biasanya pilihan utama karena menimbulkan kesan mencolok dan berbeda ketika diletakkan bersama produk lain.

membuat kemasan produk desain kemasan cookies

2. Memanfaatkan Gambar yang Menarik

Kebanyakan masyarakat Indonesia cenderung lebih mudah menerima suatu informasi yang berbau visual. Dengan begitu, sangat disarankan untuk cantumkan gambar pada kemasan agar bisa menarik minat pembeli. Gambar ini tidak harus selalu memiliki kaitan dengan produk. Anda boleh menambahkan gambar gambar lucu atau karikatur, namun pastikan masih terkait dengan pencitraan produk tanpa menimbulkan kesan kaku.

3. Memakai Desain Sederhana

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika membuat suatu kemasan agar menarik dan unik adalah desain. Disarankan untuk membuat desain yang simpel, namun tetap memberikan kesan menarik. Hindari membuat desain yang terlalu rumit, sebab akan menimbulkan kesan yang membingungkan para konsumen. Untuk itu, buatlah desain kemasan yang mudah dibawa dan lebih mudah dikonsumsi oleh konsumen. Tapi perlu diingat, meskipun simpel namun tetap harus terlihat unik dan menarik.

4. Menggunakan Kemasan Dari Bahan Berbeda dan terjangkau

Membuat kemasan produk bisa dikatakan memerlukan budget yang tidak sedikit. Untuk menghemat dana tanpa harus meninggalkan kesan unik dan berbeda, Anda bisa menggunakan alternatif lain sebagai bahan kemasan. Mungkin bisa menggunakan kertas daur ulang atau bahan daur ulang lainnya, selama bahan tersebut aman dan tidak memengaruhi kualitas produk.

5. Tambahkan Informasi Penting dengan Font Menarik

Ketika warna pada kemasan sudah ditetapkan, selanjutnya Anda perlu memikirkan informasi apa yang akan ditambahkan pada kemasan tersebut. Mengingat informasi ini sangat penting untuk para konsumen, sebaiknya buat informasi yang singkat namun tidak terlalu padat. Usahakan dilengkapi dengan gambar yang unik dan menggunakan font menarik, jadi konsumen tidak mengabaikan informasi tersebut.

membuat kemasan produk membuat kemasan produk

6. Menambahkan Data Legalitas dari Lembaga Pemerintah

Mencantumkan data legalitas dari lembaga pemerintahan merupakan hal yang tidak kalah penting ketika membuat suatu kemasan. Hal ini karena legalitas dari lembaga pemerintah akan membuat produk menjadi lebih terjamin kesehatannya dan membuat produk tersebut lebih terpercaya. Lembaga pemerintahan yang berwenang memberikan legalitas pada produk produk ini adalah Badan Pengawas Obat dan Makanan, Dinas Kesehatan, dan juga MUI untuk sertifikasi halal.

Itulah beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam membuat suatu kemasan yang unik dan juga menarik, sehingga produk akan lebih mudah dilirik oleh pelanggan. Memiliki kemasan yang menarik serta unik, pastinya akan membuat calon konsumen menjadi penasaran. Karena rasa penasaran ini, tidak jarang calon konsumen akan memutuskan untuk membeli produk tersebut. Menguntungkan bukan memiliki kemasan yang menarik serta unik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *