Masih Belum Tahu Jasa Outsourcing

Jasa outsourcing merupakan penggunaan jasa tenaga kerja yang berasal dari pihak ketiga yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Ketika sebuah perusahaan akan merekrut pekerja outsource, maka biasanya mereka akan bekerja sama dengan perusahaan outsourcing. Perusahaan tersebut bertugas sebagai penyedia jasa dan akan menggunakan pekerja dan menyalurkannya kepada perusahaan yang membutuhkan. Simak ulasan lengkap mengenai outsourcing.

Sistem Kerja Outsourcing

Berdasarkan pasal 64 dalam undang-undang ketenaga kerjaan menyebutkan jika perusahaan dapat menyerahkan sebagian pelaksanan pekerjaan kepada perusahaan lainnya. Meskipun aturan dari pekerjaan outsourcing tidak disebutkan secara rinci, akan tetapi berdasarkan undang-undang tersebut dapat sedikit menjawab pertanyaan tentang outsourcing. Dimana hal tersebut menjelaskan bahwa tenaga kerja ini nantinya memiliki periode tertentu.

Awalnya, perusahaan penyedia jasa outsourcing akan melakukan perekrutan untuk karyawan outsource. Selanjutnya, karyawan outsourcing yang telah bekerja dengan sistem kontrak tersebut akan dibagi lagi menjadi dua bagian. Pembagian tersebut tak semata-mata dibagi begitu saja, melainkan dibagi menurut undang-undang yakni Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) dan Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT).

Keuntungan Dari Adanya Tenaga Kerja Outsourcing

Dengan adanya karyawan outsourcing tentu saja akan mengurangi beban perusahaan dalam proses rekrutmen karyawan. Hal ini dikarenakan perusahaan penyedia jasa atau perusahaan outsourcing telah mengurus semua seleksi karyawannya. Sehingga nantinya perusahaan yang membutuhkan jasa outsource akan mendapatkan karyawan yang telah terpilih dan dibutuhkan oleh perusahaan. Tentunya hal ini akan lebih efisien dari pada perusahaan mencari karyawan sendiri.

jasa outsourching jakarta

Selain itu, dengan telah diurusnya masalah penyeleksian karyawan oleh jasa outsourcing, maka perusahaan akan lebih fokus untuk mengurus kegiatan inti bisnis. Oleh sebab itu, perusahaan akan dapat menjalankan bisnis dengan fokus karena hal yang berkaitan dengan teknis sehari-hari yang tidak berhubungan dengan bisnis akan lebih mudha di handle oleh karyawan outsourcing yang telah melalui seleksi penerimaan dan memiliki keahlian yang spesifik.

Tak hanya itu, dengan menggunakan karyawan outsourcing tentunya akan memiliki beberapa keahlian khusus yang dibutuhkan oleh perusahaan pada bidang tertentu. Karena, perusahaan yang telah menggunakan karyawan outsoucing ini akan menghemat anggaran yang dibutuhkan untuk biaya pelatihan. Hal terebut dikarenakan para karyawan ini telah dilatih sebelumnya. Tentu saja, hal ini akan dapat meminimalisir biaya pengeluaan perusahaan.

Perbedaan Karyawan Kontrak dan Oursourcing

Banyak orang beranggapan bahwa karyawan kontrak dan outsourcing merupakan hal yang serupa. Hal tersebut bisa dianggap benar, namun pengertian lebih jelasnya adalah karyawan kontrak merupakan karyawan yang direkrut oleh sebuah perusahaan yang berfungsi unuk melaksanakan kerja kontrak. Nantinya, perusahaan akan memiliki hubungan kerja dengan karyawan kontrak. Dimana nantinya akan meliputi suatu pekerjaan tertentu dan dalam kurun waktu tertentu.

Sedangkan untuk outsourcing sendiri adalah sebuah cara yang dilakukan oleh jasa outsourcing unuk mengalihkan pekerjaan ke pihak ketiga. Dimana nantinya outsourcing dapat terbagi lagi ke dalam dua kategori yakni penyerangan sebagian pekerjaan atau pekerjaan borongan. Dan juga sebagai penyedia jasa tenaga kerja atau sebuah agen penyalur tenaga kerja yang nantinya akan dibutuhkan oleh suatu perusahaan.

Untuk masa waktu dari karyawan kontrak dan outsourcing ini menurut undang-undang ketenagakerjaan dijelaskan bahwa waktu pling lama adalah dua tahun. Serta, dengan melalui proses perpanjangan dibatasi selama satu kali saja dan memiliki waktu maksimal satu tahun. Sedangkan untuk outsourcing, masa kerja akan dihitung berdasarkan kesepakatan antara perusahaan dan karyawan pada masa perekrutan sehingga akan memiliki kontrak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *