Efektif Turunkan Berat Badan, Berikut 4 Menu Diet Tanpa Nasi yang Bergizi

Berat badan yang berlebih menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan tentu jadi kurang nyaman serta percaya diri. Oleh karena itu, usaha untuk menurunkan berat badan jadi opsi yang perlu ditempuh agar tubuh tidak diserang berbagai penyakit. anda dapat melakukan diet dan diimbangi dengan olahraga agar hasil yang dicapai sesuai target. Menu diet tanpa nasi jadi pilihan banyak orang karena gizi tetap terpenuhi dan perut tidak lapar. Berikut menunya!

Pilihan Menu untuk Diet Tidak Makan Nasi

1. Diganti dengan Sereal

Salah satu sumber karbohidrat utama masyarakat Indonesia, yaitu nasi dengan lauk dan sayur yang komplit. Pola makan seperti ini sangat bergizi, tetapi kandungan glukosa dalam nasi cukup tinggi, sehingga menyebabkan asupan kalori harian meningkat. Anda dapat mengganti nasi dengan sereal sebagai sumber karbohidrat lain yang tetap seimbang. Bahan utama seral adalah tepung gandum yang mengandung karbohidrat tinggi dan cocok untuk anda.

menu diet tanpa nasi eropa makan

Sereal ini dapat anda pakai sebagai menu sarapan atau diet di pagi hari dengan paduan susu yang rendah lemak. Selain itu, pilihlah susu rendah gula agar asupan gula yang masuk ke dalam tubuh tidak terlalu tinggi. Nasi mengandung karbohidrat jenuh, sedangkan sereal memiliki gizi yang cukup kompleks tetapi tetap tinggi. Serat yang tinggi, zat besi, protein, dan vitamin B juga dapat anda peroleh sehingga menjadi asupan penting untuk anda yang sedang diet.

2. Diganti dengan Oatmeal

Menu satu ini tentu sudah tidak asing bagi orang yang sedang diet, karena tepung gandum juga bisa anda temui pada oatmeal. Beberapa penelitian telah menemukan fakta bahwa oatmeal lebih efektif untuk menurunkan berat badan daripada sereal. Efek yang ditimbulkan adalah rasa kenyang tahan lama di perut, sehingga nafsu makan berkurang. Hal ini disebabkan oleh adanya serat beta glucan yang lebih berat dan konsentrasi tinggi di dalam oatmeal.

3. Diganti dengan Kentang Panggang

Karbohidrat jenuh yang ada di dalam nasi sering kali menjadi permasalahan anda yang memiliki berat badan berlebih. Oleh karena itu, harus diganti dengan sumber karbohidrat lain yang lebih ringan, seperti kentang. Banyak yang sudah mengetahui kandungan baik dari kentang ini, tetapi belum mengetahui cara mengolah yang tepat sebagai menu diet. Kentang dapat anda oleh jadi berbagai hidangan diet yang tetap nikmat, salah satunya kentang panggang.

menu diet tanpa nasi kentang panggang

Dengan memanggangnya, anda tidak akan mengkonsumsi minyak atau lemak berlebih dari penggunaan minyak goreng. Kandungan gizi di dalam kentang juga sangat banyak, yaitu kalium, serat tinggi, dan vitamin B. Ketiga kandungan tersebut dapat membantu kinerja metabolisme di dalam tubuh menjadi lebih baik. Pastikan anda memasaknya dengan benar dan tidak terlalu matang, agar gizi yang dikandung kentang tidak berubah.

4. Diganti dengan Roti

Menu diet tanpa nasi dapat anda ganti dengan bahan makanan yang mengandung gandum. Roti gandum cokelat menjadi pilihan yang sangat baik untuk mengurangi berat badan. Roti dengan bahan ini memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga tidak mudah lapar. Selain itu, kandungan di dalamnya antara lain vitamin B dan mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Roti tawar putih dapat anda pilih sebagai menu sarapan, meskipun serat tidak terlalu tinggi.

Orang yang obesitas sering kali menjadi tidak percaya diri dan kurang leluasa dalam bergerak. Oleh karena itu, harus mulai mengurangi berat badan dengan cara diet dan olahraga. Menu yang dapat anda pilih sebagai menu harian diet, yaitu mengganti nasi dengan karbohidrat lain. Terdapat empat pilihan untuk anda, antara lain sereal, oatmeal, roti, dan kentang panggang. Keempatnya memiliki serat tinggi, sehingga dapat membuat anda kenyang lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *