Memahami Pengertian Serta Manfaat Testimoni bagi Penjual

Perkembangan teknologi saat ini sangat memudahkan manusia dalam melakukan transaksi termasuk jual beli. Jika dulu membeli barang harus dilakukan dengan mendatangi toko yang menjual produk yang ingin dibeli, maka saat ini membeli barang sudah bisa dilakukan secara online. Biasanya setelah mendapatkan barang, pembeli akan menyampaikan tingkat kepuasan atau biasa disebut dengan testimoni. Untuk lebih jelasnya tentang istilah satu ini, yuk simak ulasan berikut.

Memahami Pengertian Testi dalam Bidang Penjualan

Istilah ini sebenarnya berasal diambil dari bahasa inggris yang memiliki arti “kesaksian”. Banyak yang menyamakan istilah tersebut dengan ulasan atau penilaian pembeli terhadap produk yang telah dibeli. Pembeli tersebut ingin membagikan pengalaman saat menggunakan barang yang telah dibeli tersebut. Ulasan yang diberikan ini bisa dalam bentuk positif maupun negatif. Dan setiap pembeli bisa saja memberikan ulasan yang berbeda pada produk yang sama sekalipun.

testimonials graphic

Testi ini sangat mudah ditemukan pada toko toko online. Biasanya pada marketplace tertentu, ada banyak sekali produk yang dijual. Pada bagian bawah deskripsi produk dan nama toko yang menjual barang, anda bisa menemukan testi yang diberikan pembeli setelah menggunakan produk yang ia beli. Namun, ada juga yang mengirimnya secara pribadi kepada penjual melalui kontak whatsapp. Selanjutnya testi yang positif ini biasanya akan diupload sendiri oleh penjual.

Sebagaimana contohnya ketika seseorang membeli selimut secara online dari seseorang yang menjadi seller di online shop. Transaksi jual beli berjalan dengan lancar, selimut yang dikirimkan kepada pembeli dalam kondisi yang baik dan tidak cacat sehingga pembeli merasa puas dengan selimut yang diterima. Maka tak lama kemudian, pembeli mengirimkan sebuah ulasan pada halaman toko online tersebut, jika semuanya berjalan lancar dan ia puas dengan produk yang diterima.

Manfaat Ulasan yang Diberikan Pembeli Kepada Penjual

Memberikan ulasan mengenai positif atau negatif dari barang yang dibeli ternyata memiliki beberapa manfaat bagi penjual. Bahkan bisa dianggap jika ulasan ini sangat penting. Dengan testimoni yang baik, maka reputasi dari toko online tersebut semakin meningkat. Tentu secara tidak langsung, hal ini akan memberikan peluang untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Apalagi saat ini, pembeli barang online memperhatikan ulasan sebelum akhirnya membeli produk.

Arti Testimoni

Sedangkan apabila terdapat pembeli yang memberikan ulasan negatif, atau bisa dikatakan kurang puas dengan produk yang diterima, maka hal ini juga tetap memiliki manfaat bagi penjual. Dengan adanya komplain tersebut bisa menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki kualitas dari barang yang dijual. Sehingga penjual tidak merasa kesulitan untuk mengetahui kekurangan produk atau jasa yang dijual serta segi mana yang harus ditingkatkan.

Adanya ulasan yang diberikan oleh pembeli juga bisa menjadi media marketing gratis. Maka ketika seorang pembeli merasa puas dan memberikan ulasan yang positif, biasanya ia juga akan merekomendasikan toko tersebut kepada teman atau orang terdekatnya, sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai media promosi gratis bagi penjual. Selain itu, testi yang dikirimkan kepada penjual ini juga bisa dijadikan sebagai bahan iklan untuk mempengaruhi konsumen agar membeli produk tersebut.

Sebenarnya ulasan tidak hanya penting bagi penjual, namun juga bagi pembeli. Ketika pembeli pertama memberikan komentar positif terhadap barang yang dibeli, dan diikuti dengan pembeli pembeli selanjutnya maka calon pembeli akan mempertimbangkan hal tersebut sehingga ia tidak sampai salah membeli produk. Selain itu, dengan memberikan ulasan dari produk yang diterima, maka penjual akan semakin mudah mengenali anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *