Apa Yang Menyebabkan Kulkas Tidak Dingin Lagi ?

Kulkas menjadi salah satu perangkat dalam rumah tangga yang wajib dimiliki dalam setiap hunian. Selain memilih kulkas terbaik saat ini sesuai kebutuhan, kulkas juga perlu perawatan khusus agar tetap awet. Apabila kulkas tidak dirawat dengan baik, ada kemungkinan kulkas rusak secara tiba tiba. Dalam banyak kasus, kulkas tidak dapat mengeluarkan udara dingin lagi, sehingga bahan makanan menjadi busuk. Untuk mengetahui penyebabnya, simak ulasan berikut.

Penyebab Kulkas Sudah Tidak Mengeluarkan Udara Dingin

1. Bunga Es yang Menjadi Penyebab Utama

Apabil asuatu hari anda menemukan kulkas tida mengeluarkan udara dingin, cek terlebih dahulu apakah ada penumpukan bunga es pada kulkas. Apabila bunga es dirasa cukup tebal, bisa jadi ialah yang menjadi penyebabnya. Hal ini dikarenakan bunga es akan menutupi bagian lubang anign. Sedangkan lubang angin sendiri berperan penting untuk mendinginkan udara dalam kulkas. Apabila luang angin ini tertutupi, tentu kulkas tidak akan berfungsi dengan baik.

Menyebabkan Kulkas Tidak Dingin Lagi lampu nyala

Untuk memperbaikinya, anda hanya perlu melakukan cara sederhana, yaitu membiarkan kulkas dalam kondisi terbuka dalam beberapa waktu. Ketika kulkas dibuka, letakkan kipas angin yang dinyalakan di depan kulkas. Hal ini dilakukan, agar kiipas angin dapat berinteraksi langsung dengan bagian dalam kulkas. Ini sudah terbukti bisa mengembalikan kulkas mengeluarkan udara dingin, karena bunga es sudah mencair.

2. Menyimpan Makanan yang Masih Panas Pada Kulkas

Apakah anda mempunyai kebiasaan untuk meletakkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas ? Jika iya, kurangilah kebiasaan buruk ini. Sebab, kulkas akan cepat rusak apabila hal ini terus dilakukan. Jika dilogika, panas yang dihasilkan dari makanan tersebut akan mendominasi ruangan pendingin, sehingga suhu kulkas akan mengikuti. Ketika kulkas mengikuti suhu makanan yang masih panas, secar aotomatis kulkas tidak berfungsi dengan baik.

Hal ini akan semakin parah apabila anda menyimpan makanan dalam jumlah banyak, namun dalam kondisi masih hangat atau panas. Hal ini akan mempercepat penurunan kualitas pada kulkas, sebab suhu yang ada di dalamnya akan mengikuti. Apabila anda menyadari setiap makanan yang dibuat, dianjurkan untuk didiamkan terlebih dahulu hingga dingin sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam kulkas. Hal ini ternyata memiliki fungsi agar kulkas tidak mudah rusak.

3. Kulkas Tidak Mengeluarkan Suhu Dingin Walaupun Masih Baru

Ketika membeli kulkas baru, tentu anda berharap untuk mendapatkan kulkas yang dapat mengasilkan dingin secara maksimal. Namun kemudian, anda mendapati kulkas yang masih baru tersebut tidak mengeluarkan udara tinggi sedikitpun. Saat hal ini terjadi, anda tidak perlu cemas terlebih dahulu. Cobalah cek terlebih dahulu apakah suhu kulkas sudah dinyalakan atau belum. Hal ini dikarenakan kulkas baru ada kemungkinan beroperasi pada suhu relatif rendah.

Menyebabkan Kulkas Tidak Dingin Lagi Aqua Japan

4. Freon yang Sudah Hampir Habis

Ketika kulkas tidak berfungsi dengan baik, ada kemungkinan kadar freon pada kulkas bocor atau habis. Untuk mengetahui secara pasti, anda bisa menyentuh pada bagian belakang kulkas yang letaknya berdekatan dengan grill kulkas. Pada bagian ini, seharusnya memiliki suhu yang cukup panas. Panas yang dihasilkan oleh kulkas, berasal dari panas freon yang telah dilepaskan. Oleh karena aitu, pastikan bahwa anda memilih kulkas terbaik sesuai kebutuhan.

Memiliki kulkas yang tidak berfungsi dengan baik, tentu menyebalkan dan mengganggu aktifitas anda. Kerusakan yang dialami kulkas, bisa saja berasal dari kebiasaan buruk anda yang kurang memperhatikan kulkas anda. Namun kulkas yang tidak bisa menghasilkan udara dingin, bukan berarti rusak. Cobalah cek terlebih dahulu apakah ada komponen kulkas yang tidak berfungsi dengan maksimal, sehingga udara dingin tidak dapat dihasilkan sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *