Jangan Sembarangan, Berikut Cara Memanaskan Motor Matic yang Benar

Mungkin sebagian dari anda belum tahu setelah didiamkan selama beberapa jam mesin motor matic kemasukkan udara. Maka dari itu, hendaknya sebelum digunakan mesin motor dipanaskan terlebih dahulu. Kebanyakan orang tidak tahu dan langsung menggunakan mesin di pagi harinya. Padahal, semalaman mesin motor tersebut didiamkan. Cara memanaskan motor matic tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada langkah-langkah yang harus anda ikuti. Jika dilakukan dengan sembarangan, alih-alih mesin motor panas anda bisa merusak mesin perlahan-lahan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memanaskan motor anda.
1.Durasi Memanaskan Mesin
Kebanyakan orang salah kaprah mengenai durasi memanaskan mesin. Mereka beranggapan bahwa semakin lama durasi memanaskan mesin, semakin baik pula hasilnya. Padahal tujuan dari memanaskan mesin adalah supaya seluruh bagian atau komponen air terkena oli dengan baik. Jika mesin sudah panas hal tersebut pertanda bahwa motor sudah siap untuk running atau berjalan. Durasi ideal memanaskan motor matic hanya 1 menit saja. Lebih dari itu anda hanya membuang-buang bensin dan tidak berpengaruh membuat mesin lebih baik seperti stigma yang selama ini beredar di masyarakat.
2.Teknik Memanaskan Mesin
Anda pasti sering melihat saat memanaskan mesin kebanyakan orang menggeber-geberkan gas. Padahal hal itu tidak perlu. Kembali lagi ke tujuan utama mesin motor dipanaskan adalah supaya mesin motor yang sudah didiamkan selama berjam-jam dan dingin tidak kaget ketika harus dipacu. Menggeber-geberkan sama sekali tidak berpengaruh untuk membuat mesin lebih siap dijalankan. Untuk motor matic, cukup starter saja dan diamkan selama 1 menit. Anda bahkan tidak harus menstandar dua motor, memanaskan mesin motor matic bisa dilakukan sambil dinaiki. Lain cerita jika motor tidak digunakan dalam hitungan hari. Anda perlu menstandar dua dan mungkin menarik tuas gas supaya mesin tidak mati saat awalawal dihidupkan.
3.Pilihan Starter
Seperti yang kita ketahui, ada dua pilihan starter di motor matic. Yang pertama adalah starter elektrik. Biasanya terdapat di bagian kanan stang dekat dengan tuas gas. Yang kedua adalah starter engkol. Jika kondisi motor tidak dipakai dalam beberapa jam saja, misal semalaman didiamkan, anda bisa menggunakan starter elektrik untuk memanaskan mesin. Namun, jika motor sudah tidak dipakai lebih dari satu hari, anda sebaiknya menggunakan starter engkol. Standar dua motor matic anda, pastikan kontak kunci dalam keadaan off, lalu engkol motor beberapa kali. Hal ini bertujuan agar oli mesin naik terlebih dahulu. Jika anda langsung menggunakan starter elektrik, kebanyakan motor tidak langsung menyala. Cara ini digunakan supaya ketika oli motor sudah naik, anda bisa memencet starter elektrik dan motor bisa lebih mudah menyala.
Ternyata memanaskan mesin motor matic juga ada langkah-langkah yang harus diikuti. Kebanyakan orang tidak tahu dan tidak mengikuti langkah-langkah. Padahal dengan mengikuti langkah-langkah tersebut anda juga ikut menjaga serta merawat mesin motor. Sedikit tips supaya anda tidak perlu menggunakan engkol motor matic, anda bisa memanasinya setiap hari meskipun tidak digunakan. Cukup panaskan mesin selama 1 menit lalu matikan lagi. Atau jika anda senggang, anda bisa berpergian dengan motor yang jarang dipakai. Misal ketika harus ke warung, pakai motor yang jarang dipakai. Mesin motor yang rutin digunakan juga lebih awet dari pada mesin yang jarang digunakan. Semoga pembahasan tentang cara memanaskan motor matic di atas cukup jelas. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *