Bir Beraroma Khas Asal Irlandia

Guinness merupakan bir jenis dry stout atau irish stout yang berasal dari Irlandia. Minuman ini terbuat dari bahan malt, air, barley, ragi dan hops. Jika diperhatikan dengan seksama, bir berwarna merah rubi yang gelap dan rasanya yang mirip dengan rasa kopi. Aroma unik yang terdapat pada bir berasal dari bahan-bahan yang digunakan selama pembuatan bir. Pada bagian atas bir sering ditemukan buih yang kental. Buih tersebut merupakan hasil campuran nitrogen dan bir melalui proses penuangan. Sejak tahun 1932, bir asal Irandia ini telah bekerjasama dengan sebuah perusahaan multinasional, Diageo.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan bir harus melalui proses yang panjang. Tahap pertama pembuatan bir adalah penggilingan. Barley yang mengandung kadar malt tinggi akan dimasukkan pada mesin penggiling. Barley nantinya akan hancur dan menghasilkan tepung yang kaya akan serat. Bulir barley yang telag digiling akan berubah menjadi grist. Selain penggilingan, dibawah ini merupakan proses pembuatan bir Guinness lainnya:

a.Penggerusan

Pada tahapan ini, grist yang dihasilkan dari proses penggilingan akan dicampurkan dengan air bersuhu tinggi. Setelah tercampur dengan sempurna, campuran air dan grist akan disaring dengan memanfaatkan penggerus baja.

Guinness bir Asal Irlandia

b.Pemisahan

Hasil gerusan grist akan dimasukkan ke dalam gentong pencampur. Alat berukuran besar ini berupa saringan raksasa yang digunakan untuk mengekstrasi air dan gula. Gentong pencampur juga dapat menyisakan bulir barley yang dikenal dengan wort.

c.Pendidihan

Pada proses pendidihan, bunga hops akan dicampurkan dengan wort yang telah mendidih.

d.Fermentasi

Merupakan minuman dengan kandungan alkohol, fermentasi merupakan proses yang wajib dilalui dalam pembuatan bir. Wort akan didinginkan dan dilanjutkan dengan mengalirkannya pada pendingin. Setelah itu dilanjutkan dengan peragian. Proses peragian inilah yang disebut dengan proses fermentasi.

e.Penyempurnaan

Ragi akan mengubah gula menjadi karbondioksida dan alkohol. Bir kemudian akan didiamkan beberapa waktu untuk proses penyempurnaan. Tahap pendiaman bir sangat penting dilakukan agar bahan-bahan pembuat bir dapat menghasilkan aroma dan rasa yang diinginkan.

f.Pengemasan

Untuk memberikan pilihan bir kepada masyarakat, produsen bir yang berasal dari Irlandia ini menawarkan tiga varian bir yang dijual ke banyak negara. Extra stout merupakan jenis bir yang pertama kali dikeluarkan oleh produsen. Draught dan foreign extra stout menjadi bir jenis kedua dan ketiga yang ditawarkan ke masyarakat dunia. Foreign extra stout memiliki rasa pahit dan manis. Dengan rasanya yang segar, jenis bir tersebut sangat digemari oleh masyarakat dunia. Bir ini juga sangat cocok bagi mereka yang baru pertama kali mencicipi minuman berakohol.

Guinness bir Asal Irlandia itu

Pembelian bir dapat dilakukan di tempat-tempat tertentu. Bir tidak dijual di tempat yang sembarangkan karena dapat merubah perilaku masyarakat akibat kemudahan dalam mendapatkan minuman berakohol ini.

Karena termasuk minuman berakohol, hanya orang-orang tertentu saja yang boleh mengkonsumsi minuman bir. Meskipun hadir dengan 0% alkohol, bir jenis ini tetap dilarang untuk dikonsumsi karena dinilai haram oleh sebagian orang. Mengkonsumsi bir tidak boleh berlebihan karena akan mengganggu kesehatan tubuh. Kita sebaiknya meminumnya dengan jumlah yang cukup dan tidak mengkonsumsinya setiap hari. Dengan banyaknya varian bir yang ditawarkan, masyarakat dunia berkesempatan untuk menikmati varian bir yang diinginkan. Masing-masing jenis bir memiliki rasa yang unik dan berbeda. Masyarakat dapat menentukan jenis bir yang akan dikonsumsi berdasarkan dengan rasa yang ditawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *