Lakukan 7 Tips Kebugaran Untuk Menjaga Berat Badan Ideal Wanita

Untuk mempertahankan berat badan yang ideal memang cukup sulit. Apalagi ditengah aktivitas yang padat, sehingga pola makan dan olahraga tidak beraturan. Terutama pada wanita karir yang harus menyeimbangkan antara pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah. Namun anda tidak perlu khawatir, ada tips untuk kontrol berat badan ideal wanita. Yuk simak ulasan berikut.

Mengatur Pola Hidup Agar Kesehatan Tubuh Terjaga

1. Membuat Daftar Makanan Sehat

Anda perlu menulis makanan apa saja yang bisa dikonsumsi dan tidak, termasuk jadwal makan anda. Buat rencana jangka pendek dan panjang tentang camilan sehat, rutinitas olahraga, dan motivasi diet. Jika perlu bisa menerapkan strategi khusus, misal dengan mengkombinasikan antara menu sehat dengan menu favorit. Setiap bulan lakukan evaluasi diri, usaha yang sudah dilakukan dan berapa kilo berat turun.

Berat Badan Ideal Wanita ini Membuat Daftar Makanan Sehat

2. Biasakan Tubuh Bergerak

Beraktivitas mampu membakar kalori dalam tubuh, sehingga tidak menimbun lemak. Dengan beraktivitas anda dapat mengelola berat badan dengan baik. Bahkan cukup dengan berjalan kaki selama 30 menit, anda dapat menurunkan 0,15 kg setiap minggu. Bergerak juga membantu tubuh agar terhindar dari metabolisme yang melambat. Hal ini mengantisipasi anda dari proses naiknya berat badan dengan cepat.

3. Mengatur Pola Makan

Agenda menurunkan berat badan bukan berarti anda tidak makan sama sekali. Jika anda hobi makan atau merasa lapar, makan saja, asalkan pilih makanan sehat dan rendah kalori. Anda tetap diperbolehkan ngemil, namun hanya perlu mengatur jadwal saja. Cobalah untuk mengganti menu makanan, misal anda ingin es krim bisa diganti dengan olahan pisang yang dibekukan.

4. Mengganti Menu dengan Porsi Sama

Saat sedang diet anda boleh mengurangi porsi makan, namun tetap dalam batas wajar. Atau porsi tetap tetapi mengganti dengan menu sehat. Anda bisa mengonsumsi dalam satu piring buah dan sayur atau biji-bijian, seperti gandum dan beras merah. Sesekali tambahkan protein dalam menu, kadar protein akan membantu anda kenyang lebih lama. Lakukan hal yang sama pada jadwal diet berikutnya.

5. Tidak Boleh Melewatkan Sarapan

Kebanyakan sakit pencernaan terjadi karena mengabaikan waktu sarapan. Padahal sarapan penting untuk menambah energi sebelum beraktivitas. Orang yang melewatkan sarapan cenderung mengalami peningkatan berat badan. Di siang hari, orang akan merasa sangat lapar sehingga makan apapun yang terlintas dalam pikiran. Sebagai wujud balas dendam karena sedari pagi sudah menahan lapar.

6. Tetap Makan Makanan Favorit

Mengatur pola makan itu penting untuk menjaga berat badan ideal wanita. Namun anda tidak perlu menahan diri untuk makan makanan favorit. Anda bisa seimbangkan dengan mengonsumsi buah , sayur, biji-bijian, dan air putih. Makanan sehat sebagai penyeimbang agar anda merasa kenyang meski asupan kalori rendah. Namun perlu beri peringatan pada diri anda untuk tidak mengonsumsi secara berlebihan.

Berat Badan Ideal Wanitaitu tetap Makan Makanan Favorit

7. Jauhi Cemilan Tidak Sehat

Saat sedang bersantai sambil ngemil memang nikmat, namun anda tanpa sadar makan cemilan tanpa henti. Kebiasaan ini harus segera dihentikan, apalagi anda ngemil di malam hari setelah makan. Meski tidak mudah anda sebisa mungkin menahan godaan, dan mengganti rasa lapar dengan air putih. Atau jika benar-benar lapar cukup makan satu buah apel sebagai pengganti nasi.

Untuk menjaga berat badan ideal anda bisa merencanakan pola hidup sehat. Dimulai dari pengaturan makan hingga olahraga rutin. Kurangi kebiasaan-kebiasaan kurang sehat, seperti suka minum soda, makanan manis berlebihan, hingga malas olahraga. Sebisa mungkin biarkan tubuh banyak beraktivitas, agar kalori dalam tubuh terbakar. Dengan berat badan yang ideal menandakan tubuh anda tetap sehat dan bugar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *