Legalkah Jika Kita Menggunakan Virtual Office?

Seiring berkembangnya zaman melakukan berbagai macam kegiatan secara virtual semakin banyak dipilih. Terlebih jika dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk dapat berinteraksi dengan banyak orang di luar rumah. Kegiatan virtual sendiri yaitu merupakan salah satu kegiatan yang dapat memungkinkan dua atau lebih orang untuk dapat saling berinteraksi di suatu lingkungan tertentu. Namun di sini teknologi menjadi salah satu peran penting dalam penggunaan virtual karena lingkungan yang ada tersebut merupakan simulasi dari komputer. Salah satu lingkungan yang dapat di simulasi dengan komputer atau dibentuk secara virtual yaitu kantor. Maka saat ini banyak sekali ditemukan sewa kantor virtual termasuk sewa virtual office di Bekasi. Menggunakan istilah virtual, tentu kantor ini merupakan sebuah kantor yang tidak memiliki bentuk fisik. Bisa dikatakan bahwa virtual office ini merupakan sebuah gedung ataupun tempat yang dapat digunakan oleh beberapa perusahaan secara bersama-sama dalam bentuk virtul.

sewa virtual office di Bekasi perjanjian sewa menyewa virtual office

Namun perlu digarisbawahi bahwa virtual office ini tentu berbeda dengan co-working space. Perbedaannya tentu terletak pada wujud fisik dari bangunan perusahaan tersebut. Karena virtual office sendiri tidak memiliki bangunan fisik atau yang terwujud dalam suatu tempat tertentu. Berbeda halnya dengan co-working space atau yang disebut dengan kantor bersama.

Co-working space sendiri masih memiliki suatu bangunan dalam bentuk fisik meskipun bangunan tersebut digunakan secara bersama-sama oleh berbagai macam perusahaan.Peraturan yang mengatur tentang penggunaan virtual office sendiri telah ada di Indonesia. Peraturan tersebut mengatakan bahwa penggunaan virtual office ini legal dilakukan oleh para pebisnis. Meskipun pada awalnya dari Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau BPTSP sendiri sempat mengeluarkan peraturan dilarangnya penggunaan virtual office. Namun situasi dan kondisi dari Indonesia sendiri mendukung dari adanya penggunaan virtual office. Seperti contohnya yaitu dapat mendukung adanya startup dan para pebisnis yang sedang memulai merintis karir mereka. Hal ini dapat menjadi salah satu solusi mengenai alamat domisili dari perusahaan mereka. Ketika menyewa virtual office maka alamat domisili dari perusahaan dapat berada di tempat yang strategis untuk suatu perusahaan. Hal ini tentu dapat lebih meyakinkan terlebih kepada para konsumen dan memiliki alamat yang lebih menguntungkan.

sewa virtual office di Bekasi plaza summarecon bekasi

Legalnya penggunaan virtual office telah tertera dalam Surat Edaran Nomor 06/SE/2016 Tentang Penerbitan Surat Keterangan Domisili dan izin-izin lanjutannya bagi pengguna virtual office yang diterbitkan oleh BPTSP. Dalam surat edaran tersebut pada intinya mengatakan bahwa virtual office dilegalkan bagi perusahaan maupun perorangan yang telah memiliki izin usaha dan dokumen lain yang yang telah ditetapkan. Selain itu tentara juga 5 syarat bagi para pelaku badan usaha atau perusahaan perorangan yang dapat memiliki virtual office. Dalam surat edaran tersebut juga dicantumkan beberapa hal hal-hal yang berkaitan dengan syarat adanya penggunaan virtual office baik bagi perusahaan perorangan ataupun badan usaha. Masa berlaku dari penggunaan virtual office sendiri yaitu minimal 1 tahun dan disesuaikan dengan masa sewa. Oleh karena itu ketika sewa penggunaan virtual office tersebut telah habis maka dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Surat edaran tersebut merupakan surat yang berlaku di wilayah DKI Jakarta. Untuk setiap daerah sendiri memiliki Perda atau peraturan daerah yang yang mengatur tentang penggunaan virtual office ini. Dengan banyaknya keuntungan yang didapat ketika menggunakan virtual office maka saat ini banyak jasa sewa virtual office di berbagai macam daerah. Salah satunya yaitu sewa virtual office di Bekasi yang bisa menjadi salah satu solusi untuk ringankan biaya sewa dan pembangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *