Penasaran Apa Saja Jenis Fintech Di Indonesia? Yuk Cek Disini!

Belum tau apa itu fintech? Financial Technology atau yang biasa disebut fintech merupakan inovasi dalam bidang jasa finansial atau keuangan dengan sentuhan teknologi modern. Inovasi ini dibuat oleh perusahaan yang membantu memaksimalkan teknologi untuk dimanfaatkan pada berbagai aspek pelayanan keuangan. Cek informasi dibawah ini untuk mengenai jenis fintech di Indonesia.

4 Jenis Layanan Finansial dengan Pemanfaatan Teknologi

1. Market Aggregator

Jenis fintech yang satu ini menyimpan bank data tentang berbagai produk keuangan di pasaran seperti harga, keunggulan, manfaat, dan fiturnya. Hal ini akan membantu anda untuk memilih suatu barang atau layanan keuangan. Ingin mengetahui tips keuangan, investasi, dan kartu kredit? Jangan khawatir. Jasa finansial ini juga menawarkan layanan tersebut kepada kostumernya.

jenis fintech di indonesia Financial Technology Fintech

Jika anda tertarik untuk memakai jasa ini, maka anda akan mendapatkan banyak informasi terkait sebuah produk atau pelayanan keuangan yang ingin digunakan. Contohnya ketika ingin membuat kartu kredit, anda akan diberikan seluruh informasi mengenai penyedia layanan kartu kredit termasuk keunggulan dari setiap bank. Sehingga akan mudah memilih yang cocok untuk anda.

2. Peer-to-Peer (P2P) Lending dan Crowdfunding

Financial technology yang satu ini juga disebut sebagai marketplace keuangan. Mengapa? Karena jasa ini dapat mempertemukan dua pihak, yakni pihak yang memberikan dana sebagai investasi atau modal dengan pihak yang membutuhkan dana. Fintech jenis P2P ini lebih praktis karena prosesnya dapat dilakukan dalam satu platform daring atau online.

Ada sedikit perbedaan P2P dengan Crowdfunding, jika P2P hanya dibiayai oleh satu pemilik dana, maka Crowdfunding ini dibiayai sejumlah pemilik dana yang akan memberikan modal atau investasi kepada seseorang yang ingin mendirikan suatu proyek atau bisnis. Ini merupakan salah satu alternatif sumber modal yang bisa anda dapatkan di luar perbankan atau usaha peminjaman uang yang lain.

3. Manajemen Risiko dan Investasi

Tidak jauh berbeda dengan jasa fintech lain, layanan ini juga membantu anda dalam menentukan pilihan terkait langkah finansial yang ingin diambil. Contohnya seperti perencanaan keuangan dalam bentuk perangkat digital. Anda tidak perlu bingung lagi untuk mengatur keuangan. Fintech jenis ini juga memberikan anda kemudahan dalam hal investasi dan asuransi.

jenis fintech di indonesia berita

Tidak suka keluar rumah atau terlalu sibuk dengan pekerjaan? Tidak perlu khawatir, manajemen risiko dan investasi telah hadir dan dapat diakses melalui smartphone. Hal tersebut membuat layanan ini menjadi lebih mudah dan praktis digunakan. Anda hanya perlu memberikan data yang dibutuhkan agar keuangan anda dapat dikontrol kapanpun anda inginkan.

4. Payment, Clearing, dan Settlement

Ini merupakan fintech yang bisa anda coba gunakan. Jasa keuangan ini bergerak dibidang pembayaran seperti E-commerce. Ini adalah financial technology yang paling banyak digunakan saat ini. Contohnya seperti penggunaan payment gateway yang memungkinkan penjual dan pembeli melakukan transaksi pembayaran dengan cepat dan mudah.

Jenis fintech di Indonesia yang satu ini banyak terhubung dengan bank-bank. Anda hanya perlu memasang aplikasi mobile-banking atau aplikasi pembayaran online lain untuk membeli suatu produk. Transaksi dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. E-Wallet, begitu sebutannya, mempermudah anda dalam berbelanja sehingga tidak repot membawa uang tunai.

Keempat jenis financial technology ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika tertarik, anda hanya perlu memilih salah satu jasa yang sesuai dengan kebutuhan. Adanya penggunaan teknologi dalam aspek keuangan ini sangat memudahkan kegiatan sehari-hari, terutama jika anda seorang pebisnis yang memerlukan bantuan layanan keuangan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *