Mengintip 4 Hal yang Harus Dihindari Agar Tidak Terpapar Virus Corona

Selama masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Hal tersebut dilakukan untuk memutus tali rantai penyebaran virus corona agar tidak menyebar. Namun kini pemerintah mengumumkan bahwa di Indonesia memasuki masa yang dinamakan new normal, sehingga sebagian besar fasilitas umum mulai dibuka. Agar anda tak terpapar virus corona dan bisa melaksanakan kegiatan dengan tenang. Perhatikan beberapa hal yang harus dihindari berikut.

Berbagai Hal yang Perlu Dihindari Selama Masa New Normal

1. Berkumpul Bersama Orang Orang dalam Jumlah Banyak

Dalam masa new normal seperti ini, pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap melakukan social distancing atau jaga jarak jika sedang berada di luar rumah. Apalagi bila anda keluar ke berbagai tempat yang sudah dipastikan bahwa disana terdapat banyak orang, maka hindarilah untuk berkerumun dalam jumlah yang banyak. Hal tersebut dilakukan tentu saja untuk mencegah penularan virus corona dari orang yang telah terdampak.

Terpapar Virus Corona perawat pasien positif corona

2. Memegang Berbagai Benda yang Telah Disentuh oleh Orang Banyak

Selama berada di tempat umum, usahakan anda untuk tidak memegang beragam benda ataupun barang yang sudah dipastikan disentuh pula oleh orang banyak. Mengingat virus corona ini bisa menempel dimana saja, maka pastikan anda telah menyiapkan perlengkapan seperti hand sanitizer. Misalnya saja ketika anda sedang menggunakan transportasi umum, hindarilah untuk tidak memegang gagang pintu, pegangan tangga, atau berbagai barang lainnya.

3. Makan ataupun Minum di Berbagai Tempat Umum

Hal selanjutnya yang harus dihindari selama masa new normal ini ialah makan ataupun minum di berbagai tempat umum. Oleh karena itu pemerintah telah menghimbau kepada semua tempat umum baik fasilitas publik maupun tempat makan, untuk menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan dengan cara memberikan tanda silang pada kursi ataupun tempat duduk lainnya.

Cara tersebut bertujuan untuk menghindari kontaminasi dari virus corona yang menular melalui percikan atau droplets. Maka dari itu sebisa mungkin hindari untuk makan dan minum di berbagai tempat umum. Jika memang terpaksa melakukan hal tersebut, maka usahakan untuk membawa perlengkapan makan sendiri dari rumah. Serta jangan lupa pula untuk selalu membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun serta air bersih yang mengalir.

4. Meletakkan Barang Bawaan di Kursi atau Lantai Transportasi Umum

Biasanya sebagian besar orang yang melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum, akan membawa barang bawaan kemudian meletakkannya pada kursi ataupun lantainya. Namun kali ini hal tersebut harus dihindari, karena cukup beresiko untuk terkena percikan atau droplet dari orang yang terdampak. Maka dari itu sangat disarankan untuk tetap memegang barang bawaan ketika menaiki transportasi umum.

Terpapar Virus Corona

Apabila anda merasa kerepotan, maka usahakan barang bawaan tersebut diminimalisir sebaik mungkin. Jangan membawa barang bawaan dalam jumlah yang cukup banyak, karena nantinya akan menyusahkan anda selama di perjalanan. Hal tersebut tentunya membantu anda untuk meminimalisir terpapar oleh virus corona yang sedang mewabah ini, serta anda bisa melakukan perjalanan dengan tenang tanpa ada yang perlu dikhawatirkan.

Berbagai hal yang perlu dihindari diatas tentunya berlaku untuk semua orang tanpa terkecuali. Mengingat virus satu ini sangat berbahaya serta tidak ada yang tahu siapa orang yang telah terdampak. Oleh sebab itu, ada baiknya apabila melakukan berbagai hal pencegahan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah serta membawa segala perlengkapan kesehatan lainnya mulai dari diri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *