Sebab-sebab Jaringan Lemot

Bagi para kaum millenial zaman sekarang, koneksi internet merupakan nyawa karena tanpa internet rasanya hidup terasa sangat hampa. Ketika koneksi internet melembat pada pada saat-saat yang genting maka itu bisa menjadi masalah besar. Oleh karena itu koneksi harus tetap aman dan lancar kapanpun dan dimanapun anda berada. Ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa koneksi internet lambat, berikut penjelasannya.

Penyebab Jaringan Lambat

1. Cuaca Yang Buruk

Di Indonesia, cuaca merupakan salah satu hal yang mempengaruhi koneksi internet menjadi menjadi lambat yaitu pada saat musim penghujan. Ketika hujan deras, biasanya koneksi internet tersebut mendadak berubah jadi tidak lancar atau melambat, bahkan jaringan di ponselpun kadang juga tidak ada sama sekali. Hal itu dikarenakan sinyal-sinyal yang ada di udara terhalang oleh titik-titik hujan yang turun, sehingga koneksi internet jadi lambat.

kenapa koneksi internet lambat cuaca buruk

2. Berada Di Parkiran

Sering kali saat sedang berada di parkiran, anda tidak mendapatkan sinyal smartphone dan internet melambat bahkan tidak bergerak sama sekali. Terdapat dua alasan yang dipata ditarik, yang pertama karna tempat parkiran terlalu tinggi dan yang kedua parkiran tersebut memiliki dinding yang tebal dan tertutup sehingga sinyalpun susah untuk dijangkau. Hal itu terjadi tidak hanya di parkiran, namun juga bisa anda rasakan saat memasuki terowongan yang panjang.

3. Aplikasi Yang Mengganggu

Beberapa aplikasi yang terus aktif juga dapat menjadi penyebab koneksi internet anda melambat, contohnya seperti spotify, instagram, hingga aplikasi-aplikasi lainnya yang menyala bersamaan membuat kecepatan internet pada ponsel melambat. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mematikan koneksi seluler untuk aplikasi-aplikasi terebut yang menurut anda tidak terlalu berguna atau jarang digunakan.

4. SIM Card Bermasalah

Penyebab lain yang membuat koneksi melambat juga bisa disebabkan oleh sim card yang bermasalah. Hal itu dikarenakan karti SIM memiliki frekuensi yang berbeda-beda sehingga membuat koneksi internet tiba-tiba hilang. Untuk mengatasi masalah ini, anda hanya perlu membawa SIM Card langsung ke provider untuk dibenarkan dan di setting ulang.

5. Layanan Provider Yang Belum Sampai Ke Area Tersebut

Jika anda menggunakan ponsel saat berada di pedalaman, biasanya koneksi internet akan melambat bahkan susah di dapatkan. Hal itu dikarenakan koneksi terhalang oleh pepohonan, namun ada satu lagi yang menjadi masalah yaitu provider SIM Card yang anda gunakan belum sampai ke daerah tersebut. Terlalu jauhnya dari menara sinyal dapat membuat koneksi internet lambat dan bukan main.

6. Kuota Habis

Paket data internet biasanya memiliki bonusan yang membuat anda menikmati jaringan internet lebih lama dan lebih banyak sehingga hal itu sering kali memnuat anda lupa waktu. Akan tetapi, biasanya bonus yang diperoleh tersebut mendapatkan batasan kecepatan. Batasan tersebut biasanya berlaku untuk bonusan yang bisa digunakan ketika jam kerja atau primari time.

kenapa koneksi internet lambat mempercepat koneksi internet

7. Jaringan Terlalu Sibuk

Pada saat jam kerja atau primari time bisa menjadi salah satu koneksi internet anda melambat. Hal itu dikarenakan pada jam tersebut banyak sekali orang yang menggunakan koneksi internet disaat yang bersamaan menjadikan jaringan terbagi-bagi sehingga koneksipun menjadi lambat dan lemot. Konsep tersebut sama seperti penggunaan Wi-Fi semakin banyak perangkat yang tersambung maka koneksinya akan menurun dan lambat.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab kenapa koneksi internet lambat bahkan tidak bisa sama sekali. Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting karena dengan adanya koneksi internet maka akan memudahkan semua orang untuk mengakses atau mencari tahu berbagai informasi yang terjadi saat ini di media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *