Apa Anda Sering Merubah Suhu Kulkas?

Kulkas memiliki fungsi utama untuk mendinginkan sekaligus membekukan segala benda yang ada di dalam ruangan pendinginnya. Namun bagaimana jika kulkas secara tiba tiba tidak dapat bekerja optimal, padahal sehari sebelumnya masih beroperasi layaknya hari biasanya tanpa ada berubahan pada pengatur suhu kulkas ? Tidak perlu panik, kemungkinan ada beberapa faktor yang menyebabkan suhu kulkas berubah secara mendadak.

Penyebab Kulkas Menjadi Tidak Dingin

1. Terlalu Sering Membuka Tutup Kulkas Tanpa Alasan

Pernahkan Anda iseng mencoba membuka lalu menutup kulkas tanpa alasan yang jelas ? Mungkin bagi sebagian orang kebiasaan tersebut tampak sepele, namun tidak bagi mesin kulkasnya. Sebab ketika pintu kulkas terbuka, otomatis udara dingin yang berada di dalamnya akan tercampur dengan suhu ruangannya. Saat pintu kulkas tertutup, mesin akan berusaha menyesuaikan kembali suhu ruangan agar tetap dingin seperti pengaturannya.

pengatur suhu kulkas merawat kulkas

Namun bagaimana jadinya jika kondisi tersebut berulang terus menerus ? Mesin kulkas akan bekerja dua kali lebih keras dibandingkan sebelumnya, namun akan beresiko dua kali lebih cepat mengalami kerusakan. Secara perlahan lahan, kulkas akan mulai berontak yang membuat suhu ruangannya tidak dingin seperti biasanya. Jika menemui tanda tanda tersebut, sebaiknya Anda mulai khawatir akan kemungkinan yang tidak diinginkan.

2. Bunga Es Bermekaran

Mesin kulkas menghasilkan udara dingin yang disalurkan melalui lubang angin, namun seringkali proses penyaluran seringkali terhambat akibat tertutupi bunga es yang tampak menumpuk tebal. Kondisi inilah yang menyebabkan suhu kulkas tidak lagi dingin seperti semula. Untuk mengembalikan performanya kembali, Anda hanya perlu membersihkan setiap kali melihat bunga es mulai bermekaran.

3. Pengaturan Suhu

Ketika diperhatikan secara seksama, para produsen kulkas telah menambahkan fitur berupa pengatur suhu kulkas. Fitur canggih ini bisa membantu Anda menyesuaikan agar suhunya kembali dingin seperti semula. Perubahan suhu kulkas secara mendadak, kemungkinan besar diakibatkan adanya salah satu anggota rumah yang tidak sengaja atau bahkan sengaja merubahnya tanpa sepengetahuan Anda.

4. Karet Pintu Kulkas Longgar atau Kering

Jika diperhatikan secara seksama, Anda pasti menyadari jika setiap pintu kulkas dilengkapi dengan lapisan karet yang bersifat elastis. Bukan sekedar mempercantik tampilan, pasalnya karet tersebut berfungsi membuat suhu di dalam ruangan pendingin tetap terjaga dengan baik. Apabila suatu hari menemui kulkas tidak lagi dingin secara mendadak, ada kemungkinan karet pada pintunya mulai longgar atau bahkan kering.

pengatur suhu kulkas merawat kulkas

Tidak ada perbedaan suhu antara ruang pendingin dan luar kulkas, menjadi pertanda bahwa hawa panas dari luar ruangan telah berhasil masuk lewat celah celah kulkas. Alih alih mendinginkan, alhasil suhu ruangan pendinginnya berubah menjadi panas. Apabila ruangan pendingin tidak bisa lagi berfungsi optimal, secara tidak langsung kualitas makanan dan minuman yang tersimpan tidak dapat bertahan lama.

5. Menyimpan Benda Panas

Jangan pernah sekali kali mencoba memasukkan baik makanan maupun minuman panas ke dalam kulkas, karena hal ini dapat memperpendek umur kulkas itu sendiri. Pasalnya suhu tinggi yang dibawa oleh benda tersebut, akan mempengaruhi udara dingin yang sejak awal menempati ruangan pendingin. Agar suhu kulkas kembali seperti semula, maka mesinnya akan berubaya lebih keras dibandingkan sebelumnya dan akan berakhir rusak ketika terjadi berulang ulang.

Layaknya perangkat elektronik lainnya, kulkas juga bisa mengalami kerusakan mulai dari yang ringan hingga berat sekalipun akibat beberapa faktor tertentu. Jangan terlalu cepat panik, karena Anda hanya perlu mengetahui faktor utama penyebab kulkas mogok bekerja. Dengan memahami faktor penyebabnya, maka penanganan yang diberikan sesuai dan efektif sehingga dapat bekerja optimal seperti semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *