Apakah Gigi Tumbuh Miring Itu Berbahaya ?

Kesehatan mulut adalah bagian dari prioritas perawatan yang harus terus dikontrol setiap sahat. Kesehatan mulut yang buruk akan mengakibatkan dampak yang buruk pula begitupun apabila kesehatan mulut baik. Salah satu bagian dari kesehatan mulut yang baik adalah tumbuhnya gigi dengan sempurna. Tapi, nyatanya banyak sekali dari kita yang memiliki gigi tumbuh miring dan tidak menyadari apakah ini sesuatu yang berbahaya atau sesuatu yang normal-normal saja? Nah untuk itu, di sini akan kita bedah semua secara rinci apakah gigi yang seperti itu baik atau tidak dan apakah perlu diobati atau didiamkan saja?

Gigi yang tumbuh miring mungkin bagi sebagian orang bukanlah masalah karena mereka tidak begitu risih dengan itu. Toh mereka masih bisa makan karena gigi masih bisa mengunyah dengan baik walaupun tidak sebagik gigi yang tumbuhnya sempurna. Tapi jika dibiarkan, ini kurang baik untuk mencerna makanan dan kurang memberikan kandungan yang ada di dalam makanan. Kemudian jika terus dibiarkan gigi yang miring ini bisa membuat gusi berdarah dan menusuk gusi lainnya hingga tumbuhnya gigi yang seperti ini merusak kesehatan mulut. Namun ada bagian gigi yang tumbuh miring dan paling berbahay yakni gigi geraham. Maka dari itu, jika Anda memiliki gigi geraham yang kurang baik, sering-seringlah kontrol ke dokter untuk mengetahui langkah apa yang harus Anda lakukan.

gigi tumbuh miring Gigi Geraham Bungsu

Gigi geraham yang paling berbahaya apabila tumbuh miring disebut gigi molar dan ternyata ada tiga jenis gigi ini yang perlu kita ketahui. Manusia memiliki tiga jenis gigi molar di setiap sisi atas dan bawah. Gigi molar yang tumbuh pada rahang paling ujung biasanya tumbuh pada usia 18 tahun dan ini adalah suatu kewajaran yang disebut wisdom tooth. Karena tumbuhnya paling lama dan paling terakhir, maka umumnya gigi tersebut tak memiliki tempat untuk keluar dari rongga mulut sebagaimana mestinya. Sekali lagi, ini adalah suatu fenomena yang wajar dan lumrah terjadi pada banyak orang sehingga Anda tidak perlu merasa takut apabila merasa bahwa gigi geraham Anda miring. Tapi bukan berarti dibiarkan saja karena akan ada tiba masanya gigi yang miring ini akan membuat Anda mengalami nyeri ketika membuka mulut.

Selain itu apabila gigi geraham miring ini terus dibiarkan bisa membuat makanan mudah terselip dan sulit untuk dikeluarkan hingga menjadi karang gigi. Bau mulut mulai terdeteksi jika karang gigi sudah semi permanen dan Anda tidak ingin ini terjadi pada diri Anda bukan? Kemudian jika karang gigi sudah semi permanen maka akan sulit untuk diangkat, menyatu pada gigi dan membuat keropos. Sudah sakit, bikin bau mulut dan keropos pula, tentunya semua orang tidak menginginkan ini terjadi bukan? Maka dari itu segeralah identifikasi dengan melakukan kontrol mulut pada dokter apabila Anda merasa gigi geraham yang ada pada mulut tumbuh dengan tidak sempurna.

gigi tumbuh miring ini

Lalu bagaimana apabila ini sudah kadung terjadi pada gigi Anda yang tumbuh miring ini? Tenang saja karena masih ada solusinya yakni operasi gigi geraham atau impaksi gigi. Operasi ini tidak seperti gigi pada umumnya. Gigi tumbuh miring akan dibenahi oleh dokter gigi jika Anda melakukan impaksi gigi ini dan semua efek yang diakibatkan gigi miring tidak akan terjadi pada Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *