Anda Kena PHK? Simak Cara Untuk Bangkit dan Sukses Kembali di Masa Pandemi

Ternyata tak hanya kesehatan yang terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini. Tetapi juga mengenai ke roda perekonomian. Virus satu ini menyebabkan perusahaan kecil maupun besar bisa mengalami kerugian yang besar. Bahkan puluhan perusahaan rela melakukan PHK terhadap ratusan karyawannya demi bisa bertahan di masa pandemi seperti ini. Simak cara untuk bangkit dan sukses kembali dari pemutusan hubungan kerja berikut ini.

Cara Untuk Bangkit dan Sukses Kembali di Masa Pandemi

1. Menenangkan Diri

Setelah anda diberhentikan oleh perusahaan anda, maka jangan terburu-buru untuk merasa menyesal atau bersedih. Berbaik sangkalah, mungkin saja perusahaan tersebut bukanlah tempat yang cocok bagi anda. Tetapi apabila anda tetap merasa sedih dan kecewa, maka biarkan rasa itu mengalir begitu saja, asal jangan sampai anda terlarut ke dalamnya. Karena ini bukanlah kesalahan dari diri anda sendiri.

Anda Kena PHK

Tenangkan diri anda, sadarilah bahwa keadaan ini terpaksa dilakukan karena kondisi pandemi yang membuat perusahaan harus tetap bisa bertahan. Banyak orang juga yang mengalami ini dan ternyata sifatnya bukan hanya nasional bahkan global. Jangan menyalahkan diri sendiri karena memang bukan salah anda ataupun perusahaan. Kondisi ini di luar kuasa anda karena dengan diberhentikan dari pekerjaan bukan lantaran kinerja anda buruk.

2. Jangan Putus Asa

Rasa putus asa biasa terjadi karena seseorang hilang arah atau harapan terhadap sesuatu. Seakan-akan dirinya tak mampu lagi untuk berbuat apa-apa. Kehilangan kerja bukan akhir dari segalanya. Ingatlah selalu ada hikmah dibalik musibah yang mengenai anda, asalkan anda mau terbuka dengan segala kemungkinan dan menerima keadaan. Gali potensi yang ada di diri anda, lalu temukan cara untuk mendapatkan penghasilan atau pekerjaan lain.

3. Pelajari Keterampilan Baru

Banyak diantara anda yang telah kehilangan pekerjaan sehingga membuat anda menggunakan waktu menganggurmu dengan tidak bijaksana. Dengan melakukan isolasi diri juga bisa membuat anda di rumah saja da menghabiskan waktu dengan bersantai. Hal tersebut tentu tidak bermanfaat bagi kesejahteraan fisik dan mental anda. Sebagai alternatifnya, gunakan masa kejatuhan anda tersebut untuk bangkit dan belajar kembali.

Gunakan sumber daya online sebaik mungkin untuk mempelajari berbagai hal baru seperti di youtube, tiktok, atau akun media sosial yang lainnya. Fokus anda akan beralih ke soft skill seperti kreativitas, ketahanan dan penyelesaian masalah serta keterampilan digital. Sangat mungkin bahwa akan ada layanan, produk ataupun pekerjaan yang sepenuhnya baru yang akan muncul selama masa krisis ini, dan anda bisa mencoba berbagai hal tersebut.

4. Fokus pada Jangka Panjang

Tanpa melakukan apapun, waktu anda ketika mengganggur saat terkena PHK menjadi terasa sangat lama. Dengan tidak adanya akhir yang jelas dari virus corona ini, anda dapat dengan cepat terserap dalam dampak negatif jangka pendek dan berisiko kehilangan pandangan anda sendiri di sisi lain. Itulah kenapa sangat penting untuk anda melihat ke masa depan dengan menetapkan tujuan jangka panjang dan membuat rencana untuk bersemangat.

tidur Anda Kena PHK

Fokuslah pada gambaran yang lebih besar untuk mencapai tujuan yang sebelumnya tidak ada waktu untuk anda lakukan. Inilah saatnya untuk mengejar mimpi-mimpi anda dan mengambil aksi dalam melakukan inovasi tersebut. Buatlah rencana lintasan karir jangka panjang termasuk bisnis. Luangkan waktu untuk bisa memetakan cara mencapai tujuan dengan meneliti orang lain yang telah menemukan kesuksesan dalam industri yang anda pilih.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk bisa bangkit dan sukses kembali di masa pandemi seperti ini meskipun anda telah kehilangan pekerjaan anda. Tetaplah untuk berpositif thinking, bahwa pasti diluar sana ada suatu pekerjaan yang memang sangat cocok dengan anda. Gunakan juga waktumu sebaik mungkin, selalu latih dan kembangkan skill anda biar anda bisa berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *