Bahaya Asap Rokok Untuk Perkembangan Janin Anda

Merokok tidak hanya dapat mengakibatkan impotensi bagi pengonsumsinya dan tidak hanya dapat mengganggu kesehatan sistem pernapasan saja. Merokok memberikan lebih banyak dampak negatif baik bagi si perokok atau pun lingkungan, termasuk bagi janin didalam kandungan.

Ada banyak bahaya asap rokok yang tak banyak diketahui untuk perkembangan janin. Apa sajakah bahaya tersebut? Pada kesempatan kali ini kami akan berikan informasi menariknya untuk Anda!

Bahaya Asap Rokok Untuk Perkembangan Janin

Asap rokok mengandung sekitar 7000 bahan kimia mulai dari timbal, karbon monoksida, dan berbagai macam zat berbahaya lain yang terkandung didalamnya. Jika zat – zat yang berbahaya dari rokok menguap bercampur dengan oksigen dan kemudian terhirup oleh ibu hamil, zat – zat yang ada didalamnya akan masuk ke pembuluh darah.

Bahaya Asap Rokok bagi Ibu Hamil dan Janin No smoking
Asian man smoke in front of pregnant wife

Padahal, pembuluh darah merupakan satu – satunya jalan bagi nutrisi dan oksigen penting untuk tumbuh kembang si janin dalam rahim. Ketika kemudian nutrisi dan oksigen tidak dapat disalurkan secara sempurna karena pembuluh darah yang terkontaminasi zat berbahaya, maka dampak yang bisa didapatkan oleh ibu hamil meliputi :

Persalinan yang terjadi secara prematur atau persalinan di usia kandungan yang masih muda. Persalinan prematur sendiri dapat memaksa organ bayi yang belum waktunya bekerja harus berfungsi secara normal sehingga dampak kesehatan bagi bayi juga tidak main – main.

Berat badan lahir rendah karena bayi mengalami mal nutrisi atau kondisi kekurangan nutrisi. Padahal nutrisi merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi tumbuh kembang janin didalam rahim.

Kelahiran mati atau bayi mengalami keguguran yang diakibatkan oleh kurangnya asupan oksigen yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang janin.

Meningkatkan adanya resiko bayi mengalami berbagai gangguan pernapasan sampai usia dewasa. Beberapa gangguan pernapasan yang bisa terjadi pada bayi yang terpapar oleh asap rokok sejak dalam kandungan seperti pneumonia, bronchitis, infeksi telinga dan keterlambatan pertumbuhan organ paru – paru.

Asap rokok yang terhirup ketika hamil, dapat menyebabkan perubahan pada struktur DNA bayi sehingga berpotensi melemahkan sistem kekebalan tubuh ketika bayi lahir.

Mengganggu tumbuh kembang otak janin selama di dalam kandungan dan beresiko mengakibatkan bayi mengalami kondisi keterbelakangan mental.

bahaya asap rokok Untuk Janin Bahaya Merokok atau Menghirup Asap Rokok Saat Hamil

Meningkatkan resiko bayi memiliki asma bawaan

Meningkatkan resiko bayi lahir cacat seperti mengalami bibir sumbing atau mengalami kecacatan lainnya

Mengakibatkan bayi beresiko mengalami sakit jantung bawaan

Dan masih banyak bahaya yang lainnya

For your information, zat berbahaya yang terkandung didalam rokok seperti halnya karbonmonoksida dan nikotin akan bekerja sama untuk mengurangi suplai oksigen ke janin didalam kandungan. Nikotin yang terdapat didalam asap rokok tersebut dapat menjadi salah satu aspek yang mampu menghambat suplai oksigen dan berpotensi menyempitkan pembuluh darah yang menyalurkan berbagai kebutuhan oksigen dan nutrisi makanan ke seluruh tubuh termasuk yang ada di tali pusar. Oleh sebab itu bahayanya bagi tumbuh kembang janin sangat besar.

Oleh sebab itu dengan banyaknya bahaya asap rokok bagi perkembangan janin didalam rahim, sangat dianjurkan agar ibu hamil tidak dekat – dekat dengan perokok dan pastikan ibu hamil sendiri tidak sedang dalam kondisi merokok ketika hamil. Himbau pasangan agar tidak merokok selama istrinya hamil. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *