Selain Istighosah, Berikut Ibadah Yang Bisa Dilakukan Di Rumah Saat Pandemi

Pandemi yang menyerang berbagai belahan dunia menjadikan manusia harus terkurung di rumah. Segala aspek menurun akibat pandemi Covid 19 ini. Sebagai seorang muslim, kita tentunya harus mengimani jika pandemi ini ada karena Allah menghendaki. Untuk itu selain meningkatkan kebugaran dan kebersihan juga meningkatkan keimanan dengan beribadah. Anda bisa melakukan ibadah seperti istighosah misalnya dan ibadah lain seperti dalam ulasan berikut.

Ibadah Yang Bisa Dilakukan Di Rumah Bagi Umat Muslim

1. Membaca Al Quran

Sembari mengisi waktu luang ketika anda tidak keluar rumah, ada baiknya jika menggantikannya dengan membaca Al Quran. Membaca Al Quran termasuk ibadah yang paling mudah dilakukan di mana saja serta memiliki banyak keistimewaan. Dalam riwayat HR Bukhari menyebutkan, siapa yang membaca Al Quran barang satu huruf maka akan mendapatkan 1 kebaikan. Dan kebaikan ini akan berlipat menjadi sepuluh kebaikan.

istighosah dan Membaca al Quran

2. Sholat Berjamaah Bersama Keluarga

Sholat merupakan tiang agama yang juga menjadi kewajiban seorang muslim. Ketika pandemi, beberapa tempat ibadah memang sudah mengijinkan sholat jamaah. Namun, bagi anda yang memang tidak ingin keluar rumah bisa beribadah satu ini bersama keluarga. Karena pihak pemerintah juga menyarankan untuk beribadah mandiri selama Corona masih ada. Apalagi jika anda memang sedang tidak fit, ibadah bersama keluarga tentunya bukanlah ide yang buruk.

3. Membaca Doa Qunut Nazilah Selesai Sholat Fardhu

MUI menghimbau untuk menyempatkan membaca doa qunut nazilah setelah selesai sholat fardhu. Karena diriwayatkan dalam Hadist, Rasulullah SAW selalu membacanya ketika saat yang spesial. Dimana Nabi Muhammad akan membacanya selama satu bulan sebelum meninggal. Dengan memperbanyak melakukan ibadah tambahan, niscaya Allah juga akan melindungi kita dari marabahaya. Sehingga tetap diberikan kesehatan untuk menghadapi pandemi ini.

4. Mengikuti Kajian Via Online

Selama masa pandemi, kegiatan di luar rumah memang mulai berkurang. Orang orang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah di bandingkan di luar rumah. Era new normal memang sudah diberlakukan, tapi alangkah baiknya jika kita tetap di rumah. Anda bisa melakukan ibadah seperti mengikuti kajian dengan bantuan media online. Dengan begitu anda tetap bisa beribadah sekaligus mengais ilmu yang bermanfaat dengan lebih mudah.

istighosah kajian via online

Apalagi saat ini sudah banyak para ulama yang memanfaatkan media sosial. Sehingga anda juga bisa memanfaatkan hal satu ini untuk kajian. Pastikan anda terhubung dengan internet, untuk memudahkan anda melakukan aktivitas bermanfaat ini. Selain kajian secara online, mendengarkan murotul Quran juga bisa dihitung sebagai ibadah. Yang jelas, ibadah bisa dilakukan dimana saja selama anda memang berniat untuk melakukannya.

5. Sholat Ghaib

Ada banyak macam ibadah, salah satunya istighosah yang juga sering dilakukan. Namun selama masa pandemi memang belum banyak yang melakukan kegiatan ini. Anda bisa menggantinya dengan ibadah lain seperti Sholat Ghaib. Sholat Ghaib ini diperuntukkan untuk mereka yang telah gugur dalam melawan virus Corona. Sholat Ghaib ini juga menjadi ibadah yang bisa dilakukan di rumah, untuk melapangkan kubur sekaligus mengampuni dosa yang telah wafat.

Berkerumun di masa pandemi ini memang masih menjadi hal yang riskan. Memang berkerumun bisa dilakukan selama protokol kesehatan tetap dijaga. Namun untuk jika memang tidak mendesak, ada baiknya jika di rumah saja. Begitu juga dengan beribadah, karena selain melakukan ibadah bersama sama terdapat juga ibadah yang bisa dilakukan di rumah. Dengan ibadah, diharapkan kita tetap memperkokoh spiritual dan selalu diberikan perlindungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *