Beragam Manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang Sangat Menguntungkan

Memilii asuransi kecelakaan kerja merupakan hal yang wajib untuk para perkerja atau karyawan. Dengan memilki asuransi tersebut maka karyawan akan mendapatkan perlindungan yang pebuh jika terjadi kecelakaan kerja. Asuransi bagi para pekerja memang menjadi hal yang sangat penting mengingat resiko kecelakaan kerja yang besar dan dapat terjadi sewaktu-waktu.

Jika kita seorang pekerja di perusahaan yang sudah besar maka wajib bagi perusahaan tersebut untuk mendaftarakan karyawannya agar memiliki jaminan kesehatan.Jaminan kesehatan yang diberikan kepada pekerja adalah BPJS Ketenagakerjaan atau yang disering disebut dengan BPJS TK. Program ini adalah jaminan kesehatan yang dikelola oleh pemerintah. Setiap perusahaan yang berdiri wajib untuk mendaftarkan karyawannya mengikuti BPJS TK dan biaya iurannya akan diambil dari gaji karyawan setiap bulannya. BPJS TK memiliki segudang manfaat bagi para pekerja.Berkut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita terima melalui BPJS TK.

1. Jaminan kecelakaan kerja

BPJS ketenagakerjaan sangat penting bagi karyawan karena hal ini merupakan asuransi kerja yang dapat menjamin keselakaan kerja. BPJS akan menjamin perlindungan atas resiko kecelakaan kerja hingga saat perjalanan menuju lokasi berkerja. Jaminan kesehatan ini juga termasuk dengan penyakit-penyakit lain yang dapat ditimbulkan oleh lingkungan pekerjaan.Jumlah biaya yang dapat dicover juga tak terbatas artinya sesuai dengan kebutuhan medis sampai pasien sembuh. Selain itu, hal yang menjadi sangat penting jika kita memiliki BPJS ketenagakerjaan adalah jaminan santunan upah selama kita tidak bekerja diberikan secara utuuh selama 12 bulan bulan pertama lalu separohnya setelah lebih dari 12 bulan sampai pasien sembuh.

asuransi kecelakaan kerja

2. Jaminan kematian

Jaminan kematian ini diberikan kepada ahli waris.Jaminan ini berupa santunan biaya jika peserta meninggal bukan karena kecelakaan pekerjaan maka ahli waris berhak mendapatkkan santunan sebesar 12 juta secara berkala selama 24 bulan yang dibayar sekaligus.Jaminan kematian juga menjamin biaya pemakaman 10 juta.BPJS TK juga menjamin biaya pendidikan dua anak peserta dengan ketentuan masa iur lebih dari 3 tahun dengan jumlah maksimal 174 juta.Santunan yang diberikan sebesar 42 juta.

Jika peserta yang meninggal karena kecelakaan kerja maka ahli waris peserta berhak mendapatkan santunan sebesar 48 kali gaji yang dilaporkan ke pihak BPJS TK dan juga dua anak dari peserta akan mendapatkan santunan pendidikan dengan jumlah maksimal 174 juta.

3. Jaminan hari tua

BPJS TK tak hanya memberikan asuransi kecelakaan kerja saja namun juga jaminan di hari tua para peserta. Jaminan hari tua ini diberikan kepada peserta dengan nilai akumulasi dari total iuran ditambah hasil pengembangan bunga deposito. Jaminan ini akan dibayarkan sekaligus apabila seorang peserta sudah berusia minimal 56 tahun.

asuransi kecelakaan kerja

4. Jaminan pensiun

Selainmendapatkan JHT, peserta BPJS ini juga mendapatkan jaminan pensiun dengan ketentuan peserta sudah membayar iuran selama 15 tahun atau setara dengan 180 bulan. Jaminna ini juga termasuk jaminan pensiun janda atau duda.Nilai jaminan yang diberikan adalah 40 % dari upah yang didapatkan.Jaminan ini diberikan secara berkala setiap bulannya.
BPJS TK memberikan manfaat yang lebih banyak dari pada BPJS kesehatan biasa.Dengan memiliki BPJS TK kita sudah mendapatkan jaminan perlindungan selama kita bekerja jadi kita tak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu ada hal yang tidak direncanakan.BPJS TK ini menjamin kehidupan yang sejahtera bagi setiap pesertanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *