Apa Saja Jenis dari Custom Pada Sepeda Motor?

Salah satu kendaraan bermotor yang menjadi pilihan bagi masyarakat adalah sepeda motor. Mengapa? Sepeda motor dapat digunakan untuk keperluan mobilisasi dari masyarakat yang memiliki aktivitas yang padat di berbagai tempat. Cara penggunaan dan perawatannya yang mudah membuat sepeda motor menjadi pilihan utama bagi masyarakat. Selain itu, harganya yang relatif terjangkau juga membuat banyak orang memilih sepeda motor. Akan tetapi, sepeda motor yang dibuat di pabrikan kemungkinan memiliki bentuk dan desain yang mirip. Hal ini membuat banyak orang yang ingin motornya berbeda dengan yang lain kemudian melakukan kustomisasi. Hal inilah yang membuat sepeda motor hasil proses custom dapat ditemukan dengan mudah.

Salah satu contoh motor custom yang ada di masyarakat adalah Brat Style. Jenis custom ini cocok digunakan dalam kehidupan sehari – hari terutama bagi orang – orang yang membutuhkan motor untuk boncengan. Mengapa? Motor Brat Style memiliki ciri spesifik yaitu ukuran jok yang lebih panjang sehingga bisa digunakan oleh lebih dari satu orang. Selain itu, bentuk jok yang ada di Bray Style juga lebih datar. Sehingga, bagi orang yang membonceng tentunya akan lebih nyaman saat menggunakannya. Desain inilah yang membuat motor Brat Style cocok digunakan untuk perjalanan jauh karena para pengendara tetap merasa nyaman saat akan berkendara.

motor custom

Contoh lainnya adalah motor scramblers. Motor ini menggunakan beberapa bagian yang bisa mendukung penggunanya saat mereka sedang berpetualang atau off-road. Hal ini dikarenakan beberapa modifikasi yang mengambil genre semi off-road. Lantas, apa saja bagian yang dibuat secara custom? Salah satunya adalah ban yang digunakan. Pada motor aliran scrambler, ban yang digunakan adalah sama dengan yang digunakan pada motor trail. Hal ini dilakukan untuk membantu pengguna ketika mereka sedang berkendara di jalanan yang tidak rata. Mengapa? Ban yang digunakan ini memiliki toleransi terhadap goncangan dari tanah yang lebih tinggi dibandingkan pada motor biasa. Sehingga, ketika digunakan saat berpetualang tentu membuat pengguna menjadi lebih nyaman.

motor custom

Jenis motor custom yang lain adalah Chopper. Motor ini merupakan salah satu adaptasi dari sebuah film yaitu Ghost Rider. Dari beberapa jenis custom yang dibuat pada sebuah motor, Chopper memiliki ciri spesifik yang bisa membuatnya langsung dibedakan dengan custom lain. Salah satunya adalah tinggi stang motor yang lebih panjang dibandingkan dengan motor pada umumnya. Sehingga, seakan jok yang digunakan pada motor lebih pendek dibandingkan dengan jok motor pada umumnya. Selain itu, fork yang digunakan pada ban depan motor juga lebih panjang dibandingkan dengan motor lainnya. Hal ini ditambah dengan ukuran ban depan motor yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran ban belakang. Umumnya, jenis Chopper merupakan salah satu modifikasi pada sepeda motor yang paling sering digunakan oleh orang yang ingin menikmati jalanan dengan motor besarnya.

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan motor dengan tampilan keren untuk keperluan sehari – hari, mereka bisa menggunakan custom Jap Style. Aliran motor ini memiliki ciri spesifik dimana kedua ban yang digunakan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran ban motor pada umumnya. Selain itu, sepeda motor dengan Jap Style juga memiliki tampilan rangka yang lebih pendek dibandingkan dengan motor umum. Sehingga, penumpang yang ingin naik ke motor tersebut tidak perlu kesusahan. Oleh karena itu, Jap Style banyak diminati oleh masyarakat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *