Lancarkan Persalinan Dengan 6 Manfaat Jalan Pagi Untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan adalah masa dimana seorang ibu harus berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan kondisi perut yang kian membesar dan bobot tubuh semakin berat, ruang gerak ibu juga menjadi terbatas. Namun mendekati waktu persalinan, ibu hamil disarankan untuk banyak bergerak seperti jalan kaki di pagi hari. Ada beberapa manfaat jalan pagi untuk ibu hamil, dan hal itu berguna untuk kelancaran persalinan si ibu. Yuk simak ulasannya berikut.

Melakukan Gerakan Sederhana Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

1. Udara Pagi Meredakan Stress

Selama masa kehamilan sering kali ibu mengalami stress, hal ini dipicu karena perasaan cemas dan takut. Aktivitas ringan seperti jalan di pagi hari dipercaya mengurangi kadar stess pada ibu. Saat menghirup udara si ibu akan melepaskan hormon endorfin, yang membuat suasana hati lebih bahagia. Hal ini membawa dampak perasaan si ibu menjadi tenang dan rileks. Selain itu, rutin berjalan akan mengurangi kelelahan berlebih.

Manfaat Jalan Pagi Untuk Ibu Hamil Saat Hamil 8-Bulan

2. Mencegah Munculnya Varises

Varises sering dialami oleh perempuan saat hamil, dan muncul di sekitar kaki. Area kaki ibu hamil akan terasa perih serta membuat pegal, dan cenderung memburuk pada sore hingga malam hari. Adanya varises ditandai dengan pembuluh darah vena yang menonjol di area betis. Jalan pagi disarankan untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi pada area kaki. Selain itu berjalan kaki juga membantu memperlancar aliran darah pada ibu hamil.

3. Mengurangi Resiko Preeklampsia

Preklampsia merupakan kondisi tekanan darah tinggi pada ibu hamil, meski sebelumnya tidak memiliki riwayat darah tinggi. Keadaan ini bisa jadi dipicu oleh stress berlebihan dan makan sembarangan. Dan jalan kaki membantu si ibu untuk menjaga berat badan yang ideal dan mengurangi kolestrol. Selain itu tekanan darah lebih seimbang selama kehamilan. Sehingga mencegah kelahiran bayi prematur akibat preeklampsia.

4. Mencegah Resiko Diabetes Gestasional

Resiko komplikasi saat kehamilan sering terjadi, salah satunya ialah muncul Diabetes Gestasional. Hal ini terjadi karena gula darah yang dibiarkan tinggi selama masa kehamilan. Kondisi ini memicu kelahiran bayi prematur, atau kemungkinan bayi lahir obesitas. Resiko ini dapat meningkat drastis bila si ibu kelebihan berat badan saat hamil, akibat pola makan yang tidak dijaga dan terlalu menuruti masa ngidam.

5. Menjaga Kondisi Tubuh Tetap Fit

Manfaat jalan pagi untuk ibu hamil yaitu mengurangi ketidaknyamanan pada tubuh. Selama masa kehamilan ibu rentan mengalami kram, pegal-pegal, dan susah tidur. Rutin berjalan kaki memperlancar aliran darah di semua tubuh agar ibu jauh lebih rileks. Lakukan kegiatan tersebut selama 20 menit setiap hari, cukup dengan berjalan santai keliling lingkungan sekitar. Apabila sudah terbiasa maka bisa meningkatkan stamina si ibu saat persalinan.

Manfaat Jalan Pagi Untuk Ibu Hamil ini Menjaga Kondisi Tubuh Tetap Fit

6. Memperlancar Proses Persalinan

Rajin berjalan kaki di pagi hari saat hamil akan menguatkan otot-otot panggul, betis hingga paha. Ini sangat baik untuk proses kelahiran yang lebih mudah dan tidak memerlukan waktu mengejan lebih lama. Otot-otot yang kuat akan membantu si ibu untuk merangsang kontraksi dan janin keluar, serta tidak menimbulkan rasa nyeri yang berkepanjangan. Hal ini karena otot-otot menjadi lebih lentur dan memperkecil resiko peradangan otot saat mengejan.

Berjalan kaki saat pagi memang baik untuk ibu hamil, namun dianjurkan mengikuti saran dokter terlebih dulu. Jika sudah diijinkan oleh dokter, si ibu diperbolehkan jalan perlahan sekitar 15-20 menit setiap 3 kali seminggu. Tingkatkan durasi ketika dirasa kuat menjadi 30 menit selama seminggu. Jangan dipaksa bila tubuh anda sudah kelelahan, sebaiknya langsung berhenti dan istirahat sejenak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *