Inilah Variable-variable untuk meningkatkan kepuasan Pelanggan

Advanced analytics adalah hal yang penting untuk dilakukan perusahaan. Ini dikarenakan Kepuasan konsumen adalah hal penting bagi para pelaku bisnis. Konsumen yang memiliki tingkat kepuasan tinggi akan loyal dalam produk yang dipasarkan oleh perusahaan atau bisnis Anda. kepuasan konsumen akan membawa dampak positif pada kelangsungan bisnis Anda oleh sebab itu penting untuk meperhatiakan variable-variabel yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Variabel yang Dapat Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

1.    Kualitas Produk

Kualitas produk adalah variabel terpenting yang dapat membawa kepuasan bagi pelanggan. Pelanggan akan merasa puas jika produk yang ia beli memiliki kegunaan dan fungsi yang baik. Kualitas menjadi kunci penting kepuasan pelanggan. Peningkatan kualitas adalah hal yang wajib bagi Anda yang tengah bergelut dalam bidang bisnis. Kualitas yang baik tidak akan membuat pelanggan merasa kecewa. Anda bisa meningkatkan kualitas dari segi fungsi dan kegunaan maupun daya tahan produk yang Anda jual.

Anda tentu melihat banyak produk dengan kegunaan yang sama namun kualitas yang diberikan pasti berbeda. Jadilah perusahaan dengan produk terbaik yang memiliki kualitas tinggi sehingga pelanggan enggan berpaling dan tetap loyal pada produk yang Anda jual.

Inilah Variable-variable untuk meningkatkan kepuasan Pelanggan

2.    Pelayanan

Variabel lain yang juga mempengaruhi tingkat kepuasan adalah pelayanan. Bagi Anda yang memiliki perusahaan pada bidang jasa, pelayanan adalah hal terpenting bagi Anda. berikan pelayanan terbaik sehingga konsumen atau pelanggan tidak menyesal karena telah menggunakan jasa Anda. pelayanan memegang peran penting dalam meningkatkan kepuasan. Sikap ramah adalah sikap wajib yang harus dimiliki bagi para perusahaan di bidang jasa. 

3.    Harga

Variabel lain yang juga mempengaruhi terhadap kepuasan pelanggan adalah harga. Orang senang dengan harga yang terjangkau dibanding dengan harga yang mahal. Sebelum memutuskan akan membeli sebuah produk biasanya para pelanggan akan membandingkan harga terlebih dahulu. karena harga adalah faktor yang penting bukan berarti Anda memasang harga yang tidak wajar atau terlalu murah karena akan merugikan Anda. pasanglah harga sewajar mungkin. Pada Dasarnya pelanggan tidak akan mengeluhkan harga jika kualitas dari produk Anda sesuai dengan harga yang Anda berikan. Harga murah dengan kualitas yang baik memang selalu membawa kepuasan bagi pelanggan.  Namun, jika Anda memasang harga murah saat kualitas produk Anda buruk pelanggan juga akan berpaling. Jadi pastikan harga dan kualitas seimbang.

4.    Kemudahan

Variabel lain yang juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan adalah kemudahan. Pelanggan yang sulit mendapatkan produk atau jasa Anda cenderung tidak akan puas. Jangan memperumit transaksi sehingga tidak akan menimbulkan keluhan dari pelanggan. Semakin mudah pelanggan mendapatkan produk Anda maka pelanggan akan semakin puas. Anda bisa memanfaat teknologi untuk memudahkan pelanggan mendapatkan produk Anda. 

5.    Pengalaman Pribadi

Pengalaman adalah hal yang penting bagi pelanggan saat memberikan kepuasan. Produk dengan kualitas yang baik serta memiliki banyak keunggulan dibanding pesaing akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para pembeli. Pembeli yang memiliki pengalaman menyenangkan saat menggunakan produk atau jasa Anda akan kembali untuk menggunakannya. Tingkat kepuasan mereka yang tinggi membuatnya enggan untuk menggunakan produk lain. Teruslah berinovasi supaya Anda bisa memberikan pengalaman baru bagi para pelanggan Anda. 

6.    Iklan

Iklan bukan hanya dapat menarik orang untuk menggunakan produk atau jasa Anda tapi juga akan mempengaruhi kepuasan nya. Iklan yang baik dan menarik akan memunculkan persepsi positif bagi pelanggan bahkan sebelum menggunakan produk atau jasa Anda. Anda bisa menggunakan advanced analytics untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *