Pengusaha Millenial, Sudah Tahu Konsep New Wave Marketing?

Aktivitas marketing kini sangat dimudahkan dengan kecanggihan teknologi, dan beragam platfrom sosial yang meruntuhkan jarak antara penjual dan calon konsumen. Pendekatan ini jauh berbeda dari strategi pemasaran jaman dahulu, yang mengandalkan hubungan vertikal melalui media massal televisi, radio, atau majalah. Munculnya media media baru di internet melahirkan New Wave Marketing, konsep baru pemasaran horizontal yang lebih interaktif dan berbiaya rendah.

Pelaku Bisnis Millenial Wajib Tahu Konsep Baru Marketing

Mengapa pengusaha jaman now wajib mengenal konsep baru marketing ini? Salah satu alasan utamanya adalah untuk dapat meningkatkan daya saing, di era revolusi digital yang luar biasa ketat. Jika tidak ingin ketinggalan jaman dan kehilangan konsumen, strategi bisnis dan marketing anda harus bisa beradaptasi dengan perubahan situasi. Caranya adalah dengan memanfaatkan sarana komunikasi yang lebih personal, misalnya media sosial.

Pengusaha Millenial, Sudah Tahu Konsep New Wave Marketing

Media media di internet kini menjadi marketing tools wajib, yang berfungsi sebagai penghubung atau connector antara penjual dengan pangsa pasar yang lebih luas. Interaksi yang terjadi pada pendekatan baru ini, lebih bersifat many to many karena terjadi di dalam lingkaran komunitas yang besar. Tanpa perlu menggelontorkan biaya promosi besar besaran secara konvensional, penjualan produk bisnis anda berpeluang meningkat dengan strategi New Wave Marketing.

Melibatkan Konsumen di Konsep Pemasaran New Wave

Ada beragam elemen pemasaran yang harus dipahami para pelaku bisnis dan tim marketingnya, diantaranya targetting. marketing mix, selling, brand, service, dan lain lain. Elemen elemen ini seringkali disebut dengan PDB atau positioning, differentiation, dan brand. Namun kini telah terjadi pergeseran elemen, karena adanya perubahan fokus pemasaran dari pendekatan vertikal menjadi horizontal.

Bisnis di era digital kini menjadikan target konsumen bukan lagi sebagi objek, tetapi juga berperan sebagai subjek. Konsep baru marketing memungkinkan konsumen untuk ikut terlibat dalam proses pemasaran, sehingga peluang mencapai target penjualan semakin tinggi. Salah satu caranya adalah dengan membentuk komunitas, yang terdiri dari sekelompok orang dengan kesamaan minat, hobi, kebutuhan, dan lain lain.

Menciptakan Karakter Positif dan Hubungan yang Interaktif

Kesempatan mendapat lebih banyak konsumen juga bisa diperoleh dari keterikatan dengan para pelanggan. Pada konsep New Wave Marketing, konsumen ikut terlibat dalam menciptakan inovasi inovasi produk serta pengembangan aktivitas pemasaran. Dengan demikian, anda tidak membutuhkan anggaran marketing yang telalu besar, namun proses pemasaran bisa tetap berjalan hingga mencapai closing.

Pengusaha Millenial, Sudah Tahu Konsep New Wave Marketing apa

Untuk mempertahankan bisnis di tengah persaingan industri yang ketat, produk anda harus memiliki karakter yang kuat. Tidak hanya menjagokan brand yang mudah diingat pasar, tetapi juga mempunyai karakter yang unggul sehingga menjadi role model (panutan) atau trend setter. Misalnya dengan pro aktif mengkampanyekan kegiatan sosial, lingkungan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Nilai nilai itulah yang membuat konsep New Wave Marketing berbeda dari model pemasaran jaman dahulu.Kelebihan konsep pemasaran baru ini terletak pada proses pertukaran nilai antara perusahaan dan konsumen. Serta bagaimana perusahaan berhasil menciptakan kolaborasi hebat yang melibatkan banyak pihak, termasuk konsumen itu sendiri dan komunitasnya.

Dengan mengaplikasikan konsep New Wave di bidang marketing, produk bisnis anda tentu akan lebih cepat dikenal publik bahkan di luar target pasar perusahaan. Jika anda berhasil membangun citra dan karakter yang positif dan relevan, besar kemungkinan konsumen anda merekomendasikan produk kepada orang orang di dalam lingkaran sosial mereka. Apakah bisnis anda sudah siap bersaing di era New Wave?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *