Ide Bisnis Rumahan Murah, Tanpa Rugi, dan Kekinian

Pandemi Covid19 menyebabkan orang harus bisa memutar otak untuk bertahan hidup. Jika anda seorang ibu rumah tangga, pelajar, atau mahasiswa yang sedang mencari ide kreatif untuk bisnis rumahan, simak terus artikel ini. Di sini, akan dibahas beberapa ide kreatif dan tips untuk memulai bisnis berkonsep rumahan. Tentu saja, modal yang anda butuhkan tidaklah besar. Mulailah mencari ide dari beberapa barang yang memang setiap rumah membutuhkannya. Berikut adalah beberapa ide yang bisa anda jalankan menjadi bisnis dengan konsep rumahan.

1.Bawang Goreng

Semua orang pasti tahu bawang goreng. Hampir setiap rumah di Indonesia pasti punya olahan bawang goreng. Faktanya, bawang goreng memang bisa menjadi teman makan yang enak. Bisa ditaburkan di atas sayuran hangat atau bisa juga dimakan langsung bersama nasi. Rasanya yang krispi dan aroma khas bawang merah membuat barang goreng disukai hampir semua orang. Jika anda bisa mengolah bawang goreng dengan benar, anda bisa menjadikannya bisnis berkonsep rumahan.

bisnis rumahan bawang goreng

Anda hanya perlu memerlukan bawang merah, garam, tepung beras, dan wadah. Pertama-tama potong bawang merah secara tipis-tipis dengan bentuk memanjang. Setelah itu, cuci bersih dan rendam dalam air garam yang sudah dicampur tepung beras selama 10 sampai 20 menit. Jika sudah, siapkan minyak panas. Pastikan minyaknya harus panas, karena jika tidak panas bawang goreng akan mudah layu. Goreng bawang sampai berwarna keemasan, lalu tiriskan. Satu cup bawang goreng bisa dijual dengan harga 10.000 rupiah. Anda juga bisa menambahkan variasi rasa seperti yang terdapat pada bawang goreng kekinian. Variasi rasa tersebut ada original, pedas, dan daun jeruk. Bagaimana cara membuatnya? Prosesnya sama saja, hanya diakhir jika variasi pedas anda bisa tambahkan bubuk atau irisan cabai, begitu juga dengan daun jeruk.

2.Olahan Sambal

Ide bisnis dengan konsep rumahan berikutnya adalah olahan sambal. Seperti yang anda ketahui, orang Indonesia suka dengan makanan pedas. Tidak heran jika di setiap rumah pasti tersedia sambal. Anda bisa melihat hal ini sebagai kesempatan bisnis. Cara pembuatannya cukup mudah, anda hanya perlu cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan campuran sambal. Yang pertama harus anda lakukan adalah menggoreng semua cabai, bawang merah, dan bawang putih. Setelah itu haluskan dan tambahkan garam, gula, dan penyedap. Jika sudah tercampur rata, goreng sambal tadi dengan sedikit minya. Disinilah kuncinya, jika anda ingin membuat sambal teri, tambahkan teri sembari menggoreng. Begitu juga dengan cumi, udang, pete, dan lain-lain. Sangat mudah bukan? Satu toples olahan sambal dengan isi 50 gram rata-rata dijual 25.000 sampai 50.000 ribu rupiah. Tentu saja hal ini cukup menguntungkan.

bisnis rumahan olahan sambal sambal2

Sekarang, anda sudah memiliki ide bisnis rumahan. Mungkin beberapa dari anda takut jualan anda tidak laku. Tidak perlu khawatir karena anda bisa mulai dengan sistem Pre Order atau PO. Dengan begitu, anda tidak usah khawatir lantaran barang tidak laku dan rugi. Dengan sistem PO, anda bisa menyiapkan barang ketika ada orang yang hendak beli saja. Mulailah sistem PO dari kalangan keluarga terlebih dahulu. Atau anda juga memposting di status Whatsapp, grup RT, RW, dan lain-lain. Dengan cara ini, anda tidak perlu kehilangan modal untuk iklan sekaligus mengenalkan produk anda pada masyarakat sekitar. Jika produk anda sudah terkenal, sewaktu-waktu ada orang yang bertanya masyarakat sekitar bisa langsung merekomendasikan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *