Mau Tau Perbedaan Asuransi All Risk Dan TLO ?

Asuransi untuk kendaraan bermotor, terutama mobil adalah suatu hal yang perlu dilakukan. Hal ini dipicu oleh kesadaran masayarakat akan kemungkinan resiko yang terjadi dijalanan yang terbilang cukup tinggi. Oleh sebab itu, semakin banyak pula asuransi mobil yang mulai ditawarkan di Indonesia. Sebelum mengasuransikan mobil anda, sebaiknya anda mengtahui terlebih dahulu perbedaan asuransi all risk dan TLO yang perlu anda tahu.

Pentingnya Mengasuransikan Mobil

Kecelakaan lalu lintas di Indonesia menjadi hal yang patut anda takuti. Pasalnya, menurut catatan WHO kecelakaan menjadi pembunuh nomer 3 terbesar di Indonesia setelah jantung koroner dan TBC. Menurut data dari Korlantas Polri, setidaknya terjadi 105.374 kasus kecelakaan yang terjadi pada tahun 2016 dan faktor utama yang menyebabkan kecelakaan adalah kelalaian dari pengemudi itu sendiri.

Dengan mengetahui hal tersebut, tentu saja kejadian ini akan menjadi alasan bagi masyarakat untuk memiliki asuransi mobil. Terdapat perbedaan asuransi all risk dan TLO pada mobil yang harus anda tahu sebelum anda mulai untuk mengasuransikan mobil. Selain kecelakaan, hal terkait begal dan pencurian juga menjadi alasan pentingnya anda harus mengasuransikan mobil anda.

Perbedaan dari Asuransi All Risk dan TLO Berdasarkan Pengertiannya

TLO yang merupakan kepanjangan dari Total Loss Only merupakan salah satu bentuk asuransi yang berarti “hanya jika kehilangan total”. Dapat diartikan jika asuransi ini dapat di klaim jika terjadi kehilangan total pada mobil anda. Yang dimaksud dengan kehilangan total tersebut adalah jika mobil anda mengalami kerusakan dengan total 75 % atau mobil anda mengalami kehilangan dan pencurian. Maka barulah anda bisa untuk menggunakan asuransi jenis TLO ini.

Asuransi All Risk Dan TLO

Sedangkan untuk asuransi all risk yang memiliki arti segala resiko ini dapat dikatakan juga sebagai asuransi comprehensive. Dalam asuransi ini, nantinya akan membayar klaim pada segala jenis kerusakan yang dialami oleh mobil anda. Mulai dari kerusakan yang ringan seperti lecet pada mobil hingga kerusakan yang berat bahkan hingga menjadi kehilangan. Untuk itulah pengertian dari perbedaan asuransi all risk dan TLO yang perlu anda tahu sebelum memilih asuransi untuk mobil anda.

Perbedan Harga Premi Untuk Asuransi All Risk Dan TLO

Untuk harga asuransi all risk cenderung memiliki harga yang relatif lebih mahal jika dibandingakan dengan TLO. Untuk harga asuransi all risk biasanya terbagi menjadi 3 wilayah, yakni wilayah 1 untuk Sumatra dan kepulauan di sekitarnya, wilayah 3 untuk DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat, sedangkan untuk wilayah 3 berlaku untuk seluruh wilayah di Indonesia selain di wilayah 1 dan 2.

Untuk kategorinya sendiri dibedakan mejadi 5 kategori dimana kategori tersebut berdasarkan harga jual mobil. Untuk perbedaan asuransi all risk dan TLO pada tarif harga premi ini, jika pada all risk dengan harga mobil dibawah 100 juta maka harga premi untuk asuransi all risk sebsar 3 %. Sedangkan untuk harga premi TLO hanya berkisar 0,8% saja. Untuk penghitungan harga asuransinya sendiri, anda bisa mengalikannya dengan harga beli mobil anda.

Dengan mengetahui perbedaan dari dua jenis asuransi mobil terseut, tentu saja andabisa memilih jenis asuransi mana yang cocok untuk anda gunakan. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan anda jika sewaktu-waktu mengalami kecelakaan pada mobil anda dan memerlukan perbaikan. Akan tetapi, anda juga disarankan untuk memiliki tabungan pribadi untuk mengantisipasi kejadian tersebut. Pasalnya dengan menabung sedniri tentunya akan lebih mudah dan lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *