Strategi Ampuh Tingkatkan Penjualan, Yuk Kenali 5 Tugas Marketing Public Relations!

Mengenalkan produk sekaligus menarik perhatian target konsumen, bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh sembarang orang. Dibutuhkan keahlian khusus untuk mendekati calon klien, dan meyakinkan mereka agar mau menggunakan produk yang anda tawarkan. Fokus konsumen bukan hanya terpusat pada kegunaan produk dan kemasannya, tetapi juga peran marketing public relation dalam menjalin interaksi. Apa saja tugas seorang PR marketing? Yuk simak ulasannya disini!

5 Tugas Marketing PR Untuk Meningkatkan Sales

1. Menciptakan ketergantugan klien pada produk

Jika bisnis anda memiliki banyak kompetitor sejenis, disinilah peran penting seorang PR marketing dibutuhkan. PR marketing harus bisa menyihir target pasar, agar memiliki keterikatan secara personal dengan produk yang menjadi unggulan bisnis anda. PR marketing ditantang untuk melakukan pendekatan kepada konsumen, membangun kepercayaan, hingga menumbuhkan ketergantungan positif pada produk yang anda jual.

Strategi Ampuh Tingkatkan Penjualan, Yuk Kenali 5 Tugas Marketing Public Relations!

2. Mengkampanyekan program untuk membangun image positif

Kegiatan pemasaran tidak hanya berfokus pada aktivitas membujuk konsumen, menawarkan produk, dan melakukan closing penjualan, tetapi juga membangun citra positif di mata masyarakat. Strategi PR marketing ini umumnya dilakukan dengan menggelar sejumlah event, yang berkaitan dengan kepedulian lingkungan dan sosial. Sejumlah PR marketing perusahaan besar juga mengkreasikan acara launching produk mereka, dengan ide ide segar yang mudah diterima pasar.

3. Meminimalisir biaya promosi

Tantangan seorang marketing public relation dalam memasarkan produk, adalah menemukan strategi pemasaran yang efektif sekaligus menghemat biaya advertising baik di media elektronik maupun media cetak. PR marketing harus mampu mendorong antusiasme konsumen lewat beragam cara, misalnya artikel sponsor yang menampilkan kegunaan atau kelebihan suatu produk dibandingkan produk kompetitor.

Belakangan video unboxing produk juga menjadi media promosi yang sangat ampuh,untuk memikat target klien terutama pengguna internet. Social influencer yang secara tidak langsung menjadi PR marketing sebuah produk, merupakan salah satu cara yang bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan produk andalan bisnis anda. Tertarik mencoba?

4. Mempertahankan citra positif produk dan perusahaan

Anda tentu familiar dengan beragam brand produk legendaris, yang hingga saat ini masih banyak dicintai masyarakat karena kualitasnya yang tetap terjamin baik. Tim PR marketing perusahaan tersebut tentu telah melakukan banyak strategi dan mengalami jatuh bangun, dalam mempertahankan citra positif kualitas produk mereka. Kepercayaan serta keterikatan personal dengan klien yang telah dipupuk sejak lama, harus bisa dipertahankan salah satunya dengan cara menjaga kualitas.

Strategi Ampuh Tingkatkan Penjualan, Yuk Kenali 5 Tugas Marketing Public Relations!

5. Membangun brand awareness dan brand knowledge

Seiring perkembangan jaman dan kecanggihan teknologi serba pintar, masyarakat menjadi lebih cerdas dalam memilah produk dan membaca trik marketing. Karena itulah tim PR marketing dituntut untuk lebih pintar membangun kesadaran dan pengetahuan pasar, terhadap merk produk yang anda miliki. Teknik ini juga menjadi tolak ukur kinerja marketing, untuk memperbaiki kualitas dan mengembangkan pasar.

Manfaatkan platform sosial untuk membuat konten sponsor produk yang mengedukasi konsumen, sehingga mereka lebih percaya dan menjatuhkan pilihan pada brand produk anda. Dengan rencana marketing yang baik, tim public relation perusahaan anda bisa membangun brand awareness dan knowledge yang tepat sasaran sesuai target yang diinginkan perusahaan.

Marketing PR terbukti ampuh dalam membantu proses marketing produk, mulai dari perencanaan, pengaplikasian program, evalulasi kepuasan konsumen, dan strategi baru yang dibutuhkan untuk meningkatkan sales. Meski memiliki tantangan pekerjaan yang cukup besar, profesi sebagai PR marketing menawarkan reward yang tidak main main karena peranan vitalnya dalam kemajuan sebuah bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *