Ketahui Apa Saja Yang Dilakukan Oleh Orbit Analyst

BRITech blog disebut-sebut sebagai langkah nyata BRI menunjukkan kepedulian mereka terhadap bagaimana berbagai hal terkait teknologi berkembang di negeri ini. Pasalnya dengan menyediakan kanal untuk berbagai tulisan terkait teknologi, maka literasi tentang teknologi menjadi semakin banyak sumbernya. Sehingga ujungnya adalah secara langsung maupun tak langsung dan disadari maupun tidak, BRI turut berkontribusi dalam perkembangan dunia teknologi tanah air. Meski tentu saja harus disadari bahwa tulisan pada kanal yang dimaksud masih erat kaitannya dengan berbagai teknologi yang diterapkan oleh BRI secara umum.

Salah satu yang cukup menarik kiranya pembahasan mengenai posisi orbit analyst yang mulai banyak dikenal sejak BRI meluncurkan satelit mereka sendiri. Sederhananya Orbit Analyst memiliki tugas dan tanggung jawab pokok untuk melakukan analisis terhadap astrodinamika serta tentu saja lintasan penerbangan ruang angkasa guna memastikan satelit milik BRI sudah berjalan sebagaimana mestinya dengan baik dan benar, tepat pada posisi alias lintasan orbit miliknya.

BRITech blog Oleh Orbit Analyst ini

Bahkan pada dasarnya Orbit analyst memiliki peran bukan hanya ketika satelit telah sukses mengudara, karena dibalik layar suksesnya peluncuran dan juga pengoperasian satelit, ada banyak sekali hal yang harus dipersiapkan dan tentu saja dilakukan terlebih dahulu. Misalnya dalam hal launcher (roket), tiap-tiap subsistem yang ada pada satelit, serta yang tak boleh terlewat adalah posisi orbit yang harus dipastikan kesesuaiannya.

Orbit analyst harus melakukan kalkulasi posisi satelit berdasarkan Data Ranging dan Tracking yang sudah didapatkan, lalu kemudian merencanakan dan juga mengevaluasi pergerakan serta maneuver dari satelit. Tidak lupa penghitungan dan memonitoring atas penggunaan bahan bakar dari satelit juga harus dilakukan. Tak cukup sampai disitu, orbit analyst juga melakukan perkiraan atas potensi masa hidup dari satelit dan juga memprediksi kedekatan jarak satelit dengan benda lainnya di angkasa luar.

Salah satu sosok di dalam posisi Orbit Analyst BRI adalah seorang wanita tangguh yang bernama Pratiwi Kusumawardani. Ia bahkan cukup bangga mengatakan bahwa apa yang ia kerjakan sekarang ini di dalam Orbit analyst BRI masih cukup erat kaitannya dengan mimpinya di masa kecil, yaitu memiliki profesi yang berhubungan dengan bidang astronomi.

BRITech blog Oleh Orbit Analyst

Dalam perjalanan karirnya, wanita yang memiliki gelar Magister dalam bidang Science, Technology, Engineering and Mathematics alias STEM tersebut sudah pernah menjadi wakil dari BRI maupun wakil Indonesia secara umum sebagai satu-satunya orang asal Indonesia yang diberikan kesempatan oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat guna mengikuti program International Visitor Leadership pada tahun 2019. Program tersebut sendiri merupakan suatu program milik Pemerintah Amerika Serikat yang akan memberikan kesempatan kepada siapa saja yang mereka anggap sebagai calon pemimpin masa depan guna mengunjungi Amerika Serikat lalu berinteraksi secara langsung dengan banyak sekali akademisi ataupun juga industri yang erat kaitannya dengan profesi mereka pada bidang Science, Technology, Engineering & Mathematics alias STEM.

Pengalaman dan kesan berharga itulah yang kiranya berusaha Pratiwi bagikan dalam tulisan yang tercantum pada salah satu laman blog dalam BRITECH blog. Harapannya tentu saja memberikan motivasi bagi generasi muda setelahnya, terutama para wanita yang mungkin juga berada pada bidang yang sama dengannya namun merasa bahwa peluang karir mereka tampak tak cukup luas.

Ia berusaha menekankan bahwa kondisi sekarang ini justru sebaliknya, karena di dunia yang semakin berkembang ini potensi mereka dengan bidangnya justru semakin terbuka lebar. Terbukti dengan Pratiwi yang tak pernah terpikirkan akan membawa masuk bidangnya ke dalam industri perbankan bersama dengan BRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *