Gaya Hidup yang Dianjurkan Untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Bagi Anda yang memiliki riwayat kesehatan dengan tekanan darah tinggi, untuk mencegah tekanan darah tinggi kambuh maka gaya hidup sehat perlu diterapkan dalam keseharian Anda. Lantas seperti apa sih gaya hidup sehat yang dianjurkan untuk mencegah tekanan darah mengalami kenaikan yang signifikan?

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahasnya untuk Anda tentang beberapa cara yang bisa diterapkan dalam mencegah tekanan darah naik bagi penderita tekanan darah tinggi. Berikut untuk Anda informasi yang perlu Anda simak!

Gaya Hidup Untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Kurangi asupan garam

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah tekanan darah tinggi adalah dengan mengurangi makanan yang terlalu asin dan mengandung banyak garam didalamnya. Dengan mengurangi makanan yang mengandung garam atau zat natrium dapat membantu menjaga agar tekanan darah Anda tetap dalam kondisi normal. Anda harus tahu bahwa semakin tinggi asupan garam Anda maka akan semakin tinggi juga tekanan darahnya.

mencegah tekanan darah tinggi

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Selanjutnya yang perlu Anda perhatikan juga adalah mengenai makanan yang Anda konsumsi. Perbanyak asupan sayur dan buah. Seperti yang selama ini diketahui bahwa ada beberapa jenis buah yang sangat ampuh membantu mengontrol tekanan darah diantaranya seperti buah berry, buah jambu, buah naga, buah pisang, buah delima, buah kiwi, buah persik dan juga buah alpukat.

Sementara untuk jenis sayuran yang perlu Anda konsumsi salah satunya adalah seledri. Seledri ini didalamnya mengandung senyawa yang dapat mengontrol tekanan darah Anda dan juga membantu keseimbangan air di dalam tubuh.
Jika Anda kurang suka dengan cita rasa seledri ketika dikonsumsi secara langsung, Anda bisa menambahkan seledri ke dalam makanan yang Anda konsumsi. Dengan kandungan phtalides dan antikoagulan didalamnya juga sangat berpotensi dalam membantu mengurangi resiko terjadinya pembekuan darah dan stroke.
Jaga berat badan ideal Anda

Menjaga berat badan tidak hanya dapat memperbaiki penampilan melainkan juga akan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan berat badan menjadi salah satu aspek penting yang berkaitan dengan pencegahan hipertensi.

mencegah tekanan darah tinggi pencegahan hipertensi

Satu hal yang Anda harus tahu bahwa faktanya, orang dengan kelebihan berat badan berpotensi mengalami hipertensi lebih besar dibandingkan orang dengan berat badan normal. Karena itu menjaga berat badan tetap stabil adalah PR yang harus diselesaikan utamanya bagi Anda yang memiliki riwayat hipertensi dalam keluarga Anda.
Lakukan olahraga secara rutin

Untuk mencegah tubuh Anda mengalami hipertensi, olahraga perlu Anda lakukan. Semakin sering olahraga Anda lakukan maka semakin rendah potensi Anda terserang hipertensi. Anda bisa menjalankan olahraga minimal 10 menit saja setiap hari dan dapatkan manfaat kesehatan untuk tubuh Anda.

Jangan lupa istirahat

Hal yang seringkali tidak disadari banyak orang bahwa kurang tidur dapat mengakibatkan tubuh menjadi stress. Nah, satu hal yang perlu Anda tahu bahwa hormon stress tersebut memiliki efek meningkatkan tekanan darah, meningkatkan produksi insulin dalam tubuh dan memproduksi kolesterol sampai asam lambung. Karena itu pastikan Anda mencukupi kebutuhan istirahat dan jangan bekerja secara terforsir hingga melupakan pentingnya olahraga.

Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi perlu memastikan juga tekanan darah Anda setiap saat minimal 2 atau 3 hari sekali. Jadi cek tekanan darah Anda secara berkala, jangan sampai lupa untuk melakukan pengecekannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *