Juga Terimbas Pandemi, Yuk Intip Negara Yang Dinilai Sukses Kendalikan Virus Covid

Virus Corona telah merebak ke berbagai belahan daerah di Dunia. Menurut dara dari John Hopkins, sudah ada 185 teritorial yang melaporkan kasus infeksi virus satu ini. Pandemi ini juga masih menyerang Indonesia beserta teritorial lainnya hingga kini. Diprediksi akan terus berlanjut sebelum akhirnya ditemukan obat khusus atau vaksin. Namun ternyata ada beberapa negara atau teritorial yang sukses dalam kendalikan Virus Corona 19. Berikut ulasannya.

Tetitorial di Dunia Yang Berhasil Kendalikan Virus Corona

1. Selandia Baru

Pemerintah Selandia Baru agresif dalam mengambil kebijakan untuk menghentikan penyebaran virus corona. Memiliki penduduk sekitar 5 juta orang, pemerintah mengambil strategi untuk eliminasi penyakit bukan melakukan mitigasi. Dimana dilansir dari The Guardian, strategi eliminasi ini sangat berbeda dengan mitigasi. Jika menggunakan sistem mitigasi, umumnya hanya untuk melandaikan kurva saja.

negara pengendali corona

Sementara untuk eliminasi, pemerintah menerapkan intervensi lebih kuat di awal agar transmisi penyakit bisa dihentikan. Selandia Baru juga memberlakukan lockdown secara penuh, melakukan isolasi mandiri hingga melarang orang asing di mulai 20 Maret 2020. Dan strategi tersebut rupanya berhasil dan membuat Selandia Baru mendapatkan banyak pujian secara Internasional. Pemerintah juga secara aktif menelusuri penyebab adanya kasus baru yang terjadi dan bisa dikendalikan.

2. Vietnam

Vietnam dinilai sebagai teritorial yang juga berhasil menangani penyebaran virus corona. Kunci suksesnya adalah responnya yang cepat serta kontrol pemerintah yang begitu cekatan. Menjadikan Vietnam sukses dalam meredam penyebaran virus mematikan ini. Sampai akhirnya Vietnam melaporkan sudah tidak ada kasus kematian yang disebabkan oleh Covid 19. Vietnam dilaporkan melakukan beberapa langkah agar penyebarannya terhenti.

Mulai dari menurut penerbangan menuju dan dari China pasca libur tahun baru saat itu. Dua minggu setelahnya, dilakukanlah karantina untuk Provinsi Vinch Phuc. Apalagi setelah banyak pekerja migran yang kembali dari Wuhan. Langkah lainnya berupa menghentikan semua penerbangan internasional dan juga memberlakukan kebijakan karantina 14 hari. Sebagai antisipasi, negara satu ini juga menyediakan bilik disinfektan sekaligus mematuhi protokol kesehatan.

3. Korea Selatan

Berbeda lagi dengan Korea Selatan yang melakukan pemutusan rantai virus dengan, melakukan tes besar besaran secara agresif. Teritorial di bawah pimpinan Moon Jae In memang menyediakan tempat pengetesan covid secara gratis di tempat umum. Pemerintah juga melakukan pelacakkan pada transaksi debit kredit, hingga data komunikasi dari ponsel. Warga asing juga diwajibkan melakukan tes corona dan di karantina selama 14 hari.

negara pengendali covid 19

Negeri ginseng memang telah belajar banyak dari wabah Mers di tahun 2015 lalu. Sehingga kini sudah mampu untuk meningkatkan sistem kesehatan yang dimilikinya. Alat alat canggih berhasil diproduksi dengan begitu cepat. Yang mana dalam sehari mereka berhasil melakukan tes covid pada 15 ribu penduduk. Hingga kini Korea Selatan masih tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat agar tak terjadi gelombang susulan.

4. Taiwan

Taiwan menjadi teritorial selanjutnya yang juga berhasil mengendalikan kasus virus corona. Memiliki jarak yang hanya sekitar 161 km dari Tiongkok, membuat Taiwan sudah memiliki kasus pertama di 21 Januari. Dengan mencuatnya kabar tersebut, Pemerintah langsung mengambil langkah cepat dan melakukan inspeksi kepada mereka yang baru datang dari Wuhan. Pemerintah juga melakukan karantina, sistem pelacakan hingga produksi alat kesehatan.

Dengan melihat beberapa negara yang telah berhasil mengendalikan Covid, kita bisa mengambil beberapa pelajaran. Meskipun untuk meraih kesuksesan harus disesuaikan dengan banyak faktor yang menyertainya. Selama kerjasama antara pemerintah dan penduduk berjalan, kemungkinan besar untuk bangkit melawan Covid 19 bisa terjadi. Tetaplah patuh pada protokol kesehatan hingga akhirnya virus ini musnah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *