Ketahui Hal-hal Berikut Ini Sebelum Investasi Saham

Investasi saham belakangan ini sepertinya sedang mendapatkan perhatian yang luar biasa dari masyarakat kita. Apalagi setelah beberapa orang selebritas memberikan statement mereka terkait profit investasi di bursa saham yang mereka lakukan. Memang sebetulnya sudah bukan rahasia lagi bahwa berbagai produk investasi termasuk investasi saham merupakan salah satu langkah tepat mengamankan financial masa depan, karena dengan melakukan investasi maka kekayaan yang dimiliki dapat terhindar dari inflasi bahkan dapat berkembang atau tumbuh menjadi lebih menguntungkan.

Sayangnya banyak orang salah mengira bahwa investasi di bursa saham itu sangat mudah. Pasalnya, dibutuhkan keahlian tersendiri yang harus dipelajari dan dilatih guna bisa sukses dalam dunia saham. Selain itu juga ada beberapa hal dasar yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk mulai terjun ke dunia saham. Adapun beberapa hal yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

1.Pelajari saham secara mendalam

Hal pertama yang paling harus diperhatikan adalah mengetahui secara mendalam terlebih dahulu tentang saham. Pasalnya, begitu banyak instrumen investasi di dunia ini yang memiliki karakteristik berbeda-beda satu sama lain. Sehingga, jangan sampai menganggap investasi dalam bursa saham sama persis dengan investasi lainnya, misalnya dengan investasi logam mulia. Memang ada bagian-bagian yang bisa dikatakan sama, tetapi tidak sedikit juga bagian-bagian yang cukup berbeda. itulah mengapa benar-benar harus ditekankan untuk mempelajarinya secara mendalam terlebih dahulu.

Investasi saham untuk pemula Apa saja yang harus diperhatikan

2.Mengetahui profil risiko

Mengetahui profil risiko merupakan bagian yang sebetulnya tidak lepas dari kegiatan investasi itu sendiri. Pasalnya, melakukan investasi di bursa saham hanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki profil risiko agresif saja. Apabila profil risikonya moderat atau bahkan konservatif maka sebaiknya jangan terjun di bursa saham. Profil risiko sendiri adalah kemampuan finansial maupun psikologis dari seorang investor dalam menghadapi risiko loss alias kerugian. Dengan begitu fluktuatifnya pergerakan harga saham, dikhawatirkan mereka yang sebetulnya memiliki profil risiko konservatif akan terganggu psikologisnya.

3.Tujuan investasi

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia saham juga harus diketahui dulu apa tujuan investasinya. Pasalnya, investasi saham merupakan investasi jangka panjang yang sebaiknya bertujuan untuk jangka panjang saja. Dikatakan jangka panjang atau jangka pendek, biasanya dalam rentang 5 tahun. Jadi, investasi saham sebaiknya dilakukan untuk suatu tujuan tertentu yang hendak dicapai 5 tahun sejak dimulainya aktivitas investasi di bursa saham itu.

mahasiswa investasi saham

4.Kesanggupan melakukan analisis

Melakukan investasi dalam bursa saham sangat berbeda dengan bermain tebak-tebakan, dalam artian hanya sekedar memprediksi saham suatu perusahaan akan naik. Karena sebetulnya ada analisis yang bisa diterapkan untuk melihat bagaimana pergerakan harga saham suatu perusahaan kedepannya. Setidaknya ada dua teknik analisis yang bisa digunakan, yaitu teknik analisis teknikal dan teknik analisis fundamental. Kedua teknik analisis tersebut tetap membutuhkan waktu yang harus diluangkan untuk melakukannya, sehingga barangsiapa yang tidak mampu meluangkan waktu untuk melakukan analisis sebaiknya jangan tergesa-gesa untuk terjun ke bursa saham.

Itulah beberapa hal yang kiranya harus diketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia saham atau tidak. Apabila sudah memperhatikan hal-hal diatas dan diyakini mampu baik secara finansial maupun psikologi untuk terjun ke dunia saham, maka segeralah lakukan hal pertama untuk berinvestasi di bursa saham. Hal yang harus dilakukan tentu saja menghubungi pialang alias broker, karena merekalah yang nantinya akan melakukan transaksi di bursa saham. Jadi, buang jauh-jauh bayangan bahwa kita sendirilah yang akan bertransaksi secara langsung di bursa saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *