Apa Bisa Mendaftarkan Merk Dagang Secara Online?

Anda tentu tahu Indomie, Sedap san berbagai merek lainnya bukan? Merek-merek tersebut terasa dekat dan tak asing untuk kita. Fungsi brand atau merek sendiri sangat berguna untuk memudahkan orang mengetahui produk tersebut.

Apakah Anda juga pernah membeli barang dengan harga mahal hanya karena mereknya? Banyak orang memutuskan untuk membeli sesuatu berdasarkan merek lom oleh sebab itu merek sangat lah penting bagi Anda yang ingin memulai sebuah bisnis.

Namun, meskipun merek sangatlah berguna dalam bisnis, masih banyak orang yang tidak mendaftarkan mereknya dan akhirnya merek tersebut digunakan oleh orang lain. Cara pendaftaran merek sendiri sebenarnya sangatlah mudah, Anda bahkan bisa melakukan pendaftaran merek dagang online tanpa perlu ribet dan lebih menghemat waktu.

Berikut Adalah Cara Untuk Mendaftarkan Merek Secara Online

1 Langkah pertama adalah Anda haeus melqkukan Registrasi akun aplikasi merek Anda. Anda bisa mendaftarkannya di website https://merek.dgip.go.id/. Jika Anda telah membuat akun, Anda akan secara otomatis terdaftar dan harus melakukan aktivasi. Aktivasi ini akan Anda peroleh melalui email Anda yang sebelumnya didaftarkan pada akun Anda.

2. Anda bisa melakukan Login ke akun yang telah Anda buat sebelumnya, lalu Anda bisa mengajukan permohonan. Ketika nanti Anda mengajukan sebuah permohonan, Anda akan dialihkan di website http://simpaki.dgip.go.id/. Disini Anda akan melakukan pemesanan untuk kode billing atau yang biasa disebut dengan nomor pembayaran. Jika sudah, maka Sistem akan menerbitkan jumlah pembayaran yang harus Anda bayarkan. Maksimal pembayaran dapat dilakukan selama 1 hari atau 24 jam setelah kode billing diajukan.

Apa Bisa Mendaftarkan Merk Dagang Secara Online

3. Jika Anda sudah membayar biayanya. Anda bisa melakukan pendaftaran merek. Anda harus mengisi data mengenai identitas serta merek yang akan Anda daftarkan. Jika semua data telah Anda lengkapi serta klaasifikasi merek pun tidak ada masalah, maka Anda hanya perlu menunggu proses pengecekan selesai.

pendaftaran merek dagang online ini bisa dibilang sangat mudah, banyak orang lebih memilih untuk mendaftarkan mereknya secara online ketimbang langsung. Namun, Anda juga harus memperhatikan berbagai detail dalam pendaftaran merek secara online.

Berikut Adalah Hal-Hal Yang Harus Anda Perhatikan Ketika Mengajukan Pendaftaran Merek Secara Online

• Isi Tanggal, bulan sertatahun permohonan;

• Anda juga harus mengisi Nama lengkap, kewarganegaraan dan alamat pemohon;

• Nama lengkap, alamat kuasa jika permohonan yang diajukan melalui kuasa;

• Anda juga perlu mengisi data Nama negara dan tanggal permintaan merek yang pertama kali dalam hal permohonan diajukan dengan Hak Prioritas;

• Siapkan pula Label merek dengan ukuran paling kecil 2×2 cm sedangkan untuk ukuran paling besar yakni 9×9 cm.

• Yang perlu Anda perhatikan adalah Untuk pengajuan permohonan melalui sistem online adalah label merek harus Anda simpan dengan dengan format JPG;

• Jangan lupa untuk menggunakan unsur warna pada merek yang Anda ajukan untuk didaftarkan.

• Kelas barang dan/atau kelas jasa serta uraian jenis barang dan/atau jenis jasa. Pembayaran biaya permohonan.

• Anda juga harus mengisi formulir secara elektronik dengan melalui laman resmi dari Direktorat Jenderal.

• Anda juga harus mengunggah dokumen jika Anda menggunakan kuasa atau Konsultan KI serta jika ada hak prioritas.

• Untuk Anda yang mengajukan permohonan secara online, jangan lupa untuk menyiapkan surat pernyataan. Anda hanya perlu untuk mengunggah/upload dokumen tAnda tangan dari pemohon dan/atau tAnda tangan dari kuasa.

Itulah tatacara pendaftaran merek dagang secara online yang perlu Anda ketahui. Cara pendaftaran tersebut sangat mudah untuk dilakukan dan dianggap menjadi cara pendaftaran yang anti ribet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *