Penyebab Tingginya Kadar Hormon Testosteron Pada Wanita

Jika bicara tentang hormon testosteron, kebanyakan orang mengidentikkan hormon ini dengan pria. Padahal hormon testosteron juga diproduksi oleh wanita. Hanya saja kadar hormon testosteron pada wanita diproduksi lebih rendah dibandingkan pada tubuh pria.

Hormon testosteron merupakan jenis hormon yang sangat berpengaruh dengan libido, pembentukan massa otot, ketahanan tingkat energi sampai dengan perubahan karakteristik seks baik pada pria atau wanita.

Kadar hormon testosteron yang ada di tubuh wanita bisa tinggi karena beberapa faktor penyebab. Apa sajakah penyebabnya?

Penyebab Tingginya Kadar Hormon Testosteron Pada Wanita

PCOS (Sindrom ovarium polikistik)

Hormon testosteran dalam tubuh wanita bisa memiliki kadar yang tinggi salah satu penyebabnya adalah karena PCOS atau mengalami sindrom ovarium polistik. Kondisi PCOS atau sindrom ovarium polikistik merupakan kelainan hormon yang umumnya menyerang wanita pada usia setelah menstruasi.

hormon testosteron pada wanita Perlukah Pria Lansia Konsumsi Suplemen Testosteron

Kondisi ini diperkirakan menyerang sebanyak 8% sampai dengan 20% perempuan di seluruh dunia. Biasanya wanita yang mengalami PCOS akan diketahui ketika usia mereka 20an tahun sampai 30an tahun.

Untuk menghindari kondisi ini, oleh sebab itu wanita dengan usia 20 tahun ke atas sangat dianjurkan untuk selalu berkonsultasi kepada dokter agar mengetahui memiliki PCOS atau tidak dan PCOS dapat dicegah atau diatasi sejak dini.

Hiperplasia Adrenal Kongenital (HAK)

Hiperplasia Adrenal Kongenital merupakan istilah yang diberikan kepada kelainan bawaan pada wanita yang akan berpengaruh terhadap kelenjar adrenal di dalam tubuh. Kelenjar adrenal ini merupakan kelenjar yang dapat mengeluarkan hormon kortisol dan aldosteron yang memiliki peran penting dalam mengelola metabolisme dan tekanan darah di dalam tubuh.

Hirsutisme

Hirsutisme merupakan kondisi yang ditandai pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan dan pada area yang tak lazim. Misalkan seperti pertumbuhan rambut yang terdapat pada area punggung, dada atau wajah.

hormon testosteron pada wanita skata

Rambut tersebut berwarna gelap dan kasar. Wanita yang memiliki kadar testosteron tinggi akan mengalami kondisi ini dan di duga berkaitan dengan genetik. Ibarat dua sisi mata uang, kelebihan hormon testosteron dapat mengakibatkan dampak positif dan negatif.

Dampak positif dari kelebihan hormon testosteron adalah orang yang memiliki kadar testosteron tinggi akan memiliki tekanan darah yang normal sehingga tidak mudah terkena serangan jantung atau pun hipertensi. Mereka juga cenderung tidak mudah mengalami obesitas.

Akan tetapi sisi negatifnya adalah wanita yang memiliki kadar testosteron tinggi dapat memiliki penampilan fisik yang kurang bagus. Salah satunya adalah karena kelebihan rambut pada area wajah yang mengakibatkan wanita berkumis atau berjenggot, botak, payudara memiliki ukuran yang kecil, mengalami peningkatan massa otot, siklus menstruasi yang tidak teratur dan sebagainya.

Untuk wanita, perawatan agar kadar testosteron tetap dalam kondisi normal dan tidak tinggi bisa dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Secara umum penanganan atas kondisi hormon yang terlalu tinggi dapat meliputi tindakan pengobatan medis dan perubahan gaya hidup. Pastikan wanita yang memiliki kadar testosteron tinggi selalu berupaya mengubah apa yang dikonsumsi.

Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol, minuman atau makanan kalengan, dan pastikan memiliki pengelolaan stress yang cukup baik.

Itulah informasi untuk Anda tentang penyebab tingginya kadar hormon testosteron pada wanita dan cara mengontrol agar hormon testosteron dalam tubuh stabil. Jaga selalu kesehatan Anda dengan gaya hidup yang sehat dan semoga informasi yang kami berikan di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *