Berkenalan dengan Omni Channel Solutions

Saat ini, anda dihadapkan dengan berbagai istilah seperti SEM, Facebook, social media marketing, SEO, dan masih banyak lagi. Diantara istilah tersebut, sudah ada istilah baru yang muncul di kalangan kids jaman now, yaitu Onmi Channel. Istilah ini nampaknya semakin populer untuk digunakan, sebab kegiatan menggunakan chanel ini dirasa lebih relevan. Sebelum menggunakannya, yuk kenali lebih lanjut mengenai apa itu Omni Channel Solution.

Mengenali Lebih Lanjut Mengenai Saluran Omni

1. Mengenal Apa Itu Chanel Omni

Chanel Omni merupakan sebuah model bisnis terbaru yang menggunakan lintas chanel, dimana perusahaan menggunakannya untuk meningkatkan kenyamanan serta kemudahan pelanggan. Bagi pelanggan dari perusahaan yang menggunakan chanel Omni, memungkinkan mereka untuk berbelanja melalui beberapa chanel, baik secara online maupun offline. Dengan menggunakan chanel ini, pelanggan akan diuntungkan oleh berbagai kelebihan yang ada.

Jika digambarkan, proses untuk membeli menggunakan Omni Channel Solution adalah sebagia berukut. Pertama, pelanggan mencari barang di website pada pagi hari, lalu pergi untuk bekerja. Pada siang harinya, pelanggan akan menggunakan aplikasi yang ada di smartphone. Pada malam harinya, pelanggan sudah bisa mengambil barang belanjaannya di toko fisiknya seusai pulang kerja. Bahkan pelanggan bisa mengembalikan produk secara online apabila barang kurang cocok.

2. Tips Memulai Pelaksanaan Menggunakan chanel Omni

Sebelum memulai menggunakan chanel satu ini, ada baiknya untuk mempelajari dan memahami costumer. Hal ini untuk melihat adanya kebiasaan berbelanja dari awal hingga akhir, bahkan termasuk kebiasaan berbelanja online dan offline. Dengan mempelajari setiap kegiatan berbelanja tersebut, anda mengetahui secara pasti apa yang dibutuhkan atau apa yang diinginkan constumer terhadap barang yang dibeli.

Omni Channel Solutions

Gunakanlah Omni Channel Solution yang dirasa pas dan sesuai dengan pilihan pelanggan sebagai user experience . Misalnya anda menyasar pelanggan yang berusia remaja, dimana para remaja ini lebih aktif menggunakan social media seperti instagram. Oleh karena itu, ada baiknya perusahaan membuat akun instagram untuk mempromosikan produknya. Hal ini dikarenakan bisnis harus menggunakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, anda perlu mengintegrasikan segala bentuk teknologi yang ada, mulai dari online dan offline. Kedua hal ini dirasa tidak bisa dipisahkan, agar pelanggan akan mendapatkan pengalaman dalam berbelanja yang tidak terputus putus, entah itu secara online maupun offline. Anda bisa memaksimalkan penggunaan secara online apabila pelanggan lebih aktif di sosial media dan begitu juga sebaliknya.

3. Cara Tepat Untuk Mengukur Pemasaran

Kunci sukses dalam kegiatan pemasaran adalah menerapkan stategi chanel Omni. Hal ini tidak dapat dipungkiri lagui, sebab banyak kemudahan yang bisa didapatkan ketika menggunakan chanel tersebut. untuk pengukurannya sendiri, anda harus menyesuaikannya terlebih dahulu dengan tujuan kegiatan pemasaran, misalnya untuk meningkatkan penjualan, improve costumer, costumer service, ataupun banyak lainnya.

Menggunakan berbagai chanel sekaligus, bukan berarti anda telah membuat strategi Omni Channel Solution secara efektif. Justru cara ini dirasa lebih membuang waktu yang cukup banyak dari pada hanya berfokus dengan satu atau dua chanel saja, namun tepat sesuai sasaran. Cara ini semakin marak dilakukan, lantaran adanya penetrasi internet dan penggunaan smartphone yang semakin meningkat, dan adanya akses layanan e commerce yang mendukung.

Pada saat ini, berbelanja secara online maupun offline sudah banyak diterapkan di marketplace, startup adtech, dan layanan e commerce di Indonesia. hal ini dikarenakan berbagai kemudahan yang ditawarkan, membuat pelanggan lebih menyukai menggunakan chanel tersebut. selain itu, perusahaan yang menggunakan chanel tersebut akan mengetahui secara pasti bagaimana konsumen mengetahui poduk yang dipasarkan hingga membeli produk tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *