Ketahui Persiapan dan Cara Bisnis Online Mudah dan Cepat

Jika anda ingin menghasilkan uang sendiri namun bingung mulai darimana, anda bisa mulai dengan bisnis online. Bisnis jenis ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki bisnis lain. Contohnya, anda tidak perlu menyewa tempat, membeli barang, membayar karwayan, dan lainnya. Modal yang anda perlukan hanyalah HP dan koneksi internet. Anda bisa mulai berjualan secara online. Langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk jualan online? Berikut akan dikupas secara tuntas beserta tips-tipsnya.

1.Menentukan Produk yang Dijual

Langkah pertama anda harus menentukan barang apa yang hendak anda jual. Tidak bisa dipungkiri jika wanita memang lebih hobi belanja daripada pria. Anda bisa melihat ini sebagai peluang dengan menjual barang-barang yang disukai wanita seperti pakaian, sepatu, make up, dan skincare. Meski tampaknya sepele, penjual barang-barang tersebut bisa mendapat untung besar karena permintaan yang tinggi pula. Sampai di sini, jika anda sudah menentukan barang yang hendak anda jual, langkah selanjutnya adalah menentukan platform apa yang akan anda gunakan sebagai media.

Cara Bisnis Online Mudah dan Cepat Strategi Jitu Menaikkan Omzet Bisnis Online

2.Menentukan Platform

Platform yang digunakan sebagai media jualan haruslah platform digital yang sedang ramai. Contohnya instagram dan tik tok. Kedua platform ini sedang naik daun. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat profile jualan anda. Mengapa memilih kedua platform tersebut? Seperti yang sudah dijelaskan baik instagramd an tik tok sama-sama sedang naik daun sehingga peluan produk anda dilihat oleh banyak orang semakin besar. Tapi, anda juga tetap boleh berjualan di platform lain seperti facebook misalnya.

3.Menentukan Cara Jualan

Setelah menentukan platform, cara jualan adalah hal yang harus dipikirkan berikutnya. Sebagai saran, anda bisa berjualan dengan sistem dropship. Maksudnya, anda tidak perlu menyetok barang di rumah. Jika ada pelanggan, anda hanya perlu menginfokan ke tempat anda mengambil barang. Setelah itu, mereka yang akan melakukan proses pengiriman. Jangan lupa untuk menginfokan nama toko anda. Cara jualan dengan sistem dropship dinilai lebih minim resiko karena anda tidak perlu keluar modal besar untuk menyetok barang. Tapi, anda juga harus menemukan supplier yang amanah. Cek betul-betul bagaimana kinerja supplier sebelum anda memutuskan mengambil barang di sana.

Cara Bisnis Online Mudah dan Cepat Cara Belajar Bisnis Online

4.Memasang Iklan

Pilihan ini boleh dilakukan dan boleh tidak. Anda bisa memasang iklan di status whatsapp, instagram pribadi, dan lain-lain. Dengan begitu, orang sekitar anda akan mengetahui kalau anda jualan. Cara lain adalah dengan Paid Promote atau PP dan Endorse. Cara ini memang mengeluarkan dana tapi dianggap hasilnya sebanding. Untuk Paid Promote atau PP, anda perlu membuat materi yang akan diposting oleh akun tertentu. Akun tersebut merupakan akun dengan banyak followers. Harganya juga tergantung masing-masing akun. Sedangkan endorse adalah sistem promosi dimana anda mengirim barang dan barang tersebut akan dipromosikan oleh public figure. Harganya juga tergantungd ari masing-masing public figure. Perlu anda ingat, untuk modal baik PP atau endorse sebaiknya adalah dana dingin. Tidak bisa dipungkiri beberapa online shop yang melakukan promosi PP dan endorse ada yang tidak balik modal karena kesalahan strategi.

Langkah-langkah di atas adalah beberapa cara bisnis online. Anda juga bisa membuat profile di platform e commerce karena beberapa pelanggan lebih suka belanja lewat e commerce. Mereka berpendapat belanja lewat e commerce minim resiko ditipu. Tips lain agar jualan anda ramai adalah selalu posting sesuatu di akun jualan. Hal ini akan membuat follower anda sering melihat profile.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *