Mudah dan Efektif, Yuk Simak 5 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

Tuntutan pekerjaan menyebabkan sebagian besar waktu harus digunakan untuk bekerja. Alhasil, waktu istirahat menjadi berkurang sehingga anda sering mengantuk saat sedang bekerja. Jika sudah demikian, maka anda menjadi kurang produktif serta pekerjaan yang lain tidak bisa terselesaikan dengan baik. Belum lagi jika masih banyak deadline tugas yang harus dikerjakan. Berikut ini cara menghilangkan ngantuk saat kerja yang bisa anda terapkan.

5 Tips Jitu untuk Mengusir Kantuk Saat Bekerja

1. Bergerak

Rasa kantuk akan semakin parah jika anda lebih banyak duduk di tempat yang sama. Maka alternatif yang bisa dilakukan yaitu membuat tubuh bergerak, dengan berjalan jalan sebentar mengelilingi kantor selama 10 atau 15 menit. Dengan melakukan gerakan ini, maka jantung akan lebih banyak memompa darah yang mengandung oksigen ke pembuluh darah, otot dan otak. Kondisi oksigen yang cukup akan membuat otak tetap aktif dan terhindar dari rasa kantuk.

cara menghilangkan ngantuk saat kerja tips menghilangkan rasa ngantuk saat bekerja bergerak

2. Tidur Siang

Normalnya, tubuh manusia membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Sehingga kekurangan waktu tidur akan menyebabkan anda mengantuk saat bekerja. Jika sudah tidak tertahankan, sebaiknya anda luangkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit untuk tidur siang sejenak. Anda bisa melakukannya sembari duduk ataupun berbaring apabila memungkinkan. Setelah tidur sejenak maka tubuh menjadi lebih bugar, sehingga anda menjadi lebih bersemangat saat bekerja.

3. Mengonsumsi Camilan yang Sehat

Salah satu camilan yang menjadi andalan untuk mengusir kantuk adalah makanan manis dan kopi. Padahal makanan yang manis mengandung gula tinggi sehingga menyebabkan tubuh cepat lelah. Sedangkan kopi sendiri memiliki kandungan kafein yang dapat menurunkan kualitas tidur. Maka solusi yang tepat untuk menghilangkan ngantuk yaitu dengan mengonsumsi camilan yang sehat seperti biskuit gandum, wortel kecil, yogurt, cokelat dan buah yang tinggi vitamin C.

4. Jadwal Tidur yang Teratur

Kebiasaan menunda jam tidur di malam hari seperti bermain ponsel, menonton TV dan sebagainya akan membuat waktu tidur anda semakin pendek. Kebiasaan ini akan menyebabkan tubuh mudah loyo karena kekurangan istirahat. Dampak yang lebih parah diantaranya anda bangun kesiangan sehingga telat berangkat ke kantor. Maka dari itu, cara menghilangkan ngantuk saat kerja bisa dilakukan dengan menetapkan jadwal istirahat yang teratur.

cara menghilangkan ngantuk saat kerja Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Bekerja dan Belajar

5. Melakukan Teknik Pernapasan

Cara selanjutnya yang bisa anda terapkan adalah melakukan teknik pernapasan. Teknik pernapasan memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, yaitu dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh, menurunkan tekanan darah serta meningkatkan aliran darah. Selain itu, teknik pernafasan juga membantu memperlambat detak jantung. Semua manfaat teknik pernapasan ini sangat penting untuk meningkatkan performa pada saat bekerja.

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu duduk tegak di atas kursi, kemudian bernafas dengan menggunakan perut. Selanjutnya, letakkan tangan kiri di bagian dada dan tangan kanan di bagian perut (bawah rusuk). Kemudian, tarik napas dengan menggunakan hidung dan biarkan perut anda yang bergerak. Setelah itu, keluarkan nafas melalui mulut dengan posisi bibir mengerucut. Sebaiknya lakukan teknik pernapasan ini sebanyak 10 kali untuk hilangkan ngantuk.

Cara mengusir ngantuk saat bekerja memang penting dilakukan karena bisa mempengaruhi konsentrasi anda. Dengan menerapkan beberapa cara di atas, maka anda bisa bekerja dengan baik tanpa terganggu rasa ngantuk. Sebenarnya tips yang paling tepat adalah menambah jam tidur. Mengingat penyebab rasa kantuk sesungguhnya dikarenakan kekurangan tidur. Maka dari itu, anda perlu menambah jam istirahat sedikit demi sedikit untuk mengganti waktu tidur yang berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *