Strategi Jasa Kurir Memenangkan Persaingan

Perkembangan zaman seperti pada era ini mendorong banyaknya kemajuan di segala sektor. Sektor yang paling mencolok dalam kemajuannya ialah teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangan berbagao hal di sektor-sektor lain banyak didasari oleh majunya teknologi infomrasi dan komunikasi tersebut. Berbagai bidang industri tentu menjadi sangat diuntungkan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak yang sangat luas, salah satunya di bidang jasa seperti industry jasa pengiriman barang.

Seiring dengan perkembangan zaman, jasa kurir pengiriman barang juga mulai mengembangkan berbagai inovasi. Inovasi-inovasi ini sedikit banyaknya terkait dengan teknologi. Penyedia jasa kurir saat ini sudah tidak hanya mengandalkan sistem konvensional, namun juga sudah berbasis teknologi dan aplikasi. Selain itu, inovasi lain yang diusung adalah jasa kirim paket satu hari sampai, cek ongkos kirim paket secara online, hingga adanya metode pelacakan barang.

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis jasa kurir pengiriman barang ini dapat dikatakan menjadi salah satu sektor yang berkembang dengan sangat pesat. Bagaimana tidak, setidaknya pada tahun 2014 ini pertumbuhan dari bisnis jasa kurir pengiriman barang ini mencapai 14,7%. Setiap tahunnya keuntungan yang didapatkan dari sektor ini mencapai 100 triliun rupiah pertahunnya. Hal tersebut menjadi sangat fantastis. Di tahun 2014 saja terdapat total transaksi yang menghasilkan 150 triliun Rupiah, dan pada tahun 2015 nilai tersebut kian naik di angka 240 triliun Rupiah. Dengan adanya fakta tersebut, bukan hal yang mengagetkan jika sektor ini menjadi salah satu ladang yang menggiurkan.

Strategi Jasa Kurir Memenangkan Persaingan

Perkembangan dari jasa kurir tersebut tidak semata-mata hanya mengikuti kompetitor lain. Strategi dari masing-masing penyedia jasa kurir dalam memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen juga menjadi faktor utama dalam melancarkan bisnis jasa ini. Dengan adanya fakta bahwa sektor jasa kurir pengiriman barang ini menjadi ladang bisnis yang cukup menggiurkan, perlu ditekankan bahwa pihak-pihak yang hendak terjun atau sudah berada dalam lingkaran jasa tersebut harus mengedepankan pelayanan dan pemberian servis yang terbaik untuk para konsumen. Kepercayaan konsumen kepada pihak penyedia jasa ini akan menjadi faktor kunci pihak penyedia jasa untuk terus eksis dalam industri tersebut.

Ada banyak strategi yang dapat diterapkan oleh pihak jasa kurir. Beberapa diantaranya yaitu memanfaatkan perkembangan teknologi, bijak dalam menentukan ongkos kirim, memberikan asuransi kepada konsumen, dan juga mengantarkan paket dari konsumen tepat waktu. Beberapa strategi tersebut merupakan strategi dasar yang dapat diterapkan guna memenangkan persaingan. Namun perlu juga ditekankan beberapa hal. Kompetitor juga harus menjadi perhatian khusus. Jadi, 2 hal yang tetap harus terjaga yakni menajamkan strategi dan juga mengamati kompetitor.
Pemanfaatan teknologi dalam mengembangkan jasa ini sangatlah berpengarus di era sekarang. Segala hal yang berubah menjadi instan menjadi tuntutan saat ini. Dengan menggunakan mobile apps ataupun website, pihak jasa kurir dapat memperpanjang tangan mereka untuk meraih konsumen. Dengan begitu, pelaku di sektor ini dapat terus menjangkau pasarnya.

Selain teknologi, menentukan ongkos kirim serta mengirimkan barang dengan tepat waktu menjadi hal yang harus diperhatikan. Memanfaatkan teknologi untuk cek ongkos kirim paket dapat menjadi strategi yang tepat. Dengan begitu, konsumen dapat mengestimasi berapa biaya yang harus mereka keluarkan. Mengirimkan paket tepat waktu juga adalah kewajiban dari pihak jasa kurir karena hal tersebut tekait dengan kepuasan dan juga citra dari layanan bisnis tersebut. Jasa kurir yang baik akan selalu mengirimkan paket tepat waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *