Jadi Rempah-Rempah Termahal, Yuk Intip Kegunaan Saffron di Era Pandemi

Safron di masa pandemi seperti ini sedang naik daun. Karena semakin banyak yang menggunakannya untuk dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Saking banyak dan besar manfaat yang dihasilkan oleh salah satu jenis rempah-rempah ini, hal tersebut menyebabkan harganya menjadi mahal. Harga rempah ini di pasaran dunia bisa mencapai 5.000 dollar AS per 450 gram. Berikut akan diulas kegunaan dari saffron di masa pandemi seperti ini.

Kegunaan Saffron di Era Pandemi

1. Melawan Radikal Bebas

Dalam sejumlah studi telah menyebutkan bahwa saffron memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Beberapa jenis antioksidan yang terkandung di dalamnya adalah crocin, picrocrocin, safranal, senyawa kaempferol, dan crocetin. Antioksidan tersebut dapat membantu melawan stres oksidatif dan radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Seperti diketahui, stres oksidatif dan radikal bebas ini menjadi biang masalah kesehatan, yaitu kanker dan penyakit jantung.

Rempah-Rempah Termahal Ini Dia Manfaat Sehat Mengonsumsi Safron

Dalam sebuah penelitian, manfaat saffron dan senyawanya ini terbukti dapat membunuh sel kanker pada usus besar secara selektif dengan cara menekan pertumbuhannya tanpa mempengaruhi sel normal lainnya. Efek ini tak hanya berlaku pada sel kanker yang berada di usus besar saja, tetapi juga pada sel kanker yang ada pada kulit, sumsum tulang, prostat, paru-paru, payudara, serviks, dan beberapa bagian tubuh lainnya.

2. Mencegah Gangguan Sistem Saraf

Antioksidan dalam saffron dapat berperan dalam melindungi tubuh dari gangguan pada sistem saraf. Dalam penelitian pada tahun 2015 yang lalu telah mencatat bahwa senyawa crocin dalam saffron dapat mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif di otak. Sedangkan di studi lain yang dipublikasikan di Journal Antioxidants menyebutkan bahwa saffron dapat meringankan gejala alzheimer karena bisa menambah daya ingat sekaligus mengatasi peradangan di otak.

Dari hasil penelitian, menyatakan bahwa penderita alzheimer ringan hingga sedang yang menggunakan saffron selama 22 minggu memiliki peningkatan kognitif seperti penderita yang mengonsumsi obat donepezil. Meski demikian, penelitian satu ini baru melalui tahap awal dan membutuhkan uji klinis untuk mendukung penggunaan saffron sebagai obat alternatif gangguan sistem saraf.

3. Meningkatkan Libido

Saffron juga bisa disebut dapat meningkatkan gairah bercinta pada pria dan wanita. Menurut para ahli, bahwa rempah satu ini memiliki efek positif untuk mengatasi disfungsi dan masalah dorongan untuk bercinta secara keseluruhan. Studi lain juga telah membuktikan bahwa saffron bermanfaat bagi wanita yang mengalami disfungsi seksual karena efek samping obat antidepresan.

Rempah-Rempah Termahal

4. Mengurangi Ketidaknyamanan Menjelang Haid

Premenstrual syndrome atau PMS terjadi saat wanita sedang mengalami menstruasi. Sindrom tersebut dapat menyebabkan beragam gejala yang tidak nyaman, mulai dari mood-swing hingga ketidaknyamanan pada fisik juga. Sebagian wanita merasakan gejala yang bahkan lebih parah. Bagi para wanita yang ingin meredakan PMS ini tapi tidak mau mengandalkan obat-obatan, maka saffron bisa menjadi alternatifnya.

Menurut penelitian yang terdapat di International Journal of Obstetrics & Gynecologi menyebutkan bahwa wanita berusia antara 20 sampai 45 tahun yang mengonsumsi 15 miligram rempah-rempah ini dua kali sehari maka gejala sindrom pramenstruasinya akan lebih ringan. Selain itu, wanita yang hanya mencium aroma saffron selama 20 menit akan memiliki kadar hormon stres kortisol lebih rendah.

Dengan berbagai kegunaannya tersebut, tidak mengherankan bahwa rempah satu ini sangat mahal di pasaran. Kandungan antioksidan yang di dalamnya juga dipercaya bisa menangkal berbagai virus yang akan masuk ke dalam tubuh seperti virus corona yang sedang mewabah ini. Oleh sebab itu, saat ini banyak masyarakat yang sedang mencari berbagai bahan alami untuk bisa mengatasi dan mencegah tertularnya virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *