Strategi yang Dilakukan Integrated Marketing Communication

Untuk meningkatkan citra positif suatu brand, berbagai macam strategi perlu dilakukan dalam dunia bisnis. Oleh sebab itu, integrated marketing communication sangat diperlukan guna menunjang bagaimana sebuah perusahaan memiliki tim untuk mempromosikan produk dari perusahaannya.
Oleh karena itu, integrated marketing ini memiliki berbagai macam strategi untuk mencapai tujuan perusahaannya atau tujuan perusahaan clientnya. Apa sajakah strategi yang akan dilakukan oleh integrated marketing? Berikut ulasannya untuk Anda!
Strategi Integrated Marketing Communication
Mengelola iklan agar output yang dihasilkan maksimal
Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mempengaruhi target market atau calon konsumen adalah melalui iklan yang ditayangkan. Oleh sebab itu, integrated marketing ini harus memiliki kemampuan untuk mengcreate dan mengelola iklan dengan sebaik mungkin.
Nah, agar apa yang disampaikan benar – benar berkesan dan tidak menimbulkan persepsi sekaligus informasi yang salah, tentu suatu iklan harus direncanakan dengan baik. Konsepnya harus matang, begitu pula dengan bagaimana cara penyampaian iklan tersebut. Dengan begitu iklan yang ditayangkan dapat memberikan persuasif secara maksimal dan meminimalisir terjadinya persepsi yang salah atau tidak sesuai dari orang yang melihat atau menontonnya.
Menjadi alat sales promotion
Sales promotion berpotensi membantu perusahaan dapat meningkatkan penjualan produk secara intens. Sales promotion ini juga sekaligus menjadi salah satu langkah yang paling efektif guna menarik calon konsumen.
Sales promotion bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memberikan potongan harga atau penawaran buy 1 get 1 free untuk menarik minat konsumen atau calon konsumennya.
Sebagai public relation
Saking pentingnya tim public relation bagi sebuah perusahaan sampai – sampai sebuah perusahaan yang tidak memiliki tim public relation tersendiri tidak akan mudah berkembang pesat. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang kemudian menyewa jasa integrated marketing agency tersendiri untuk menjadi public relation brand atau perusahaannya.
Melalui public relation agency ini akan terjadi pengembangan komunikasi dua arah yang terjadi antara masyarakat atau calon target market dengan brand yang akan memunculkan kesan timbal balik sehingga nantinya akan terbangun suatu kepercayaan dan kesan positif bagi brand tersebut.
Mengenai kegiatan public relation sendiri sangat beragam. Melakukan langkah publikasi, membangun relasi pers sampai dengan kegiatan komunikasi terhadap internal perusahaan merupakan kegiatannya. Semua itu dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Interactive marketing
Sebagai upaya riset terhadap ketertarikan calon target market dengan produk atau brand yang dipasarkan, interactive marketing perlu dilakukan. Layanan customer service, polling melalui sosial media, email marketing dan berbagai tindakan interaksi antara brand dengan target market merupakan beberapa strategi interactive marketing yang harus dicoba.
Metode penjualan langsung
Metode penjualan langsung merupakan sebuah metode yang berguna dalam memasarkan suatu brand kepada konsumen dengan cara bertatap muka secara langsung. Hal semacam ini biasanya akan sering Anda temukan pada berbagai lokasi distribusi seperti di supermarket, toko yang baru berdiri atau bahkan toko online yang ingin dikenal lewat offline.
Nah, strategi penjualan langsung ini bisa dilakukan siapa pun untuk mendongkrak penjualan dan mendapatkan input langsung dari pembeli. Integrated marketing akan memberikan strategi yang tepat dalam menjalankan penjualan langsung pada produknya.
Itulah beberapa strategi yang akan dilakukan integrated marketing communication bagi sebuah perusahaan. Semoga informasi yang kami bagikan di atas bermanfaat dan menambah wawasan semua pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *