Hukum Bitcoin dalam Pandangan Islam

Memasuki era serba digital dan canggih, berbagai aktifitas manusia terasa lebih mudah dilakukan dibandingkan sebelumnya tidak terkecuali di bidang transaksi jual beli sekalipun. Bahkan kini sudah muncul mata uang digital (Bitcoin), yang berhasil menarik perhatian untuk dikupas dalam segi pandangan Islam. Untuk mengenalnya lebih dalam mengenai apa itu Bitcon hingga mengetahui cara trading bitcoin, silahkan simak ulasan berikut

Mengenal Bitcoin dari Sudur Pandangan Islam

Bitcon merupakan satu dari sekian banyak beberaa mata uang digital lainnya yang sudah diperkenalkan Satoshi Nakamoto sejak tahun 2009 lalu. Awal mulanya Bitcoin dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan serta permintaan, sekaligus sebagai pembayaran yang memanfaatkan teknologi peer to peer serta open source. Berkat teknologi canggihnya, setiap transaksi otomatis tersimpan di dalam database jaringan milik Bitcoin.

cara trading bitcoin dalam islam

Kemunculan fenomena baru di bidang perekonomian ini berhasil mengguncangkan dunia. Masyarakat pun mulai bertanya tanya apakah Bitcoin sebenarnya sudah memenuhi hukum Islam ataukah tidak. Tidak mudah untuk menjawabnya, pasalnya banyak sekali aturan yang berlaku untuk memastikan apakah mata uang digital tersebut memenuhi persyaratan hukum Islam. Belum lagi perbedaan pandangan dari beberapa orang, membuat pertanyaan ini begitu sensitif diangkat.

Dikatakan pembahasan cukup sensitif, pasalnya sebagian ulama telah menyatakan jika Bitcoin sudah kompatibel sebagai keuangan Islam namun tidak dengan fatwa ulama Mesir yang berpendapat kebalikannya. Alhasil masyarakat semakin bingung untuk menentukan apakah Bitcoin ini benar halal atau justru sebaliknya. Dari pernyataan sebelumnya, bisa disimpulkan bahwa halal tidaknya Bitcoin adalah tergantung.

Tidak ada jawaban pasti terhadap pertanyaan tersebut, mengingat Bitcoin bukanlah sekedar mata uang semata. Namun Bitcoin juga bisa difungsikan sebagai jaringan transaksi serta pembayaran dalam satu waktu. Bahkan menurut informasi yang berhasil didapatkan, mata uang digital ini masuk dalam kategori teknologi yang menggunakan aplikasi. Sedangkan di Jerman, mata uang ini dianggap memenuhi persyaratan sebagai uang sesuai dengan hukum Islam.

Cara Mudah Melakukan Trading Bitcoin

Penasaran bagaimana cara trading bitcoin ? Untuk bisa melakukannya, setidaknya Anda perlu memiliki Bitcoin terlebih dahulu. Sedangkan Bitcoin sendiri bisa didapatkan dengan membeli dari bursa maupun exchange aset kripto. Bahkan kini exchange aset kripto banyak ditemukan di Indonesia, sehingga Anda hanya perlu menentukan platform yang tepat dengan menyesuaikan dengan keinginan. Pastikan untuk tidak tergesa gesa untuk dapatkan keuntungan berlipat.

Pandangan Islam cara trading bitcoin

Anda juga bisa mendapatkan Bitcoin yang diinginkan hanya dengan menggunakan platform ShapeShift. Dimana ShapeShift sendiri merupakan sebuah perusahaan yang menawarkan perdagangan global melalui platform seluler maupun web. Menghadirkan sejumlah keuntungan, pasalnya Anda bisa mendapatkan sekitar 100 token FOX secara gratis. Cukup dengan hold token FOX, penggunanya bisa melakukan trading tanpa dikenakan biaya sedikitpun.

Hal yang tidak kalah penting dilakukan sebelum membeli Bitcoin yaitu melakukan deposit rupiah, dengan memilih metode pembayaran yang diinginkan. Langkah selanjutnya, Anda bisa membeli Bitcoin secara instan atau limit. Usai memiliki akun bursanya, Anda bisa memilih koin yang sekiranya cocok untuk mendapatkan trading Bitcoinnya. Setelah mengetahui cara melakukannya, silahkan coba terlebih dahulu dan dapatkan profitnya sebesar mungkin.

Bitcoin merupakan mata uang digital yang berhasil mencuri perhatian dunia di tahun 2019 lalu. Sejak itu pula, muncullah berbagai sudut pandang berbeda yang memunculkan pro dan kontra terkait penggunaan Bitcoin selama beberapa waktu. Bahkan kemunculan fenomena baru dalam bidang perekonomian ini, disebut sebagai kajian menarik yang wajib dipahami. Sebab halal atau tidaknya tergantung dari sang pemilik Bitcoin itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *