Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Asuransi Properti All Risk

Sangat memilukan dan menyedihkan tentunya, ketika perusahaan yang susah payah kamu bangun setelah bertahun-tahun lenyap karena sebuah musibah. Bencana alam, kebakaran, dan lain-lain adalah hal yang dapat menyebabkan semuanya hilang dalam sekejap. Oleh karena itu, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk Asuransi Properti All Risk atau PAR. Berikut hal-hal yang harus kamu ketahui tentang Produk asuransi yang menanggung semua risiko properti / industri.

Pengetahuan Tentang Produk Asuransi PAR

Property All Risk atau Indsutrial All risknadalah asuransi yang menjamin semua resiko kerugian di bidang properti dan industri. Seperti kerugian harta benda atau aset yang dijamin, sampai kehilangan keuntungan perusahaan. Meskipun judulnya menanggung semua resiko kerugian, ada beberapa risiko yang tidak tercover yang sudah diatur dalam polis.

Didalam perjanjian atau polis asuransi ini, tidak secara jelas dan spesifik disebutkan risiko-risiko kerugian apa saja yang dijamin. Hanya exclusion (pengecualian) resiko yang dijamin. Dengan kata lain, Polis dari asuransi risk atau Industrial all risk menjamin semua resiko kerugian. Selama resiko tersebut tidak termasuk dalam pengecualian sehingga polis asuransi ini juga dinamakan “Unnamed Perils” Policy atau kebijakan yang perilsnya tidak disebutkan.

Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Asuransi Properti All Risk ini

Selain All Risk juga ada Named Perils Policy, yaitu perils atau risiko yang dijamin disebutkan dengan jelas dan spesifik dalam sebuah polis asuransi. Dimana pengecualian polis untuk named perils disebutkan dalam satu sesi sendiri. Sedangkan untu All Risk, dibagi menjadi 2 yaitu pengecualian umum dan pengecualian khusus.

Obyek Yang Dapat Diasuransikan

Obyek dari asuransi properti yang menanggung semua resiko adalah harta benda berupa bangunan, mesin, barang dagangan atau stok perusahaan, isi perusahaan, perabotan dan perlengkapan bangunan lainnya. Termasuk aset-aset berharga perusahaan yang dijamin, serta kerugian bisnis yang diakibatkan oleh kerusakan obyek yang barusan dijelaskan.

Risiko Yang Dijamin oleh Property All Risk

Risiko yang dijamin dalam Properti atau industrial all risk ini sama seperti asuransi kebakaran, namun tambahan risiko yang dijamin diperluas dan diperbanyak. Risiko-risiko yang dijamin tersebut adalah bencana alam seperti angin topan, badai, banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan lain-lain.

Selain itu juga musibah seperti kebakaran, Ledakan, Kejatuhan Pesawat, dan hal lain yang tak terduga. Serta kerugian yang diakibatkan karena adanya kerusuhan dan pemogokan dari pihak internal maupun eksternal seperti demo, perbuatan jahat, tertabrak kendaraan bermortor, dan kejadian lainnya.

Risiko Yang Tidak Dijamin

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, asuransi properti all risk pengecualian risikonya dibagi biasanya dibagi menjadi 2 yaitu pengecualian umu dan khusus. risiko yang tidak dijamin disini yaitu adalah kejadian yang diakibatkan secara sengaja oleh pemilik aset perusahaan, lalu hal-hal yang identic dengan peperangan seperti penyerbuan, aksi dari Negara asing yang menyerupai suasana perang.

Selain peperangan, kerugian yang diakibatkan oleh radiasi nuklir dan pencemaran nuklir tidak dijamin disini. Lalu hal-hal yang diakibatkan oleh ketidak jujuran, kekacauan elektrik, kerusakan akibat penggunaan secara terus menerus, dan lain lain.

Penjelasan mengenai property atau industrial all risk ini bisa menambah wawasan kamu tentang langkah yang harus kamu ambil ketika memiliki sebuah perusahaan. Tetapi alangkah lebih baik lagi kalau kita tidak mengandalkan jasa asuransi karena perhitungan yang kurang wajar meskipun menguntungkan disaat kepepet. Tetapi lebih baik menabung dan melakukan investasi denngan membeli saham perusahaan kecil yang bisa menjadi aset kembali yang bagus bagi perusahaan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *