Kaya Manfaat, Yuk Intip 5 Sayuran Tinggi Serat yang Baik untuk Kesehatan

Serat merupakan salah satu zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Selain itu, serat juga dapat membantu menurunkan berat badan yang berlebih. Kekurangan konsumsi makanan berserat bisa menyebabkan kesulitan buang air besar. Salah satu bahan makanan yang mengandung serat yang tinggi adalah sayuran. Berikut beberapa sayuran tinggi serat yang bisa anda konsumsi untuk meningkatkan kesehatan.

5 Sayuran dengan Kandungan Serat Tinggi yang Wajib Dikonsumsi

1. Bit Merah

Bit merah merupakan sayur yang berasal dari umbi umbian dengan kandungan serat yang tinggi. Kandungan serta dalam seratus gram bit merah yaitu sekitar 2,8 gram. Tak hanya itu, kandungan kalori yang dimiliki oleh buah satu ini cukup rendah, hanya sekitar 43 gram saja sehingga cukup aman bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Anda bisa menjadikan bit merah sebagai jus atau mengolahnya menjadi makanan yang sehat seperti salad.

sayuran tinggi serat bit merah

2. Wortel

Wortel merupakan jenis sayuran yang sangat familiar dan mudah ditemukan di Indonesia. Selain kaca akan vitamin A, sayuran berwarna orange ni juga mengandung serat yang cukup tinggi. Dalam satu gram wortel setidaknya mengandung sekitar 2,8 gram. Sayuran ini juga memiliki kalori yang cukup rendah yaitu sekitar 4,1 saja dalam berat yang sama. Oleh karena itu, mengkonsumsi sayuran merah ini tentu akan membuat tubuh anda semakin sehat.

3. Brokoli

Sayuran hijau ini memang sering menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak, sayuran ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan maka sayuran ini sangat direkomendasikan untuk anda. Dalam 100 gramnya, sayuran ini mengandung serat 2,6 gram. Kadar gizi ini cukup besar mengingat kalori yang diberikan 35. Selain itu sayuran tinggi serat ini juga mengandung protein 2,4 gram.

4. Bayam

Sayuran dengan kandungan serat tinggi yang bisa anda konsumsi selanjutnya adalah bayam. Dalam 10 gram bayam terdapat 2,4 gram serat. Sedangkan kalori yang terkandung di dalamnya sangat sedikit yaitu hanya 23 saja. Selain dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah pencernaan, bayam juga menjadi sumber lutein dan zeaxanthin yang merupakan zat antioksidan yang baik untuk kesehatan mata. Anda bisa mengolah bayam menjadi sayuran bening.

5. Kembang Kol

Anda pasti sering menemukan sayuran satu ini sebagai isian dari capcay. Tak hanya rasanya yang enak, sayuran ini juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat bervariasi, termasuk serat. Kembang kol dengan berat 128 gram memiliki kandungan serat hingga 3 gram. Tentu ukuran ini lebih banyak jika dibandingkan dengan sayuran yang lain. Kalori yang terkandung dalam berat yang sama berkisar sekitar 25 saja.

sayuran tinggi serat Kembang Kol dan brokoli

Dengan demikian, kembang kol menjadi salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk program diet. Selain serat yang tinggi, kembang kol juga memiliki kandungan nutrisi yang disebut dengan kolin. Zat ini berfungsi sebagai neurotransmitter sehingga sangat baik untuk kesehatan sistem saraf. Anda bisa mengkonsumsi kembang kol secara rutin dan mengkombinasikan dengan sayuran yang lain untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

Itulah beberapa sayuran yang bisa anda pilih untuk mendapatkan serat yang lebih tinggi. Selain bagus untuk program diet, sayuran ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh. Menariknya lagi, sert juga dapat memperlambat penyerapan lemak dari diet dan memperlambat pengosongan lambung. Agar nutrisi yang diperoleh lebih bervariasi, sebaiknya anda mengkonsumsi sayuran dengan jenis yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *